Header Ads Widget

}

Diantara Hewan Peliharaan Anjing dan Kucing, Siapa Paling Mudah Dirawat ?

Sedang bingung dengan pilihan merawat hewan peliharaan antara anjing atau kucing? Barangkali tulisan ini bisa menambah masukan yang berguna dalam memutuskan jenis hewan peliharaan apa diantara kedua ini yang lebih mudah dirawat.
Hipwee.com

Saat calon pemilik hewan peliharaan sedang bingung untuk memiliki teman dirumah, hal tersebut mungkin adalah hal yang wajar. Secara umum, kucing dan anjing agak sulit bersama-sama jika tidak dilatih sejak kecil. Sehingga Anda mungkin memilih salah satu yang akan dipelihara.

Memelihara hewan peliharaan di rumah untuk jenis apapun, hal yang paling penting adalah rasa tanggung jawab pemiliknya untuk menjaga dan memberi perhatian yang lebih, dibandingkan tidak merawat mereka.

Memelihara anjing bisa dikatakan memerlukan waktu yang lebih banyak daripada memelihara kucing. Seekor anjing perlu pendampingan manusia hampir disetiap waktu. Anjing perlu latihan dan perawatan yang lebih banyak daripada kucing.

Anjing lebih bergantung pada pemilik

Tempo.co
Pernah membaca kisah-kisah seekor anjing yang setia menunggu tuan pulang kerja? atau ketika anjing menolak untuk makan dan tampak stres ketika yang merawatnya belum menemuinya.

Meski kedua hewan ini memerlukan perawatan oleh manusia, kucing lebih mandiri saat ditinggal jika memiliki rencana keluar kota atau hal yang sifatnya belum bisa kembali ke rumah. Hal yang terpenting sebelum Anda melakukan hal tersebut, pemiliknya harus menyediakan makanan untuk waktu lama dengan kemudahan untuk mengambil secara langsung. Juga persedian air minum yang diperlukan. Jika kucing sudah terlatih membuang kotoran di tempat yang sudah ditentukan, jangan lupa untuk menyiapkan tempat yang serupa dalam beberapa penempatan untuk digunakan mereka.

Sedangkan untuk hewan anjing, tidak bisa ditinggal dalam waktu seharian. Biasanya waktu hewan ini sendirian selama 12 jam tanpa manusia, sudah dapat membuatnya sedih atau stres.

Anda memerlukan orang lain untuk menjaga anjing jika mempunyai rencana meninggalkan dalam waktu lama.

Anjing hewan yang senang bergerak

Liputan6.com
Sebagian besar anjing adalah hewan yang lebih aktif bergerak dibanding kucing. Anda perlu bermain atau mengajaknya untuk berjalan-jalan. Hal ini bisa diatasi jika pemiliknya mempunyai halaman rumah yang luas, membiarkan anjing berlari dan bermain di area halaman.

Kucing perlu sedikit perawatan

Kucing pada umumnya lebih sedikit memerlukan perawatan daripada anjing. Hal ini tentu tidak berlaku untuk kucing dengan ras khusus yang memerlukan perawatan telaten.

Anjing lebih agresif 
Tribunnews.com

Memelihara hewan peliharaan yang berdekatan dengan tetangga seperti di kota besar, artinya kita perlu menjaga suasana lingkungan tetap nyaman dan tenang.

Anjing yang ditinggal sendirian dirumah dalam jangka waktu lama, bisa menganggu ketenangan tetangga dengan gonggongan atau lolongan menyedihkan.

Berbeda dengan memelihara kucing, kekurangan saat meninggalkan kucing dalam waktu lama adalah Anda membebaskan ia untuk berada di luar ruangan.

Memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan apapun, baik itu anjing atau kucing. Maka calon pemiliknya perlu mempertimbangkan tanggung jawab ketika memeliharanya. Hal-hal yang mungkin menjadi kebiasaan Anda selama ini, dapat berubah karena berbagi waktu dengan mereka.

By Ada Cara Sehat