Header Ads Widget

}

Anjing Kintamani Setelah Memperoleh Pengakuan Dunia, Harga Adopsi Meningkat Pesat

Bangga menjadi ungkapan cukup wajar diucapkan penyayang satwa ketika ras anjing asal Indonesia memperoleh pengakuan dunia hewan secara internasional.  Anjing Kintamani asal Bali secara resmi di nobatkan ras papan atas oleh Federation Cynologique Internasionale (FCI), organisasi yang mencatat trah anjing dari berbagai wilayah dunia.
balipost.com

Dikutip dari laman Kumparan, pengumuman ras anjing Bali, Kintamani melalui Indonesia Kennel Klub (IKK) yang terus berusaha sejak lama supaya trah asli Indonesia diakui dunia, mendapat sambutan yang mengembirakan oleh Gubernur Bali, I Wayan Korter.

Untuk menjaga ras anjing Kintamani, Korter mengungkapkan rencana selanjutnya tentang peraturan Gubernur (pergub) dalam mengatur ras asli asal Bali tersebut.

Dalam pergub tersebut beberapa peraturan seperti budidaya, penangkaran menjaga ras Kintamani dapat terpelihara dengan baik dan beberapa kesiapan untuk memulai festival bertajuk anjing Kintamani.

Harga Adopsi Anjing Kintamani Bisa Mencapai 5 Jutaan

kabarnusa.com

Deskripsi anjing Kintamani dikenal ras cerdas dan masuk kelompok hewan lincah. Ciri yang menjadi tanda ras Kintamani yang lainnya, seperti fisik dengan ketinggian antara 49-57 cm, berat badan kisaran 15-18kg dan warna mantel bulu cenderung putih, kecoklatan atau hitam.

Ciri yang lainnya dari ras Kintamani adalah mantel bulu mereka tebal di bagian punggung, ekor dan kaki belakang.

Pasca pengakuan dunia terhadap ras anjing asli Bali, Kintamani bisa menjadi berita baik peternak yang menjaga habitat murni mereka.

Dikutip dari Tribunnews belum lama ini seperti dilansir peternak anjing Kintamani Desa Pengotan, I Nengah Darsana mengakui, lonjakan permintaan pecinta anjing untuk merawat trah tersebut meningkat pesat pasca penetapan anjing Kintamani oleh dunia.

Menurutnya sebelum pengakuan tersebut, biasanya calon pemilik yang ingin mengadopsi maksimal dua ekor setiap bulan, sekarang bisa mencapai 10 ekornya untuk dipelihara.

Darsana menyebutkan peminat yang ingin mengadopsi anjing Kintamani tidak hanya dari dalam negeri saja, dari luar negeri juga ada dan biasanya mereka mempunyai vila di kawasan Bali.

Bicara tentang harga adopsi Kintamani, menurutnya tergantung spesifik yang diinginkan. Jika spesifikasi ras Kintamani berkualitas unggulan yang sudah dilengkapi dokumen sertifikat stambum dapat mencapai 5 juta untuk anakan saja.

Dirinya menambahkan, untuk jenis anakan standarisasi berikut stambum antara 2 hingga 2,5 juta.

Untuk jenis pet tanpa stambum, umumnya agak murah sekitar 1 jutaan untuk usia kurang dari 6 bulan dan sudah berusia 2,5 bulan.

Anjing Kintamani asal Bali semakin diminati penyayang hewan setelah mendapat pengakuan dunia. Beberapa daya tarik membuat mereka disenangi masyarakat sekitar, yakni cara merawatnya tidak sulit seperti ras anjing lain dan bisa membantu pemilik untuk menjaga, tidak sekedar peliharaan semata.

Post a Comment

0 Comments