Header Ads Widget

}

Cegah Tercekik, Cara Memasang Tali Kekang untuk Anjing Dengan Baik

Berjalan di waktu senggang di area nyaman dan sejuk merupakan hal yang menyenangkan, apalagi jika Anda pemilik hewan peliharaan punya waktu melakukan bersama anjing kesayangan.
Pixabay.com

Untuk pergi bersama anjing ke suatu tempat, Anda dapat membawa anjing tersebut dengan cara digendong jika tubuhnya kecil mungil. Sedangkan hewan anjing bertubuh besar, umumnya dipasang tali kekang sambil menyusuri pinggir jalan jika tempat tujuan tidak jauh.

Cara Pasang Tali Kekang di Tubuh Anjing

TokoPedia.com

Tali kekang sebagai aksesoris untuk anjing merupakan komponen yang tidak bisa di sepelekan pemiliknya. Terdapat pro dan kontra penggunaan tali kekang karena pemakaiannya di gunakan tidak wajar. Misalnya, ketika pemilik anjing mengikat hewan untuk waktu lama untuk membatasi pergerakan anjing, hal lain dari pemakaian tali kekang berlebihan beresiko menimbulkan stres pada hewan serta resiko fatal, tercekik.

Sementara tali kekang untuk anjing ketika dipakai untuk berjalan di kawasan umum, dianggap sebagian penyayang anjing suatu hal yang wajar untuk keamanan dan kenyamanan.

Bagi pemilik anjing yang bingung memasang tali kekang. Ada tip sederhana yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan tali kekang tersebut. Pemasangan tali kekang yang tepat dan sesuai ukuran, meminimalkan resiko iritasi permukaan kulit dan resiko anjing tercekik saat berjalan.

1. Duduk di belakang anjing

Siapkan tempat duduk yang nyaman untuk Anda gunakan, sebelum memasang tali kekang. Pemilik hewan mengambil posisi di belakang anjing dan masukkan tali kekang lewat atas kepala secara perlahan.

Umumnya lingkaran yang lebih kecil di posisikan di bagian atas, sedangkan lingkaran yang lebih besar di bagian bawah.

Posisi lain dapat Anda gunakan dari depan, jika anjing dapat diam selama pemasangan tali kekang. Namun beberapa hewan peliharaan, sering merasa bersemangat sehingga lebih merepotkan.

2. Pemasangan tali kekang berikutnya adalah bagian tungkai kaki. Umumnya, tali kekang untuk anjing selain dipakai di bagian leher, juga pada bagian paha kaki.

Masukkan dengan perlahan lewat tapak kakinya dan naikkan secara bersama-sama.

Jika bentuk tali kekang terlalu sempit dan tidak sesuai, Anda perlu memperbaiki ukuran hingga benar-benar nyaman sebelum digunakan pada anjing.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tali Kekang

Lazada.co.id

Ada beberapa hal yang perlu di ketahui pemilik anjing tentang tali kekang. Model dan bentuk tali kekang untuk anjing atau kucing bisa beraneka ragam menyesuaikan design untuk ras hewan tertentu.

Sebelum membeli dan menggunakan tali kekang, hal berikut perlu di perhatikan untuk kesehatan dan kenyamanan hewan, seperti:

1. Bahan yang dipakai


Tali kekang untuk anjing dan kucing yang di jual di toko online sebagai aksesoris hewan, umumnya di rancang dengan bahan yang sudah cukup baik. Bagi sebagian pemilik anjing yang kurang paham, seringkali sembarangan menggunakan sarana yang tersedia mudah dan cepat di rumah, seperti dengan rantai besi. Penggunaan tali kekang yang tidak sesuai untuk hewan, beresiko memicu iritasi kulit dan mencekik leher hingga membahayakan anjing.

Tali kekang untuk anjing dan kucing sebagian besar telah memakai bahan plastik yang kuat, bahan kulit, kain hingga bahan lain yang aman untuk hewan tersebut.

2. Sesuaikan Ukuran Dengan Benar


Penggunaan tali kekang yang sembarangan untuk anjing dan kucing, selain dapat membuat hewan tercekik dan sesak napas, pemakaian yang terlalu lama akan membuat hewan menjadi trauma.

Pergerakan anjing yang memakai tali kekang tidak sesuai ukuran dengan waktu lama, cenderung menyebabkan luka dan iritasi di bagian leher dan wilayah sekitarnya.

Jika anjing ada di tempat khusus seperti di dalam halaman, sebaiknya pemakaian tali kekang di lepas agar mereka nyaman dan tidak trauma ketika di ajak berjalan dengan tali kekang.

Jenis Tali Kekang untuk Anjing


Tali kekang untuk anjing bertujuan supaya Anda dan hewan dapat bersama-sama berjalan di kawasan tertentu namun tidak menganggu masyarakat lainnya.
Lazada.co.id

Tali kekang yang populer secara umum terdapat dua jenis, yang terlihat sepertinya tidak terdapat hal yang berbeda. Namun dua jenis tali kekang seperti harness atau collar, ternyata punya fungsi yang tidak sama.

Tali kekang harness secara umum disematkan pada wilayah leher dan menjangkau bagian lainnya pada waktu yang sama, seperti punggung. Tali kekang harness sekilas seperti rompi sederhana untuk anjing.

Tali kekang collar cenderung seperti kalung yang relatif memberi kepraktisan saat digunakan. Jenis collar umumnya kalung yang sudah di pasang di bagian leher, ketika akan ditambahkan tali, pemiliknya hanya mengaitkan tali sebagai pasangannya.

Kelebihan tali kekang harness

Tali kekang jenis Harness (pinterest.com)

Beberapa kelebihan yang diberikan tali kekang harness ketika digunakan untuk anjing, pemakaian metode ini cenderung lebih baik untuk anjing sebagai pelatihan.

Beberapa ras anjing dengan postur tubuh pendek dan hidung pesek, herness lebih cocok membagi beban tali kekang secara merata ketika di sematkan pada leher dan punggung.

Hal lain dari keuntungan harness untuk anjing, tekanan tali saat Anda memegang tali tidak terlalu besar dibandingkan tali kekang collar.

Kelebihan tali kekang collar

Tali kekang jenis Collar (Today.com)

Untuk pemakaian tali kekang collar, kelebihannya terletak pada faktor kenyamanan karena merasa tubuhnya tidak di bungkus rompi.

Dari beberapa jenis tali kekang tersebut, perlu disesuaikan dengan ras anjing dan saran dokter hewan untuk memilih yang paling pas di gunakan untuk hewan peliharaan Anda.

Post a Comment

0 Comments