Header Ads Widget

}

Cara Mudah Merawat Anjing Pomeranian

Pomeranian atau sering disingkat dengan panggilan minipom adalah jenis anjing dengan tubuh yang mungil dengan kepintarannya. Hewan Peliharaan ini juga dikenal sebagai hewan yang sangat manja dan juga senang bermain dengan benda yang ada disekitarnya.
Sumber esuppliersindia.com

Sekilas wajah anjing ras Pomeranian mirip seperti singa kecil atau rubah kecil jika bulunya mekar dan terpelihara dengan baik. Bagian bulu anjing minipom yang terdiri dari beberapa lapisan, pada skala bulu yang panjang tertentu bisa berubah warna lain.

Bulu hewan Peliharaan ras Pomeranian di bagian bawah adalah lapisan yang tebal dan lebih lembut di bandingkan lapisan kedua. Pada bagian kedua, umumnya lebih sedikit kasar dan lebih lurus dibanding dengan lapisan pertama.

Untuk merawat anjing Pomeranian sebagai hewan Peliharaan memang tidak bisa sembarangan, selalu menyediakan waktu untuk bermain, pemilihan makanan, anjing mini Pom perlu perawatan rutin agar kesehatannya tetap terjaga.

Beberapa cara mudah untuk merawat anjing ras ini. Panduan berikut mungkin bisa bermanfaat untuk Anda yang berkeinginan memeliharanya.

1. Bersihkan telinga

Membersihkan telinga hewan Peliharaan perlu kehati-hatian untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Biasanya, pemiliknya punya trik khusus yang bisa menenangkan Pomeranian saat akan membersihkan telinga.

Cara dan strategi masing-masing pemilik hewan Peliharaan Pomeranian, barangkali bisa saja berbeda-beda, tergantung pendekatan emosi dengan minipom.

Setelah Pomeranian dapat tenang dengan posisi yang diinginkan untuk membersihkan telinganya. Gunakan cotton swap yang sudah dibasahi dengan cairan khusus yang dapat di beli di pet shop. Cairan pembersih untuk telinga, biasanya tidak mengandung alkohol.

Angkat telinga minipom perlahan dan Bersihkan area kulitnya. Tidak disarankan memasukkan cotton swap terlalu dalam atau masuk ke dalam saluran telinga hewan.

Tujuannya untuk mencegah hewan jika secara tiba-tiba berontak atau bergerak sebagai respon terhadap masuknya benda asing.

Cotton swap yang masuk terlalu dalam beresiko merusak pendengaran.

Sedangkan pemilihan bahan pembersih non alkohol untuk mencegah perasaan dingin atau sesuatu pada telinga hewan untuk bergerak.

2. Potong kuku

Nah bagian potong kuku juga perlu perhatian untuk pemilik hewan Pomeranian. Apalagi jika belum familiar melakukannya.


Untuk menjaga kebersihan kuku hewan peliharaan anjing, trik yang paling mudah adalah jangan menarik kakinya mendekati Anda.

Gendong anjing dengan posisi membelakangi, sehingga bagian muka sejajar dengan muka Anda.

Pegang kaki perlahan dengan posisi menekuk di bagian sendi. Perhatikan bagian kukunya dan sisakan panjang sekitar 4 sampai 5 mm. Jika kesulitan untuk memperkirakan posisi kuku yang menempel dengan kulit, potong sedikit sedikit.

Memotong kuku anjing dengan potongan yang tidak tepat, bisa membuat darah keluar dari kukunya.

Oh iya, sebaiknya disiapkan kapas dan obat bubuk khusus untuk antisipasi jika Anda belum mengenali kuku yang berbatasan dengan kulit anjing Pomeranian.

Untuk memotong kuku anjing, ada alat khusus untuk pemotong kuku. Setelah selesai di seluruh bagian kuku, langkah berikutnya adalah potong kuku yang masih terasa tajam.

3. Cara Mandi

Memandikan anjing Pomeranian adalah cara yang baik untuk menghilang aroma bau atau juga menjaga kebersihan bulu dan kulitnya. Pada situasi lain, jika Anda ingin memotong atau mencukur bulu yang sudah terlalu panjang, Memandikan hewan Peliharaan adalah hal yang pertama perlu dilakukan.

Memandikan hewan Peliharaan seperti minipom sebelum dicukur dapat menghilangkan kotoran dan tumpukan minyak yang menempel di bagian bulunya, sehingga tidak kusut.

Saat Memandikan anjing pom yang memiliki badan imut dan kecil. Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah meletakkan karpet anti slip atau handuk di bagian tempat atau wadah yang digunakan untuk anjing mandi.

Bisa juga menggunakan tempat yang tidak mudah berpindah dan bergeser, kemudian isi wadah penampung atau tempat untuk mandi tersebut dengan air hangat.

Sebelum memasukkan hewan, periksa dengan tangan, Apakah suhu sudah sesuai, setelah mendapatkan suhu yang tepat, pegang hewan dan turunkan perlahan-lahan untuk melihat tanggapannya

Beberapa hewan ada yang tidak senang masuk ke dalam air, sedangkan sebagian lagi ada yang memang menyukainya.

Membasahi atau menyiram tubuh anjing gunakan gelas kecil berbahan plastik dan siram secara perlahan-lahan.

Ketika Memandikan, tetap memperhatikan agar air tidak masuk ke dalam telinga. Jika memungkinkan bisa menggunakan kapas atau sumbat khusus untuk hewan namun jangan dimasukkan terlalu dalam.

Beberapa bagian lain yang perlu diperhatikan saat memandikan anjing adalah jangan menyiram bagian matanya dan telinga.

Gunakan sampo dan oleskan di bagian badan sampai muncul Busa. Setelah busa tersebut menutupi badan anjing, bilas pijat perlahan lahan secara merata dimulai dari bagian kepala terlebih dahulu, kemudian menuju bagian ekor.

setelah proses memandikan hewan sudah selesai hal yang juga tidak kalah penting adalah membilas.

Pastikan shampo yang ada di tubuh hewan pelihara Pomeranian dibersihkan dengan bersih, tujuannya yaitu untuk mencegah timbulnya iritasi.

Jika proses membersihkan masih terdapat sisa-sisa shampo yang menempel saat mengerikan, dikhawatirkan bisa menimbulkan jamur dan penyakit kulit lainnya.