Header Ads Widget

}

Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan Dengan 15 Tips Tepat

Makhluk hidup di seluruh bumi sebagian besar mempertahankan keberadaan dan habitat mereka dengan berbagai cara supaya selalu baik. Selain menemukan tempat tinggal yang aman dan nyaman untuk dihuni, kebutuhan dasar lainnya seperti sandang dan pangan diperlukan setia harinya.

Sama halnya terhadap anjing hidup bebas maupun di pelihara manusia, makanan menjadi kebutuhan penting yang diperlukan. Selain menjadi sumber kalori dari karbohidrat makanan yang dikonsumsi, kebutuhan lain seperti vitamin, mineral, nutrisi menunjang aktivitas harian mereka.

(Kredit dakotasden.wordpress.com)


Bagi pemilik hewan peliharaan, ketika memelihara anjing yang tiba-tiba menjadi susah makan bisa menimbulkan banyak pertanyaan.

Ketika anjing menjadi tidak bersemangat mengonsumsi pakan berbentuk dog food maupun makanan kombinasi lainnya, sebelum menilai mereka sakit, ada beberapa cara mengatasi anjing tidak mau makan dengan 15 tips tepat.

Mencari sumber penyebab anjing tidak mau makan


Hal yang pertama perlu dilakukan saat Anda merasa anjing tidak mau makan, selain mengetahui cara mengatasi anjing tidak mau makan menjadi mau makan, maka penyebab yang menjadi sumbernya perlu diketahui juga.

Sepanjang penyebab hewan peliharaan tidak ditemukan secara pasti dan Anda berhasil membuat mereka mau makan dengan 15 tips tepat, ketika anjing terpicu faktor penyebab tidak mau makan lagi, maka akan terulang lagi.

Anjing yang susah diberikan makanan, walau pakan tersebut adalah jenis kesukaan mereka saat sehat, ketika selera makan menurun akan menjadi tidak menarik lagi.

Selain itu hewan peliharaan seperti anjing yang tidak dirawat dengan baik melalui makanan, perlahan bisa membuat mereka kekurangan karbohidrat, vitamin dan nutrisi penting dan menyebabkan malnutrisi.

Dengan mengetahui cara mengatasi anjing tidak mau makan berikut, diharapkan bisa membuat mereka kembali normal seperti semua.

Kemungkinan anjing tidak mau makan bisa disebabkan :

- sakit, infeksi yang timbul dari bakteri, virus dan kuman pada hewan sehat merupakan hal umum membuat mereka menjadi malas makan.
Selain itu pengaruh sakit seperti sakit pada saluran pencernaan memiliki pengaruh paling besar.

Untuk memastikan kesehatan anjing yang diduga sakit, langkah yang tepat adalah membawa mereka berkunjung ke rumah sakit, agar diperiksa dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan.

Anjing yang sedang sakit sebagian besar menunjukkan tanda-tanda lain yang bisa Anda perhatikan, misalnya menjadi tidak bersemangat bergerak, buang air mencret dan diare, dan gejala lain.

- pengaruh lingkungan seperti udara, perpindahan rumah, suasana berisik, banyak orang mondar-mandir, dsb.


Anjing Tidak Mau Makan, Coba Mengatasinya dengan 15 Cara Berikut:


1. Membawanya ke dokter hewan


Membawa anjing yang tidak mau makan ke dokter hewan adalah langkah yang paling tepat jika perubahan perilaku menolak makan terasa mendadak.

Umumnya dokter hewan yang ada di Puskeswan, klinik atau Rumah Sakit Hewan akan menanyakan beberapa hal, seperti pakan makanan yang diberikan, bagaimana keadaan poop terakhirnya, hingga kemungkinan terdapatnya muntahan atau kemungkinan bahan cairan untuk rumah tangga.

Bahan kimia yang sering dipakai untuk membersihkan lantai dan produk sejenisnya, jika tidak disimpan dengan rapi dapat menyebabkan resiko terjilat atau terminum anjing secara tidak sengaja.

2. Kemungkinan Anda membawa hewan lain


Anjing memiliki emosi yang bisa diungkapkan kepada majikan. Misalnya mereka bisa merasa senang, cemburu, takut dan perasaan lain menggunakan ekornya dan pola tubuh dan wajah.

