Header Ads Widget

}

Ras Anjing Ini Mudah Dipelihara di Rumah Untuk Pemula

Memelihara hewan peliharaan bagi sebagian orang merupakan satu aktivitas yang menyenangkan. Selain bisa memberi hiburan, hewan peliharaan di rumah sering menjadi teman setia bagi pemiliknya.

hewan peliharaan mudah dirawat di apartemen
unsplash.com/@hg_photo


Sama seperti anjing yang sering dipelihara. Bagi pemilik yang sudah terbiasa merawat, mungkin tidak menjadi masalah dengan jenis anjing lain. Sementara bagi yang belum pernah merawat, banyaknya ras anjing sering membingungkan bahkan kesulitan untuk memilih jenis ras yang cocok untuk menjadi peliharaan.



Jika Anda sebagai pemula yang belum tahu seluk beluk perawatan dan detail tentang hewan peliharaan, ada beberapa jenis anjing dengan ras berikut sangat tepat. Beberapa jenis ini, selain mudah dirawat juga tidak agresif, sehingga tidak membuat khawatir pemilik pemula.

Trah Anjing yang Mudah Dipelihara


1. Bulldog


bulldog hewan yang mudah beradaptasi dalam apartemen



Bulldog adalah anjing yang tidak rewel ketika ada di rumah. Kebiasaan buldog sehari-hari banyak dilakukan dengan tidur dan makan serta aktivitas normal namun tidak aktif seperti yang Anda bayangkan.



Karakter buldog mudah melakukan penyesuaian jika memiliki tempat yang tidak terlalu besar dan menyenangi anak-anak, hewan ini juga gemar bermain.



Karena kebiasaannya yang tidak aktif bergerak dengan aktivitas makan dan tidur. Hewan peliharaan ini harus dijadwalkan untuk berjalan untuk mengurangi pertambahan berat badannya.



Sekilas tampilan buldog memang seolah-olah menyeramkan, padahal hewan ini bukan jenis anjing agresif dan termasuk ras yang setia dengan keluarga pemilik.






Merawat Bulldog tidak sesulit yang Anda bayangkan dibanding ras yang lain. Misalnya untuk perawatan umum seperti membersihkan bulu, Anda hanya perlu membersihkan dengan air yang sudah dicampur dettol.



Untuk kebersihan badannya tergantung dari tingkat kotornya. Biasanya, hewan ini bisa dimandikan untuk waktu 1 hingga 2 minggu sekali saja.



Postur buldog yang pesek dibagian hidung. Hewan peliharaan ini mempunyai tarikan napas yang lebih pendek dibandingkan ras lain. Sehingga, tidak disarankan untuk meletakkannya saat siang secara langsung terkena matahari.



2. Cavalier King Charles Spaniel



Cavalier King Charles Spaniel dapat dirawat dalam lingkungan apartemen


Postur tubuhnya yang imut dan kecil akan menjadikan pemiliknya semakin gemes melihat tingkahnya yang selalu mendekat ke pemiliknya.



Cavalier King Charles Spaniel adalah jenis anjing kategori kecil yang sangat suka berteman dengan siapapun. Ras hewan peliharaan  King Charles Spaniel dikenal sebagai anjing dengan tingkat kepintaran yang cukup baik, sehingga tidak membuat Anda kesulitan untuk melatih berbagai pelatihan.



Bentuk yang menjadi ciri khusus Cavalier King Charles Spaniel adalah postur tubuhnya yang lebih panjang dengan balutan bulu tebal, yang hampir terdapat di seluruh tubuh.

Beberapa kelebihan yang dimiliki anjing King Charles Spaniel, seperti sangat ramah dengan anjing dan hewan peliharaan lain, tidak agresif dan mudah dekat dengan manusia.

Hewan peliharaan ini membutuhkan kasih sayang yang banyak dibandingkan jenis ras lain, karena sifatnya yang gemar bermain dan mudah dilatih, persyaratan untuk melatihnya juga tidak terlalu sulit.

