Header Ads Widget

}

Cara Memandikan Anjing Labrador Retriever

Anjing Labrador Retriever sejatinya adalah hewan peliharaan yang senang dengan air, saat Anda ingin memandikannya tidak begitu menyulitkan dibanding jenis ras anjing lain.
unsplash.com/@adventure_yuki

Hewan peliharaan ini merupakan anjing yang gemar bermain dengan air, sehingga sangat jarang di mandikan. Namun pada kondisi tertentu, bisa saja Anda berniat memandikannya karena kedapatan bermain di tempat kotor atau aroma bau badan hingga pertimbangan tertentu.

Untuk memandikan anjing Labrador Retriever ada beberapa tip yang mungkin bisa berguna untuk Anda, khususnya bagi pemilik yang baru saja mempunyai jenis ini.

1. Bahan
unsplash.com/@melipoole

Pilih bahan yang lembut dan memiliki kemampuan serap tinggi ketika digunakan pada anjing Labrador Retriever. Jika kotoran hanya sedikit, Anda bisa menggunakan tisu khusus anjing.

Tidak disarankan menggunakan tisu untuk manusia, apalagi tisu jenis basah atau yang menggunakan bahan kimia atau tambahan pewangi. Hewan ini bisa saja menjilat tempat basuhan yang menggunakan tisu yang memiliki tambahan kimia.

2. Proses mandi
unsplash.com/@mattgyver

Untuk proses memandikan Labrador Retriever, anjing ini punya jenis bulu yang tebal dan juga tahan air. Untuk memandikannya, mulai dari bagian kepala kemudian ke ekor.

Saat menggunakan sampo, jangan membasuh bagian muka dan saat membilas perlu menjaga bagian telinga agar tidak kemasukan air.

Ras Labrador Retriever sebenarnya tidak perlu menggunakan sampo karena bisa menghilangkan minyak alami yang dimilikinya. Anjing jenis ini, sejatinya tidak perlu dimandikan terlalu sering, misalnya dua kali dalam sebulan. Jika ingin memandikannya, waktu 6 bulan sekali sudah cukup.

3. Sampo khusus
unsplash.com/@matthew_tkocz

Penggunaan sampo manusia yang digunakan pada hewan, sebenarnya kurang cocok karena terdapat perbedaan pH. Anda perlu menggunakan sampo khusus, jika ingin memakai pada anjing Labrador Retriever.

4. Bilas
unsplash.com/@ataheri

Saat bilasan, Anda perlu memastikan tidak terdapatnya sisa sampo tertinggal di badan atau bagian lain. Sisa sampo yang tertinggal dan mengering di badan akan membuatnya gatal.