Header Ads Widget

}

Anjing Kintamani Hewan Penjaga asal Bali-Indonesia

Kintamani... kata yang mungkin saja populer di benak masyarakat Indonesia dan punya arti khusus bagi wisatawan yang pernah datang ke kawasan tersebut. Kintamani sebagai tempat sejuk di Kabupaten Bangli, ternyata tidak hanya populer sebagai obyek wisata semata, ditempat ini anjing Kintamani juga terkenal.

Indonesia yang terkenal dengan ragam kekayaan, ras Kintamani menjadi daya tarik tersendiri bagi penyayang hewan anjing.

Sejarah 


Anjing Kintamani hewan yang banyak dipelihara masyarakat setempat dan berasal dari wilayah pegunungan Kintamani, Bali Indonesia. Habitat asli mereka yang berasal dari desa Sukawan, Kabupaten Bangli dikenal sebagai hewan tangguh yang memiliki kemampuan beradaptasi di pegunungan dan hutan.

Trah Kintamani sudah cukup lama ada ditengah masyarakat Bali di perkotaan dan perdesaan. Pada dokumentasi Lontar Carcan Asu, masyarakat Bali mengenal Karakter Anjing Kintamani sejak lama.

Dokumentasi Lontar Carcan Asu yang ada  di museum Lontar Gedong Kirtya Singaraja , Anda bisa memprediksi karakter dan sifat anjing asal Bali.


  • Asu Gong Sebarung merupakan ciri-ciri anjing dengan suara keras.
  • Asu Ipuser, hewan dengan tanda unik seperti pusaran pada bagian janggut. Konon dianggap memiliki kelebihan untuk mengusir roh jahat.
  • Asu Mebulu Barak (anjing bulu merah), dinilai punya kemampuan menetralisir aura negatif.
  • Asu Rajeg Wesi atau anjing, diyakini dapat menghindarkan ilmu hitam. Dan berbagai karakter dan watak ras anjing Kintamani dapat Anda lihat lebih rinci dalam dokumentasi bersejarah Lontar Carcan Asu.


Ciri-ciri Umum Anjing Kintamani


Trah anjing asal Indonesia mempunyai ciri-ciri dan keunikan berbeda dengan ras anjing di berbagai negara. Mereka dikenal sebagai hewan peliharaan yang tangguh dan memiliki indera penciuman dan pendengaran yang kuat sehingga masyarakat setempat menggunakan mereka sebagai penjaga di rumah.

Karakter anjing Kintamani adalah pemberani dengan ketangkasan dan kelenturan bergerak. Dukungan lain sebagai bawaan alami, Kintamani ramah dengan anggota keluarga, bulu yang indah dan biaya perawatan yang tidak mahal.

Beberapa ciri anjing Kintamani adalah:

  1. Memiliki bulu tebal dan panjang
  2. Bentuk telinga agak menurun
  3. Tinggi badan antara 40 hingga 55 sentimeter kategori sedang
  4. Berat badan antara 13 hingga 17 kg (jantan umumnya lebih berat dan tinggi)
  5. Memiliki kecerdasan sehingga mudah dilatih
  6. Memiliki sifat mandiri dan bisa bersosialisasi dengan hewan lain
  7. Ramah pada anggota keluarga
  8. Perawakan tubuh proporsional dengan tulang dan otot yang kokoh
  9. Tampilan kepala atas melebar dengan bentuk dahi serta pipi mendatar
  10. Warna favorit putih dan warna lain seperti hitam, krem, coklat dan belang
  11. Jenis bulu medium dengan balutan mantel ganda


Kepribadian Anjing Kintamani secara Umum


Anjing Kintamani merupakan ras yang tangguh dan berani sehingga sering menjadi penjaga di lingkungan setempat. Mereka memiliki sikap waspada yang tinggi dan loyalitas kepada pemiliknya sangat besar.

Mereka akan menjaga wilayah kekuasaan dengan respon diskriminasi terhadap makhluk atau hewan yang tidak dikenal. Pada situasi tertentu, menggunakan tanah dan bagian lainnya untuk perlindungan.

Cara Memelihara Anjing Kintamani


Cara memelihara anjing Kintamani mempunyai perbedaan dengan hewan peliharaan yang bersifat pendamping manusia. Kintamani salah satu trah pekerja dan penjaga, memerlukan lahan yang luas dan penempatan di lokasi terbuka.

Anjing Kintamani yang dikembangbiak oleh peternak, tidak boleh dikurung dalam kandang sebagai penangkaran.

Penyayang hewan anjing dapat melihat sistem penggembangan peternakan anjing Kintamani secara langsung di Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Bangli.

Sebagian besar masyarakat Sukawana yang memelihara trah ini, memiliki 4 hingga 6 ekor peliharaan dalam satu kepala keluarga.

Masa mengandung dan Kelahiran


Keunikan yang menonjol dari ras Kintamani adalah proses mengandung hingga kelahirannya. Anjing tersebut biasanya akan melahirkan dalam lubang atau gua yang dibuat secara khusus oleh induk ketika mengandung anaknya.

Setelah anak anjing Kintamani lahir, induk akan merawat dan menyusui mereka sekitar 2 bulan hingga memasuki masa mandiri.

Post a Comment

0 Comments