Jika Anda menginginkan anjing ras Cavalier King Charles Spaniel sebagai peliharaan di rumah, hindari penempatan atau bermain di area panas atau saat matahari sedang panas. Hewan ini, punya kelemahan terhadap pengaruh panas dengan sensitif tinggi.

Cara perawatan yang perlu diketahui pemilik


Cavalier King Charles Spaniel adalah jenis hewan peliharaan yang memerlukan waktu cukup banyak untuk diajak olahraga. Setiap hari, Anda perlu mengajaknya berjalan santai atau bermain di lokasi yang aman.

Untuk bagian tubuhnya seperti bulu, Anda bisa merapikan dengan sikat khusus agar tidak menjadi kusut dan kotor.

3. Havanese


havanese ras anjing kecil yang cocok tinggal di apartemen
Havanese yang memiliki nama lain Bichon Havanais merupakan ras hewan peliharaan dengan tubuh kecil. Anjing yang punya ciri khusus pada warna bulu tertentu ini, umumnya mudah dikenali dengan putih, abu-abu, krem atau coklat di sebagian besar seluruh bulu yang bergelombang.

Anjing Havanese dengan bulu tebal bergelombang tersebut membuatnya tidak terlalu sensitif dengan cuaca yang kurang bersahabat.

Watak Bichon Havanais atau Bichon Habanero tidak agresif dan mempunyai pembawaan yang tenang, anjing pun dikenal ini jarang menggonggong.

Hewan peliharaan Bichon Habanero adalah salah satu jenis ras yang mudah dilatih dan juga pintar, mereka dapat hidup bersamaan dengan ras anjing lain.





4. Pug


cara merawat anjing pug
unsplash.com/@tvasconcelos
Anjing Pug sekilas mirip dengan Bulldog yang mempunyai ciri-ciri di wajahnya, yakni lipatan kulit yang gempal. Namun ada beberapa perbedaan spesifik dengan memperhatikan ciri-cirinya.

Anjing Pug yang memiliki kulit di bagian wajahnya yang berlipat dan seolah-olah berkerut, penampakan matanya yang besar dengan bentuk hidung pesek. Dibagian rahang atas yang lebih mundur kebelakang dibandingkan rahang bawah.

Untuk tubuhnya, Pug terlihat dengan postur tubuhnya yang pendek dan gemuk. Berat badan hewan peliharaan ini untuk jantan dan betina dapat mencapai 8 kg.

Wajah Pug yang seolah-olah sangar seperti buldog, watak anjing ini sebenarnya sangat manja dan senang bermain-main. Ia salah satu ras yang senang mencari perhatian dan butuh perhatian yang cukup besar untuk selalu bersama dengan manusia.

Hewan peliharaan Pug yang memiliki watak senang mencari perhatian tersebut, kebiasaannya yang sering dikenal pemiliknya adalah melakukan aksi berlari sekencang-kencangnya tanpa alasan yang jelas. Kebiasaan unik anjing ini, dilakukan untuk kesenangannya semata.

Wataknya yang tidak agresif, Pug sangat mudah untuk dilatih oleh manusia. Kepribadian hewan ini juga mengikuti induknya.

Cara perawatan hewan peliharaan untuk anjing Pug cukup mudah dilakukan pemilik anjing yang belum pernah memelihara. Beberapa hal yang perlu diketahui Anda, seperti tempat tidurnya.

Anjing Pug adalah hewan yang tidak bisa berada di luar rumah, artinya ia harus ditempatkan didalam ruangan yang hangat seperti manusia.

Ras Pug sangat sensitif dengan suhu yang panas atau dingin, hal ini digolongkan dari tipikal hidungnya yang pesek dan pendek.

Anjing ini memiliki watak yang tenang dan tidak suka menggonggong serta tidak membutuhkan tempat yang luas, sehingga cocok untuk hunian apartemen.

Hewan ini dikenal suka ngemil sehingga Anda perlu mengatur pola makannya dengan baik. Asupan makanan sehari-harinya, untuk jenis anakan membutuhkan kalori sekitar 100 kalori per tiap satu kg berat badannya. Jadwal pemberian makanan untuk pug, dijatah tiga kali dalam sehari.

