Header Ads Widget

}

Hanya 5 Menit! Anda Tahu Cara Merawat Anjing Pug

Merawat anjing akan membingungkan jika belum pernah merawat hewan peliharaan tersebut, sebagian calon pemilik saat adopsi anjing baru dari teman, mungkin belum pengalaman sehingga tidak tahu hal lainnya supaya bisa merawat anggota keluarga tersebut.
pixabay.com/Free-Photos

Tulisan ini salah satu cara untuk Anda yang membutuhkan informasi cara merawat anjing pug. Hanya meluangkan waktu maksimal 5 menit, maka Anda siap merawat pug.

Merawat anak anjing pug menjadi tantangan bagi diri Anda. Disisi lain hewan tersebut menjadi teman anak dan keluarga. Ciri fisik mereka dengan mata yang lebar ditambah wajah ekspresif, mengundang kelucuan sekaligus memotivasi Anda mengenal anjing pug lebih lengkap.

Anda perlu bergembira bersama anak, cara merawat anjing pug secara keseluruhan tidak sulit, mereka anak anjing yang mudah dirawat dan hanya memiliki beberapa kebutuhan khusus saat kecil.

Pelatihan dasar


Mulailah melatih anjing pug saat membawanya pulang. usia yang tepat di enam bulan pertama kehidupannya, beberapa latihan sederhana dapat mengajarkan ia makin pintar. Anjing pug dapat mempelajari sebagian besar perilaku yang diajarkan pemilik jika berlangsung dengan benar.

Beberapa latihan dasar untuk anjing pug seperti jika Anda tidak ingin anak anjing duduk di sofa, maka angkat dia setiap kali melompat dan dengan tegas katakan padanya "tidak."

Cara merawat mereka dengan sesi latihan akan berjalan efektif dengan camilan. Anak anjing siap melakukan apa saja untuk makanan, latih dia untuk mematuhi kata-kata perintah seperti "duduk," "tetap" dan "sini"  dan instruksi lain yang ingin diajarkan.

Saat mereka merespon dengan tepat, beri camilan dan pujian. Mulailah dengan sesi pelatihan singkat sekitar lima hingga 10 menit, karena ia akan sulit berkonsentrasi jika dilatih lebih lama. Anda juga perlu mengajari berjalan dengan tali. Pilih tali yang cocok agar anjing pug tidak beresiko terjerat.

Ajarkan anak anjing pug terbiasa buang air kecil ditempat yang disediakan. Anda perlu mengawasi kemungkinan dia akan buang air setiap dua atau empat jam. Kisaran waktu tersebut tidak selamanya tepat, anak anjing pug bahkan bisa lebih sering melakukannya.

Proses melatih akan meningkat peluang keberhasilan di usia 6 hingga 7 bulan. Anak anjing mulai mampu mengontrol kandung kemih dengan pelatihan sejak dini.

Pemiliknya perlu mengantisipasi kebiasaan mereka yang mungkin malas datang ke tempat yang disiapkan. Anda perlu mengawasi dia agar tahu yang dilakukan. Jika dia menyelinap atau bersembunyi di balik tirai dan kencing, dia mungkin melakukan itu karena terlalu lama Anda membawanya keluar. Oleh karenanya jika pug ada balik furnitur atau gorden, ada baiknya memeriksa yang dilakukannya di sana. Jelaskan aksi tersebut salah dengan mengatakan "tidak" dan kemudian bawa dia ke tempat buang air sebagai pengenalan berulang-ulang.

Merawat anjing pug

Anak anjing pug perlu di rawat secara teratur

Anak anjing pug perlu di rawat secara teratur. Pug sebagai anjing dengan mantel ganda bisa terlihat luruh jika tidak dirapikan. Mereka butuh perawatan mantel bulu setiap dua kali seminggu membantu menahan sedikit penumpahan ini, tetapi bersiaplah untuk menyedot debu banyak.

Memandikannya juga membantu. Anjing pug biasanya menikmati mandi atau mandi, yang tidak biasa bagi anjing. Pilih sampo yang dirancang khusus untuk anak anjing.

Pugs rentan terhadap iritasi kulit, sampo berbasis oatmeal akan membantu menjaga mantel tetap lembut dan mengurangi rasa gatal.

