Header Ads Widget

}

Anjing Herder - Ciri, Perilaku dan Cara Merawatnya

Terkenal dengan sifat berani, anjing herder salah satu trah yang waspada terhadap hal yang lain dari biasanya. Kemampuan ras ini pada latihan yang diajarkan, dapat diserap dengan baik karena tergolong hewan pintar. Ras herder yang cukup terkenal jenis German Shepherd, biasanya ada trah lain yang memiliki kemiripan dengan mereka, misalnya ras Rottweiler, Labrador Retriever, Siberian Husky, Doberman hingga Akita Inu.

Profil Anjing Herder


Profil anjing herder sebagai hewan penyendiri, mereka memiliki sifat yang tenang dan tidak agresif. Ras anjing penjaga yang mendapat kepercayaan manusia, sering bertugas menggembalakan ternak.

Kemampuan anjing Herder menjaga ternak dipercaya karena karakteristik nenek moyang sebelumnya. Naluri melindungi dan menjaga membuat mereka sering waspada dan dianggap berani terhadap rintangan.

Ras Herder sering dirawat untuk menjaga dan melindungi properti atau anggota keluarga dari gangguan tertentu. Mereka sangat setia dan memiliki loyalitas tinggi dan ramah kepada anggota keluarga.

Anjing Herder dikenal hewan dengan badan besar. Umur mereka rata-rata mencapai 10 - 15 tahun, kini ada dua variasi kelompok Herder, yakni Gembala Jerman dan Amerika.

Ciri-ciri Anjing Herder


Ciri-ciri anjing Herder secara umum terkenal sebagai anjing besar yang memiliki panjang tubuh lebih proposional dibanding tinggi badannya. Hal itu membuat mereka terlihat kuat dan kokoh.

Anjing Herder tampil dengan kepala berbentuk baji yang diperlengkapi moncong panjang dengan warna mata yang terang.

Bentuk telinga anjing Herder selalu tegak lurus ke atas hingga meruncing pada akhir titiknya. Telinga mereka sangat baik mendeteksi suara kecil yang mungkin tidak terdengar Anda.

Ciri kaki anjing Herder tampak lurus saat dilihat dari depan, rapi dan sejajar sesuai ukuran dada mereka yang lebar. Umumnya jenis jantan lebih terlihat besar dibandingkan dengan betina, mereka rata-rata memiliki tinggi badan antara 60 - 65 cm dengan bobot 30 - 60 kg dalam kelompok dewasa.

Kelebihan yang dimiliki anjing Herder adalah bulunya sangat baik dalam suhu yang tidak bersahabat. Mantel bulu mereka memberi kemudahan untuk adaptasi dalam kondisi panas atau dingin. Warna bulu anjing Herder dominan berwarna kecoklatan muda atau keabu-abuan. Namun mereka bisa tampil dengan variasi warna lainnya, seperti hitam, keemasan, dan warna kombinasi.

Cara Merawat Anjing Herder


Memelihara anjing Herder di rumah, maka Anda perlu persiapan waktu yang cukup banyak dibanding ras anjing lain. Herder jenis anjing aktif yang membutuhkan olahraga dan aktivitas rutin sedikitnya 2 jam berjalan dan berlatih. Ada banyak latihan profesional yang dapat Anda pilih, selain itu acara olahraga yang menyenangkan bersama mereka, misalnya jogging, lempar ketangkasan hingga berenang.

Anjing Herder mampu dilatih berenang dengan baik, ia juga tangkas menerima latihan seperti lari sehingga kekuatan dan kegesitan selalu terjaga. Permainan ketangkasan dengan anjing Herder dapat dilakukan dengan mengejar bola, bersepeda dan aktivitas yang memerlukan pergantian suasana.

Memelihara anjing Herder tidak disarankan dengan kurungan sepanjang hari. Mereka mudah stres dan bosan, ketika itu terjadi dapat merepotkan Anda.