Sementara untuk pug dewasa, kebutuhan kalori tidak begitu besar, ukuran kalori untuk anjing dewasa ini sekitar 80 kalori per berat badannya. Anda bisa membeli dog foods khusus mereka di supermarket, minimarket dan pet shop yang menyediakan makanan khusus anjing.

Untuk konsumsi makanan yang bisa diberikan, hewan peliharaan ini selain gemar makan daging dan jenis biji-bijian, Anda bisa mengaturnya dengan menu lain yang memiliki kandungan buah-buahan, beras merah, kacang, polong, wortel, pisang atau lainnya.

Cara perawatan anjing pub


Cara merawat anjing ras pub agak sedikit rumit karena jenis ini memiliki kulit yang berkerut dan berlipat-lipat. Anda perlu memberikan waktu secara telaten untuk membersihkan kotoran yang mungkin berada di sela-sela lipatan kulitnya.

Untuk kebersihan tubuhnya. Pub adalah jenis hewan peliharaan yang agak jarang dimandikan,  Anda hanya perlu memandikannya minimal satu bulan sekali.

Oh iya jangan lupa, anjing ras Pub juga salah satu hewan peliharaan yang memiliki bulu lebat dan mudah rontok. Oleh karenanya, perhatikan pemberian makanan untuknya dengan tepat.

5. Toy Poodle


cara merawat anjing toy poodle
unsplash.com/@picsea
Toy Poodle adalah ras anjing yang mirip dengan boneka dengan bulunya yang indah. Hewan ini sangat cerdas dan mudah untuk dilatih oleh manusia. Wataknya yang tidak agresif kepada manusia, jenis anjing Toy Poodle merupakan hewan peliharaan yang menjadi salah satu teman di rumah.

Anjing Toy Poodle senang terhubung dengan manusia dan sangat aktif dalam bergerak. Kepribadiannya yang senang bermain, tipe anjing ini tidak bisa ditinggal terlalu lama oleh pemilihnya.

Kepintaran Toy Poodle yang berada di peringkat kedua dibawah ras Bonder Collie, tabiat sehari-harinya sangat senang bergerak lincah dengan tingkat kepatuhan yang tinggi.

Toy Poodle yang standar memiliki kaki berselaput seperti hewan yang hidup di dua dunia, sehingga hewan peliharaan ini juga sangat pintar dengan pelatihan khusus ketika berada di air. Kecepatan anjing Toy Poodle yang sudah dilatih dengan air, kecepatan renangnya bisa mencapai 20 mph atau 32 kph.

Ras Toy Poodle sering dibawa oleh pemiliknya untuk kontes dan kompetisi khusus anjing. Kepintaran yang dimiliki Pudel sebagai anjing yang cerdas, pelatihan juga tidak rumit.




Watak Pudel yang mudah akrab dan bergaul sebagai hewan aktif, hewan ini juga sangat cocok untuk menjadi hewan peliharaan di rumah. Ketika Anda memutuskan untuk mengadopsi ras ini, perlu diketahui bahwa Toy Poodle merupakan hewan yang tidak bisa ditinggal sendirian untuk waktu lama. Hewan ini sangat mudah stres dan membutuhkan perhatian manusia.

6. Chihuahua


cara merawat anjing chihuahua
pexels.com/@nishizuka-25426
Chihuahua jenis ras anjing dengan variasi bulu tidak terlalu tebal dibandingkan hewan peliharaan lainnya. Ciri-cirinya hewan ini dengan perawakan tubuh yang kecil, namun memiliki energi yang sangat baik jika dibandingkan anjing lainnya.

Cara perawatan Chihuahua


Cara merawat anjing Chihuahua cukup simpel. Ras ini dikenal sebagai hewan peliharaan yang tidak suka berada di dalam kandang.

Pemberian makanan untuk anjing Chihuahua perlu pengaturan kalori yang tepat, umumnya perlu 50 gram dog food untuk setiap hari. Setelah menyiapkan takaran untuk makanannya, bagi menjadi 3 atau 4 menu dalam sehari. Anda bisa membeli dog foods khusus mereka di supermarket, minimarket dan pet shop yang menyediakan makanan khusus anjing.


