Header Ads Widget

}

7 Penyebab Kucing Pergi Tinggalkan Rumah

Hewan peliharaan seperti anjing, kucing, burung dan beberapa jenis lain banyak ditemukan dekat rumah. Mereka salah satu hewan cukup populer karena lucu, menghibur dan terkenal dengan kemampuan lainnya.

PxHere

Pemilik bisa kaget jika mereka hilang secara tiba-tiba, bahkan mencari ke tempat yang diperkirakan didatangi hewan. Jika Anda beruntung, maka hewan peliharaan dapat ditemukan, sebaliknya peliharaan bisa menghilang tanpa jejak meski sudah mencari dan minta bantuan dengan banyak cara.

Kucing bisa melakukan hal tersebut, kucing secara cepat disadari tidak ada di rumah atau tempat yang selalu disukainya.

7 Penyebab kucing pergi meninggalkan rumah, diantaranya:

Perawatan yang kurang baik pada kucing bisa membuat mereka pergi

1. Penyebab kucing pergi jika kurang perawatan


Kucing adalah makhluk yang dapat hidup tanpa bergantung penuh dengan manusia. Naluri kucing secara genetik dibekali kemampuan untuk mencari makan secara mandiri.

Hewan peliharaan seperti kucing pergi meninggalkan rumah jika Anda kurang perawatan kepada mereka. Beberapa perawatan seperti asupan makanan untuk diperlukan kucing, bentuk perhatian Anda dengan bermain atau kebiasaan meninggalkan hewan tersebut dalam waktu lama.

2. Penyebab kucing pergi jika sedih dan stres

Perasaan sedih, stres dan lingkungan tidak nyaman membuat kucing pergi
Kucing sedih dan stres bisa meninggalkan rumah (pixabay)

Kucing walau sebagai hewan, memiliki perasaan menilai tempat hunian termasuk nyaman atau tidak untuk mereka.

Kepribadian kucing mirip seperti manusia cenderung mendambakan suasana dan lingkungan nyaman, seperti tidak berisik, faktor keamanan dan pertimbangan lain.

Hewan sedih dan stres dapat terlihat dari gejala kebingungan dan bersikap agresif kepada penyebabnya, seperti hewan pengganggu dan bisa terjadi pada pemiliknya atau kucing pergi meninggalkan rumah.

3. Kalah bersaing

menambah hewan lain dalam rumah bisa membuat kucing merasa tersaingi
Ilustrasi: Kucing berkelahi merebut wilayah kekuasaan (pexels)

Insting kucing secara naluri memiliki sifat dominan cukup tinggi saat kondisi tertentu. Misalnya jika Anda memiliki kucing jantan, mereka akan mempertahankan wilayah teritorial dalam bentuk alami.

Kucing jantan menandakan daerah tertentu dengan urin kepada jenis yang sama atau untuk betina.

Kehadiran kucing jantan yang lain ketika masuk area teritorial, akan menyebabkan perkelahian untuk mencari jago sebagai penguasa di tempat tersebut.

Persaingan sesama kucing bisa dicegah dengan sterilisasi. Steril yang dilakukan pada kucing jantan dan betina, dapat membuat mereka lebih rileks dan mampu menenangkan diri saat musim kawin. Steril kucing jantan dan betina meredakan keinginan untuk mencari pasangannya.

4. Penyebab kucing pergi ingin Refreshing
Kucing butuh waktu santai, mereka bisa pergi untuk refreshing sementara waktu

Refreshing adalah penyegaran bisa dialami kucing. Bentuk refreshing yang diinginkan kucing saat mereka galau karena dilanda badai bosan.

Anda jangan khawatir jika kucing meninggalkan rumah akibat bosan, meong akan kembali ke rumah setelah memperoleh suasana baru tersebut.

5. Mencari pasangan
Musim periode tertentu, kucing masuk usia dewasa akan mencari pasangan

Kucing memiliki cara berkembang biak pada saat tertentu. Pemilik kucing jantan dimungkinkan tidak melihat meong beberapa hari, karena mereka sedang mencari pasangan.

Seekor kucing betina dalam situasi lop akan menebarkan pesona dalam aroma khas untuk jantan sebagai panggilan alam.

6. Sakit kronis
kucing yang sakit membuat mereka gelisah dan sakit kronis cenderung memicu mereka pergi dari rumah

Kucing dapat mengalami penyakit kronis seperti manusia. Situasi kesehatan memburuk yang dialami kucing dapat dirasakan, sehingga peliharaan bisa menghilang dari rumah Anda.

Kucing yang sakit dan kritis akan mencari tempat persembunyian yang jarang didatangi hewan lain dan manusia. oleh sebab itu, tubuh kucing yang mati sangat jarang terlihat, karena mereka akan pergi ke suatu tempat yang aman untuk tidur panjang disana.

7. Terjaring satwa liar
kucing tak bisa pulang ke rumah ketika mereka terjaring sebagai satwa liar jika berkeliaran di luar rumah

Kucing peliharaan bisa menghilang tiba-tiba, kemungkinan lain adalah terjaring satwa liar saat berkeliaran di jalan.

Umumnya satwa liar yang tertangkap dan diidentifikasi satwa liar, dibawa ke shelter khusus atau rumah penampung hewan.

Cara mencegah kucing terjaring sebagai satwa liar ketika di jalan, Anda bisa menggunakan tanda atau identitas pada leher dengan bentuk kalung. Teknologi identitas hewan seperti KTP juga tersedia dalam teknologi chip yang merekam informasi tentang kucing Anda.

Caranya cukup mendaftarkan pada dinas terkait yang berhubungan dengan satwa, biasanya ada biaya administrasi yang dibebankan kepada pemiliknya.

Hewan dewasa jenis jantan dan betina seperti kucing pergi meninggalkan rumah dengan berbagai sebab. Banyak alasan peliharaan bisa menghilang memilih meninggalkan Anda dan rumah, seperti kurang perhatian dalam perawatan, persaingan sesama kucing, mencari pasangan, sakit dan tertangkap oleh dinas yang menangani masalah satwa liar.