Header Ads Widget

}

Bisakah Kucing Sedih?

Sedih merupakan cara makhluk hidup mengungkapkan suasana hati terhadap situasi yang dialami. Perasaan sedih yang dialami secara singkat atau lama, dikenali dari beberapa tanda, seperti ketidakberdayaan, berdiam, kurang semangat,kecewa atau marah. Saat kucing yang Anda rawat menunjukkan gejala yang sama, apakah mereka merasa sedih?


Kucing memiliki naluri dan kepribadian yang bisa berbeda dari masing-masing ras. Anda dapat bertemu kucing periang, senang bermain, manja atau situasi sebaliknya senang diam, agresi hingga bersembunyi di dalam gorden jendela.

Perubahan perilaku kucing secara tiba-tiba, sering membuat majikan bertanya perasaan yang mereka alami saat itu, kucing saya sedang sedih?

Tanda Kucing Sedih

tanda kucing sedih

Tidak begitu sulit untuk menebak kucing sedih dengan memperhatikan perubahan perilaku dan aktivitas mereka. Hewan peliharaan kucing dapat bersedih dengan ekspresi yang mereka perlihatkan. Raut wajah kucing yang muram menjadi tanda untuk menemukan penyebab kesedihannya.

Majikan yang merawat kucing sebagai hewan peliharaan dapat mencari beberapa tanda lain sebagai penguatan kucing sedih, seperti:


Kucing sedih memiliki suara berbeda

Kucing berkomunikasi dengan suara, gestur tubuh, dan ekor. Melalui bunyi suara yang dikomunikasi kucing untuk Anda secara khusus, ia ingin mengatakan "saya sedang sedih". Suara kucing sedih akan berbeda dengan cara mengeong saat normal, vokal kesedihan diperdengarkan dengan intonasi rendah yang lirih atau terdengar meraung meratapi yang dialami.

Beberapa tanda kucing sedih melalui suara, dapat berbeda-beda pada ras kucing dari karakter normal. Kucing yang periang dapat memilih mendengkur, menjadi pendiam, sementara kucing yang berwatak pendiam menunjukkan mengeong secara terus menerus.

Gestur tubuh ciri kucing sedih

Bentuk tubuh dapat memperlihatkan perasaan yang dialami. Sama seperti hewan peliharaan, kucing sedih memberitahu majikan, orang lain dan hewan lain bahwa mereka tidak bahagia.

Majikan merawat kucing sebagai hewan peliharaan dapat memperhatikan pola mata, telinga, mantel bulu dan tubuh mereka. Misalnya, mereka menyelipkan ekor, posisi telinga rata ke posisi badan atau mantel bulu yang tegak.

Pemalu atau agresif

kucing sedih akan berubah perilakunya menjadi pemalu atau agresif
Anda dapat mengatakan paham tentang kebiasaan hewan peliharaan yang di rawat. Namun kucing sedih dapat berubah menjadi lain dan sering tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Ketika kucing sedih, mereka dapat berubah menjadi pemalu dan pendiam, seolah-olah hobi bermain mereka hilang hari itu. Perilaku hewan menjadi tertutup dan menjauh dari majikan.

Kucing peliharaan yang manja dan mengikuti Anda saat di rumah, ketika sedih dapat bersembunyi menjadi pemalu atau menjadi agresif.

Jam tidur berubah
Sebagian besar kucing bersedih memilih tidur untuk melewatkan masa sulit mereka. Kucing dapat berubah jam tidurnya menjadi tidak biasa.

Mantel bulu kusam

Makanan yang cukup untuk kucing bukan jaminan mereka terus bahagia. Kucing dapat merasa sedih karena stres dan kebiasaan baik merawat membersihkan diri secara mandiri menurun. Perubahan perilaku kucing merawat diri mereka, umumnya majikan kurang memperhatikan mereka pada sesuatu hal, misalnya jarang bermain seperti dulu atau mulai menjauhi mereka.

Mereka dapat menolak makanan yang diberikan, meski memperoleh makanan favorit sekalipun.

Ada banyak tanda dan gejala diperlihatkan kucing sedih, beberapa alasan penyebab mereka tidak bahagia dimungkinkan karena sakit, stres, cedera atau kehilangan sosok yang disayanginya.