Postur tubuhnya yang kecil, pemberian makanan yang berlebihan dapat menyebabkan hewan ini menjadi gemuk. Kegemukan yang dialami tersebut akan memicu gangguan kesehatan lainnya.

Untuk kebersihan badan Chihuahua juga tidak perlu sering dimandikan. Biasanya, untuk jadwal mandi yang tercepat adalah 3 bulan sekali yang tergantung pada kebersihan dan aroma tubuh jika bermain di tempat kotor.

Untuk anjing yang ditempat di luar rumah, jadwal yang lebih pendek biasanya untuk sebulan sekali sudah dimandikan.

7. Anjing Pomeranian

cara merawat anjing pomeranian
vetstreet.com/dogs/pomeranian

Anjing Pomeranian adalah anjing yang sekilas tampak seperti singa kecil dengan bulu yang lebat di wajahnya. Hewan peliharaan ini sebagai ras keturunan asal dengan berbulu tebal dan panjang, nama awal Pomeranian tersebut berasal dari negara Jerman.

Hewan peliharaan Pomeranian sebagai anjing yang cerdas, Anda bisa melatihnya tanpa banyak kesulitan, sehingga tipe ras ini juga sering dibawa-bawa pemiliknya untuk mengikuti kontes dan perlombaan untuk anjing.

Karakter khususnya dengan perawakan bulu tebal dan panjang, Pomeranian juga anjing kecil dengan berat badannya kisaran 4 kg dengan tinggi maksimal 30 cm. Biasanya, bulu hewan peliharaan ini memiliki tanda warna coklat, krem, hitam, merah dan beberapa kemungkinan warna lain.

Watak anjing ras kecil ini sangat lincah dan juga berani meski mempunyai tubuh yang imut. Ras ini juga agak berisik ketika menggonggong, terlebih menyambut kedatangan manusia, apalagi saat pemiliknya pulang dari kerja.

Kebiasaannya yang agak berisik, jika ia menemui sesuatu yang mencurigakan sebagai tanda pemberitahuan kepada orang rumah.

Watak hewan peliharaan ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan, selain itu juga memerlukan perhatian lebih karena memiliki sifat yang manja dan senang mencari perhatian.

Cara perawatan anjing Pomeranian 


Untuk perawatan, anjing Pomeranian tidak sulit dalam hal makanan. Dog food yang di jual oleh supermarket, minimarket dan Pet-shop sudah mencukupi kebutuhan kalori.

Untuk jenis makanan yang cukup cocok dimakannya, anjing Pomeranian adalah hewan yang senang dengan jenis daging ayam, dan sayur-sayuran. Untuk buah-buahan pun, tidak terlalu banyak memilih.

Beberapa option lain jika Anda ingin memberikan makanan, bisa menggunakan keju padat yang di potong kecil-kecil menjadi beberapa bagian.

Anjing Pomeranian adalah hewan ras peliharaan yang cocok di dalam rumah, sehingga tidak cocok di tempatkan di luar rumah karena beberapa faktor.

Anjing ini sangat sensitif dengan panas karena karakter ras keturunannya, sehingga dapat menyebabkan dirinya mudah sakit jika berada di luar rumah.

Untuk tempat tinggal, Pomeranian adalah makhluk yang tidak membutuhkan ruangan yang besar, sehingga cocok untuk hunian seperti apartemen.

Kebiasaan sehari-harinya, Pomeranian adalah anjing aktif yang senang bermain setiap hari dengan pemilik atau penghuni rumah. Anjing ini tidak boleh ditinggal sendirian untuk waktu lama tanpa keberadaan manusia, karena bisa sakit dan stres.

Cara perawatan untuk Pomeranian adalah sering-sering mengajaknya berjalan ke luar rumah. Untuk waktunya, tidak perlu lama-lama hanya sekitar 15 hingga 20 menit. Jika akan membawanya jalan atau bermain, hindari tempat yang mempunyai suhu tinggi atau panas.

Untuk pelatihan hewan peliharaan ini juga tidak sulit. Anjing Pomeranian adalah hewan yang cerdas dan mudah dilatih.