Jika Anda belum lama mengadopsi hewan lain, anjing punya cara mengatasi rasa tidak suka pada anjing lain, misalnya tidak mau makan.

Apalagi sejak hewan peliharaan lain tersebut hadir, perhatian Anda menjadi berkurang maka menimbulkan kecemburuan secara diam-diam.

Pemilik yang ingin membawa hewan lain dan tidak menginginkan mereka mogok makan, cara mengatasi anjing tidak mau makan adalah memperkenalkan, mensosialisasikan dan perhatian untuk mereka tidak berkurang.

3. Pindah rumah


Perpindahan tempat tinggal seperti rumah tidak hanya membuat repot manusia, anjing ternyata mengalami hal yang sama.

Beberapa ras anjing yang pemalu atau memiliki sahabat di rumah yang lama, kemungkinan akan kaget atau kangen dengan sahabat lamanya setelah pindah rumah.

Umumnya, cara mengatasi anjing tidak mau makan akibat perpindahan tempat tinggal dengan mengajak mereka berinteraksi mengenal lingkungan barunya, sehingga mereka merasa nyaman dan aman di tempat baru.

Pada waktu tertentu jika rumah lama tidak terlalu jauh dan memiliki waktu mengajak anjing jalan-jalan, sesekali kunjungan ke rumah lama bisa dilakukan juga.

4. Gara-gara makanan


Anjing bisa menjadi tidak mau makan karena urusan yang mungkin Anda anggap sepele, misalnya mengganti pakan atau jenis makanan yang disukainya tanpa sosialisasi atau pengenalan bertahap.

Pakan makanan anjing sejenis dog food menggunakan merek tertentu, bisa menjadi habis sementara Anda belum sempat membelinya di petshop, supermarket hewan dan supplier karena sibuk.

Cara mengatasi anjing menolak makan akibat pergantian pakan tersebut dengan memperkenalkan sejak awal rasa, bentuk, tekstur dan lainnya kepada mereka.

Umumnya dog food untuk anjing selama dibeli dari merek dan produk supplier khusus hewan peliharaan, tergolong 2 bagian yakni jenis kering dan basah.

Jika anjing sejak awal terbiasa makan jenis dog food basah, kemungkinan besar agak sulit menerima makanan dog food kering karena perbedaan rasa daging dan penguatan rasa lainnya.

5. Kecapean


Cara mengatasi anjing sulit makan adalah menjaga kondisi kesehatan mereka tetap prima. Biasanya beberapa jenis anjing tertentu saat kecapean dan lelah, sering menjadi tidak mau makan.

Membawa anjing bepergian jauh ke tempat lain, selain menguras stamina mereka harus berdiam sepanjang perjalanan, juga membuat bosan. Faktor lainnya seperti kecapean menjadi penyebab lain sehingga mereka tidak mau makan.

6. Jadwal makan sembarangan


Cara merawat anjing yang baik tidak sekedar memberi mereka pakan makanan berkualitas tinggi. Namun pengaturan jadwal makanan secara rutin perlu diperhatikan agar mereka tidak kebingungan, kapan jam makan seharusnya.

Majikan yang memiliki kebiasaan memberi makanan sembarangan tanpa memperhatikan jadwal, selain membuat mereka bingung kemungkinan lain bisa menyebabkan kesehatannya menurun jika aktivitasnya lebih padat.

Cara mengatasi anjing tidak mau makan akibat jadwal tidak teratur sebaiknya dibuatkan jam yang terbagi 2-3 kali dalam sehari. Untuk mendapatkan takaran pakan makanan yang sesuai untuk anjing Anda, konsultasikan dengan dokter hewan karena jenis anjing memiliki perbedaan pada usia,umur dan riwayat kesehatan.

7. Ada yang mengubah tempat makanan mereka


Salah satu keunikan yang dimiliki hewan peliharaan rumah adalah hidup teratur. Mereka belajar mengenali dimana tempat makan, tempat minum, tempat tidur dan kotak buang kotoran ketika dilatih dengan baik.

Pada umumnya, anjing bisa menjadi susah dan sulit makan jika tempat semua bisa dijangkaunya, tiba-tiba berpindah menyulitkan.

Selain perubahan lokasi tempat makanan, ketinggian peletakan mempengaruhi mereka untuk makan karena susah di jangkau.