Cara Merawat Bulu Anjing Herder


Fokus dengan waktu bergerak dengan anjing Herder adalah keharusan, namun perawatan kesehatan untuk mereka juga perlu diperhatikan.

Anjing Herder hewan tubuh besar yang sangat berat, aktivitas di luar lingkungan mungkin membuat bulu terlihat kusam dan kotor.

Selain menyisir bulu mereka, anjing Herder perlu dimandikan secara teratur. Meski demikian, cara memandikan anjing Herder berlebihan akan mengurangi kecerahan mantel bulu karena minyak alami mereka hilang.

Jadi, minta saran dokter hewan untuk jadwal yang paling tepat memandikan mereka. Ras Herder salah satu hewan yang memiliki bulu cukup lebat dan panjang, jika mantel bulu tidak memperoleh perawatan yang baik, salah satu masalah yang muncul adalah bulu yang rontok berlebihan.

Cara merawat bulu anjing Herder, rata-rata perlu disisir 3-4 kali dalam 1 minggu. Upaya tersebut tidak sia-sia jika Anda bisa membantu mantel bulu mereka tetap sehat dan mencegah kerontokan lebih besar.

Cara Menyisir Bulu Anjing Herder

Cara merawat anjing Herder bisa dikatakan unik. Tubuhnya besar namun mereka senang bermain dan manja dengan pemiliknya. Sama hal dengan menyisir bulu mereka, anjing Herder perlu disisir dengan teratur.

Cara melakukannya, bawa mereka ke tempat yang datar atau lantai, sehingga bulu yang berterbangan tidak menempel di sofa rumah.

Anjing Herder dewasa yang mendapat latihan baik, sudah terbiasa dengan pola menyisir. Berbeda pada anak anjing Herder yang belum pernah, sebaiknya memberi pengalaman baru tersebut sedini mungkin.

Tantangan menyisir anak anjing Herder adalah sulit untuk berdiam. Mereka perlu latihan dengan baik dan tidak disarankan memarahi mereka jika tidak bisa diam. Sisir dengan lembut dengan pola dari atas tubuh ke belakang. Jika bulu terlihat kusut dan mengumpal, menyisir mantel tidak harus berjalan sekali usapan. Anda perlu mengulang dengan sabar agar kekusutan bulu anjing Herder dapat terurai tanpa menyakitkan.

Mantel bulu anjing Herder ketika disisir, semakin ke belakang akan semakin tebal.

Sementara cara mengatasi mantel bulu anjing Herder yang kusut, cari sisir berpola jarang untuk melakukannya. Pilihan terakhir jika masih sulit, Anda bisa memotong bulu yang kusut.

Sebelum memotong bulunya, pastikan dengan mencubit bulu yang akan di potong untuk memastikan tidak salah potong.

Sisi Lain Tentang Anjing Herder


Anjing Herder dikenal luas sebagai hewan pintar, mereka bekerja dalam beberapa kategori yang tidak pernah Anda duga sebelumnya. Nenek moyang mereka sebelumnya hanya bertugas sebagai penjaga dan pelindung ternak, anjing Herder modern telah dipercaya polisi dan petugas sosial menerima tanggung jawab lain.

Ras Herder (Gembala German) banyak terlihat dalam tugas keamanan, pencarian jejak dan deteksi aroma tertentu. Mereka sering turut serta sebagai anjing penjaga untuk keamanan komplek rumah dan pertokoan. Naluri waspada dan dukungan indera pendengaran yang baik, Herder saat bersama pembinanya akan menggonggong sangat keras memberitahukan pemiliknya tentang kecurigaan mereka.

Pelatihan yang baik sejak usia kecil, anjing Herder mampu berteman dengan hewan kecil. Mereka hewan cerdas yang memerlukan sosialisasi awal setiap harinya.

Dalam kehidupan harian mereka sebagai penjaga ternak, German Shepherd hebat dalam menggiring sekaligus menjaga mereka.

Post a Comment

0 Comments