Header Ads Widget

}

Cara Melatih Anjing Mau Buang Air di Tempat Tertentu

Berbagai metode pelatihan anjing agar semakin pintar dan mengerti yang di instruksikan majikan sangat beragam. Dari yang profesional sampai yang pemula, bisa Anda lakukan. Cara melatih anjing tersebut, semuanya memberikan informasi yang bermanfaat, misalnya saat Anda ingin melatih anjing supaya buang air di tempat yang ditentukan.
pexels.com/@pixabay

Melatih anjing disiplin secara teratur memberi banyak keuntungan bagi pemiliknya, salah satunya adalah tidak kerepotan untuk mencari sumber bau akibat hewan peliharaan sembarangan buang air besar atau air kecil.

Cara melatih anjing agar disiplin ke tempat yang ditentukan ketika ingin buang air, akan efektif dan berpeluang cepat terlatih ketika mereka masih anakan. Anak anjing saat kecil akan lebih sering buang air, biasanya setiap per dua atau tiga jam sekali akan buang air kecil.

Ciri yang dapat Anda perhatikan saat anak anjing akan buang air, ketika mereka mulai berkeliling dengan gelisah dan tampak cemas. Secara naluri mereka akan mencari sambil mengendus setiap pojok yang sekiranya bisa dijadikan tempat buang airnya. Jika kondisi tersebut terlihat, Anda segera membawa ke tempat tertentu yang sudah dipersiapkan.

Memarahi saat yang tepat
pexels.com

Adakalanya pemilik bisa kecolongan dan sudah menemukan genangan air kecil berada dilantai, jika hal tersebut sudah terjadi, hewan jangan dimarahi (nada agak tinggi dari biasanya).

Anak anjing yang sudah buang air untuk waktu lama, kemudian menerima omelan pemiliknya, mereka sama sekali tidak tahu apa kesalahannya. Anda bisa memarahi ketika melihat aksi anjing yang akan mulai melakukan buang air dibukan tempat yang ditentukan.

Biasakan untuk memuji hewan peliharaan Anda ketika mereka melakukan hal sesuai keinginan. Ketika anjing sudah tepat melaksanakan pelatihan, beri penghargaan yang bisa dalam bentuk pujian dan memberi makanan kesukaannya dalam jumlah sedikit.

Kertas
pexels.com/@valeriya

Anda dapat menggunakan wadah penanda berbentuk kertas koran atau apa saja yang diletakkan ditempat yang telah ditentukan. Saat mereka telah menggunakan kertas tersebut, ganti dengan yang baru. Anjing mempunyai kebiasaan untuk menggunakan tempat yang sama berdasarkan bau yang khas miliknya.

Berada dikandang
pexels.com/@adamkontor

Pelatihan lain yang bisa digunakan untuk anjing agar disiplin buang air adalah dengan meletakkannya di kandangnya. Untuk cara ini, Anda perlu memperhatikan jam dengan tepat.

Anak anjing diletakkan dikandang, dan membiarkan mereka disana sampai melakukan buang airnya. Setelah selesai, hewan tersebut baru dikeluarkan atau bisa juga diajak bermain atau makan.

Pelatihan untuk anjing disiplin membuat air kecilnya ditempat yang ditentukan merupakan metode yang banyak dilakukan pemilik hewan peliharaan.

Dengan melatih secara telaten dan terjadwal, dari anak hingga dewasa biasanya bisa belajar untuk mandiri untuk menjaga kebersihan