Perilaku lain membuat anjing malas makan adalah kondisi tempat yang makin kotor karena mulai jarang dibersihkan pemiliknya.

8. Anjing jarang olahraga


Olahraga selain membuat tubuh menjadi lebih sehat karena melibatkan seluruh organ badan ikut aktif dan tidak pasif.

Seekor anjing yang terbiasa hidup menggunakan pola aktif, khususnya anjing ukuran besar seperti husky, herder dan anjing penjaga lainnya, ketika jarang berolahraga bisa membuat mereka menjadi berkurang nafsu makannya.

Rutinitas olahraga bagi anjing sangat perlu untuk menyalurkan energi sekaligus menghilangkan stres dan bosan.

Anjing yang sedang stres dan bosan, tidak hanya menjadi malas makan, mereka bisa berperilaku buruk dan agresif.

9. Variasi makanan


Manusia memiliki sifat yang bosan jika sepanjang hidupnya hanya makan itu-itu saja. Anjing juga bisa merasakan hal yang sama, khususnya pakan makanan yang diberikan sepanjang hidupnya tidak memiliki variasi sama sekali.

10. Makanan hadiah

Selain makanan utama untuk kebutuhan dasar mereka, anjing perlu camilan dan kudapan sebagai selingan.

Ketika mereka dilatih dan berhasil melakukan instruksi yang diinginkan, maka camilan yang disukai dapat mengguatkan perilaku positif mereka.

Majikan yang merawat anjing dapat menerapkan penguatan positif secara acak untuk mereka. Misalnya setiap 1 bulan sekali, setelah mereka makan sesuai jadwal dan berperilaku baik, memberi hadiah makanan dan pujian.

11. Anjing butuh pujian


Pujian atas perilaku yang baik ketika dilakukan oleh anjing, ternyata disukai mereka saat diucapkan dengan sungguh-sungguh.

Dari pujian untuk anjing sebagai interaksi dan bersosialisasi, bisa digunakan cara mengatasi anjing sulit makan.

12. Aman saat makan

Salah satu hal yang membuat anjing tidak mau makan adalah kemungkinan mereka tidak merasa aman dan nyaman. Misalnya lingkungan dengan kehadiran manusia asing, hewan ukuran lebih besar, dan kondisi lainnya dapat membuat selera makannya menurun.

Cara mudah mengatasi anjing susah makan akibat kondisi tersebut, majikan perlu mengisolasi mereka saat makan agar tidak merasa terganggu dengan manusia asing atau hewan lain.

Selain itu, anjing bisa malas makan jika berada di tempat yang terlalu ramai orang asing mondar mandir karena selalu waspada atau terlalu bising dan kotor.

13. Menjaga pola makan berdasarkan umur

Setiap periode umur anjing memiliki kebutuhan yang tidak sama. Ketika usia mereka masih kecil yang perlu makanan lebih banyak dengan pembagian jadwal skala kecil, jenis anjing dewasa cenderung berkurang dan pola pemberian jatah makanan bisa diberikan sekaligus.

Untuk mendapatkan jadwal pemberian makanan yang tepat berdasarkan usia, jenis ras anjing dan faktor lain, tanyakan secara lengkap di peternak, petshop tempat Anda membeli anjing atau konsultasikan ke dokter hewan.

14. Menjadwalkan puasa

Anjing dapat puasa makan untuk periode tertentu untuk menyehatkan saluran pencernaan dan membersihkan sisa racun dalam tubuhnya.

Sebelum Anda melakukan hal ini, konsultasikan ke dokter hewan, apa saja yang perlu dipersiapkan agar selera makan anjing tetap terjaga dengan baik.

15. Suplemen rekomendasi dokter hewan

Tips ke 15 cara mengatasi anjing tidak mau makan adalah pemberian suplemen. Biasanya jenis vitamin yang direkomendasikan dokter hewan dapat menambah selera makan mereka.

Cara merawat anjing membutuhkan perhatian lebih, selain menyediakan waktu bermain dan melatih hewan peliharaan. Saat kebiasaan sehari mereka berubah sehingga susah makan, maka pemilik perlu memeriksakan ke dokter hewan sekaligus mencari penyebab yang menjadi sumber selera makan menurun.



Post a Comment

0 Comments