Header Ads Widget

}

Urutan Organisasi Kehidupan di Bumi dari yang Terkecil hingga Terbesar

Dok Pixabay

 Cara memahami urutan organisasi kehidupan di bumi dari yang terkecil hingga terbesar akan semakin mudah dipelajari dengan skema atau gambar menurut urutan.

Susunan tingkatan struktur dari yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks akan lebih teroganisir.

Urutan Organisasi Kehidupan di Bumi dari yang Terkecil hingga Terbesar


Dok. Rimbakita.com

Tingkatan dalam struktur urutan organisasi kehidupan di bumi dari yang terkecil hingga terbesar bermula dari molekul, organel, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma dan biosfer.

Berikut penjelasan singkat peranan masing-masing urutan organisasi tersebut dalam pelajaran Biologi.

Organisasi kehidupan molekul

Urutan tingkatan yang paling sederhana dalam organisasi kehidupan di bumi adalah molekul. Tubuh setiap makhluk hidup yang dibangun dari atom dan molekul organik mengandung susunan atom karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O) dan Nitrogen (N).

Molekul organik (biomolekul) yang sedemikian kompleks dalam makhluk hidup memiliki bahasan tentang protein, karbohidrat, lemak dan vitamin untuk menjalankan fungsi dan sebagai kontrol tubuh organisme.
Contoh yang terdapat dalam molekul organik adalah asam nukleat (DNA dan RNA).

Organisasi kehidupan organel

Organel adalah sekumpulan dari molekul organik yang tersusun berdasarkan sel untuk fungsi dan kontrol yang beraneka ragam.

Organisasi kehidupan sel

Makhluk hidup memiliki tingkatan unit struktur yang sederhana berupa sel. Sebagai unit sstruktural yang memiliki fungsi terkecil. Organisme yang melakukan aktivitas berupa sel tersebut ada pada makhluk hidup bersel satu. Beberapa contoh unit sel tunggal terdapat pada bakteri, protozoa, dan alga.

Selain susunan unit struktural bersel 1, makhluk hidup lainnya terdiri dari susunan banyak sel agar bisa berfungsi melakukan kegiatan mereka. Sel yang terdiri dari kumpulan organel memiliki fungsi spesifik seperti terdapat pada mitokondria tempat respirasi seluler.

Organel terbagi dalam beberapa fungsi seperti:
mitokondria untuk wadah respirasi seluler.
riboson untuk wadah sintesis protein.
nucleus mengontrol aktivitas sel bekerja.

Organisasi kehidupan jaringan

Jaringan adalah struktur organisasi yang berasal dari berbagai macam sel yang memiliki kesamaan fungsi dan bentuk. Pada pelajaran Biologi, jaringan merupakan bagian dari tubuh makhluk hidup yang memiliki bentuk dan fungsi berbeda.

Contoh organisasi kehidupan di Bumi dari jaringan pada hewan adalah jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf.

Contoh organisasi kehidupan di Bumi dari jaringan pada tumbuhan adalah jaringan meristem, jaringan epidermis, jaringan penyokong dan jaringan pengangkut.

Organisasi kehidupan organ

Dok. brainly.co.id

Pada tingkatan urutan organisasi kehidupan di bumi yang lebih tinggi dari jaringan adalah organ.

Organ adalah sekumpulan dari jaringan yang terdapat pada makhluk hidup untuk melakukan fungsi dan peranan mereka. Kemampuan dari organ yang terdiri dari berbagai jaringan tersebut adalah menopang kehidupan makhluk hidup tersebut.

Beberapa contoh organ makhluk hidup yang memberi fungsi kehidupan secara fisiologis adalah organ jantung memacu dan mengalirkan darah ke seluruh jaringan tubuh, organ otak untuk mengola dan menyimpan informasi yang diterima, organ ginjal untuk melakukan filter pada darah dan fungsi organ tubuh lainnya.

Jika kita menyederhanakan urutan organisasi di bumi berdasarkan organ. Pada hewan memiliki susunan organ jantung, paru-paru, kulit, mata, ginjal, lambung, mulut dan lain lain.

Jika kita menyederhanakan urutan kehidupan di bumi untuk tumbuhan terdiri atas akar, batang, ranting, daun, bunga, buah dan lain lain.

Organisasi kehidupan individu

Individu adalah tingkat yang lebih kompleks yang tersusun dari berbagai organ dan sistem berwujud makhluk hidup. Individu bisa digambarkan seperti satuan organisme yang memiliki susunan multi sel dan tingkatan yang lebih tinggi.

Contoh penjelasan tentang individu bisa kita lihat pada hewan tertentu. Misalnya pada sapi, kucing, bebek, ayam atau pada tumbuhan yang terdapat pada pohon.

Wujud individu yang tersusun dari berbagai organ tersebut memberi fungsi untuk berinteraksi dengan populasi dan komunitas di tempat mereka hidup.

Organisasi kehidupan populasi

Populasi adalah wujud dari banyaknya individu dalam suatu kawasan tertentu. Cara yang paling sederhana mengambarkan urutan organisasi kehidupan di bumi berdasarkan populasi adalah melihat sekumpulan hewan yang sama dalam suatu wilayah.

Contoh organisasi kehidupan dari populasi misalnya kumpulan pohon kelapa di tepi pantai, padi yang di tanam di pertanian dan lain lain.

Organisasi kehidupan komunitas

Komunitas adalah wujud dari seluruh spesies makhluk hidup yang tinggal dalam kawasan tertentu.

Cara menyederhanakan urutan organisasi kehidupan di bumi berdasarkan komunitas terdapat pada laut yang terdiri dari banyak jenis ikan di dalamnya dengan makhluk hidup yang lain.

Contoh lain gambaran komunitas di kehidupan daratan adalah tanaman padi yang ditumbuh di area pertanian dengan kumpulan populasi lain yang terdiri dari burung, belalang, tikus sawah dan lain lain.

Dalam komunitas yang terdiri dari ragam populasi dalam kawasan tersebut akan berlangsung interaksi yang menguntungkan atau merugikan dari sudut pandang masing-masing.

Organisasi kehidupan ekosistem

Ekosistem adalah wujud dari kumpulan komunitas yang lebih besar yang melibatkan lingkungan penyerta secara fisik untuk berinteraksi. Ekosistem yang terdiri dari komunitas tadi akan melibatkan peranan berasal dari udara, air, tanah dan makhluk lain.

Dalam pelajaran Biologi, ekossitem terbagi dalam 2 kelompok, yakni secara alami dan buatan.

Organisasi kehidupan bioma

Bioma adalah wujud yang berasal dari ekosistem dalam skala yang lebih besar. Bioma dikenal sebagai satu kesatuan yang saling mempengaruhi pada daratan sehingga terbentuknya bioma.

Contoh wilayah dari bioma yang bisa kita kenali adalah bioma gurun, bioma hutan, bioma hutan hujan tropis dan lain lain.

Organisasi kehidupan Biosfer

Biosfer adalah wujud dari keseluruhan organisme yang tinggal dalam bumi. Unsur-unsur dalam biosfer melibatkan seluruh elemen yang ada dan meliputi bumi seperti atmosfer, hidrofer dan litisfer dalam satu kesatuan yang saling terkait.

Post a Comment

0 Comments