Jangan pernah menggunakan sampo orang dewasa untuk mantel bulu anjing pug karena dapat merusak kelembaban mantel bulu dan kemungkinan iritasi permukaan kulit dalam jangka panjang.

Ketika memandikan dia, jaga bagian telinga supaya tidak kemasukan air, karena air yang masuk dalam telinga hewan yang tidak bersih rentan terhadap infeksi telinga.

Untuk mencegah air masuk saat memandikan anak anjing pug, gunakan penutup berbentuk bola kapas di setiap telinga untuk melindunginya dari percikan air.

Bersihkan lipatan wajahnya setidaknya sekali seminggu. Permukaan kulit wajah yang seolah-olah keriput dengan lipatan dapat terjadi sisa kotoran, debu, dan makanan, jika tidak membersihkan debu, kotoran atau makanan di lipatan wajah, anjing pug rentan mengalami infeksi jamur.

Cara membersihkan kotoran di lipatan wajah pug

pexels.com/burst

Cara merawat anjing pug agar sehat adalah telaten membersihkan sisa kotoran yang tertinggal di lipatan wajah hewan.

Waktu yang diperlukan tidak banyak, maksimal 5 menit saja, resiko infeksi jamur dapat dihindari.

Cara membersihkan kotoran di lipatan anjing pug adalah dengan kapas yang dicelupkan ke dalam air hangat dan bersihkan dengan lembut dibagian lipatan. Setelah membersihkan lipatan, taruh beberapa petroleum jelly pada kapas dan oleskan di dalam lipatan kulit.

Penggunaan petroleum jelly dapat membantu hewan dan Anda mencegah infeksi.

Bagian hidungnya perlu dibersihkan secara teratur dengan tisu basah. Membersihkan dan memandikan anjing pug dalam perawatan sehari-hari butuh ketrampilan dasar, jika Anda ragu dan kurang yakin sebelum bertindak, cari informasi lebih banyak pada pemilik sebelumnya, penyayang hewan khusus anjing pug atau ke dokter hewan.

Kunjungan dokter hewan dapat dilakukan saat pug terlihat sering menggeleng-gelengkan kepalanya, mengaruk telinga sepanjang waktu atau mendeteksi bau yang kuat berasal mereka. Cara perawatan yang kurang tepat dapat menyebabkan gejala infeksi.

Cara memberi makanan

pexels.com/fabricio-lira

Makanan yang baik adalah menu harian yang mencukupkan kebutuhan nutrisi anjing pug. Hewan peliharaan seperti anak anjing akan memerlukan dog foods berkualitas tinggi yang cocok untuk jenisnya.

Dog food makanan anjing tersedia di supermarket, minimarket dan pet shop yang menjual produk khusus untuk hewan peliharaan. Jika Anda bingung memilih merek dog food yang tersedia, gali informasi makanan anjing anak pug dengan bertanya pada pemilik hewan sebelumnya tau bicara dengan dokter hewan untuk makanan trah pug yang terbaik.

Catatan kecil merawat trah pug
pexels.com/jorge-zapata

Trah anjing Pugs dan jenis yang mirip lainnya, sebagian besar mempunyai problem mengontrol berat badan. Anjing jenis ini rentan mengalami masalah kegemukan dan obesitas, Anda dan keluarga perlu sepakat tidak memberi makan pada anak anjing secara berlebihan.

Untuk memperkenalkan makanan baru, Anda dapat memulai dengan makanan yang diberikan oleh peternak dan ganti ke merek lain secara bertahap. Proses peralihan makanan untuk anjing pug untuk mencegah masalah perut menjadi sakit karena gangguan pencernaan.

Jadwal makan anjing pug
pixabay.com/MishuHanda

Ketika dia berusia antara 3 dan 6 bulan, beri dia makan tiga kali sehari. Ubah jadwal pemberian makanan anjing menjadi dua kali sehari dengan takaran 3/4 dari pemberian awal saat anjing pug masih usia kecil.

Perubahan jadwal saat makan bisa dilakukan mulai 6 bulan hingga 1 tahun.

Sebelum memberi makanan anjing, Anda perlu memperhatikan tulisan yang tertera di kemasan makanan hewan peliharaan. Secara umum Anda akan mengetahui cara penyajian hingga kandungan nutrisi yang tersedia dalam makanan untuk trah tertentu.