Header Ads Widget

}

Cara Melatih Anjing duduk dan Berdiri

Pelatihan berkala pada anak anjing perlu dilakukan pemilik hewan peliharaan. Berbagai kepintaran ketika diajarkan kepada mereka, akan berguna pada situasi tertentu seperti meminta hewan duduk saat sedang diperiksa dokter hewan atau menunjukkan atraksi unik kepada orang lain hingga lomba dan kontes dalam berbagai kompetisi khusus anjing didepan juri.

pixabay.com/skeeze

Cara melatih anjing mulai tahap dasar


Cara melatih anjing duduk, berdiri dan meloncat adalah salah satu proses belajar yang memerlukan disiplin terukur. Hewan peliharaan tidak bisa langsung untuk pelatihan yang sangat sulit, sedangkan dasar-dasar kepintaran belum terasah dengan baik.

Melatih dasar untuk duduk pada anjing

pixabay.com/congerdesign

Pemilik hewan dapat memulai dasar melatih dengan perintah 'duduk' atau 'sit' pada hewan. Pelatihan ini perlu dilakukan sebelum mengajar mereka untuk meloncat. Pengenalan intruksi duduk atau sit yang dilakukan, memperkuat intruksi lain saat diajarkan kepada anjing.

Sebelum mulai melatih anjing pada beberapa intruksi, Anda perlu menyiapkan camilan atau makanan kecil yang disukainya. Camilan dapat berbentuk biskuit, permen atau penghargaan jika mereka mengikuti arahan dengan benar.

Memulai pelatihan anjing untuk duduk

pixabay.com/jill111

Menghadap depan anjing sambil memegang camilan. Tunjukkan camilan di depan hidung dan menunggu respon dia, katakan 'duduk' sambil membawa camilan turun ke bawah.

Anjing yang mendengar aba-aba sambil melihat tangan Anda akan merespon duduk, jika posisi anjing sudah sesuai beri camilan untuknya sambil memuji.

Pada pelatihan tersebut, Anda bisa memberi camilan dengan mengulang sesi melatih dalam beberapa gerakan yang sama. Setelah mengikuti intruksi ke dua atau ketiga, beri camilan sambil memuji.

Lakukan sesi melatih anjing tahap dasar sampai mereka paham intruksi Anda.

Sesi dasar melatih anjing duduk sebelumnya, kini di perpanjang jarak waktunya. Latih anjing untuk posisi duduk dalam beberapa detik yang Anda inginkan seperti 30 detik atau 1 menit. Jika pelatihan dasar duduk bisa dilakukan anjing, beri camilan dan pujian.

Tujuan melatih anjing dengan penambahan waktu sangat berguna untuk mereka. Mereka dapat mengenal setiap intruksi Anda dengan tingkat kepatuhan yang tinggi.

Jika anjing menolak duduk saat dilatih


Biasanya tahap dasar hewan masih bingung dengan intruksi asing. Anda dapat mendorong posisi yang tepat dengan sedikit menekan punggung anjing ketika diminta duduk. Mereka akan beradaptasi duduk seperti yang Anda harapkan.

Sesi pelatihan awal jangan terlalu lama, waktu melatih anjing tersebut paling lama 5 menit setiap sesi dan lakukan istirahat.

Memaksa pelatihan dasar pada anjing yang belum mengerti akan menghilangkan minat mereka. Waktu pelatihan yang lama juga membuat mereka stres dan frustasi menunggu makanan catau camilan.

Tip melatih anjing yang perlu disiapkan

pixabay.com/Nick_H

Mengajar kepintaran pada hewan dengan cara melatih butuh kesabaran. Anjing tidak bisa instan secara langsung mengikuti intruksi yang diinginkan.

Metode penguat dalam simulasi latihan perlu diberikan camilan ketika sesuai dengan perintah, hal ini akan menciptakan pengkondisian antara suara perintah dengan penghargaan seperti camilan.

Proses belajar untuk duduk dan berdiri mempunyai kemiripan yang bisa diterapkan kepada anjing. Lakukan sesi latihan hingga hewan peliharaan tepat merespon ucapan Anda.

Penguatan latihan anjing di tempat lain

pixabay.com/Antranias

Cara melatih anjing duduk atau berdiri banyak berawal dalam rumah. Jika mereka sukses melakukan intruksi, dalam sesi pelatihan lain perlu dilakukan pada tempat lain seperti halaman luar yang berada di luar rumah.

Tujuan penguatan melatih anjing dalam berbagai tempat, memberikan pengalaman kepada hewan bahwa camilan tidak berdasarkan lokasi tertentu. Mereka bisa mendapatkan bonus dimanapun selama patuh dengan instruksi pemilik.

Pelatihan di luar ruangan seperti halaman belakang rumah, diawali dengan jarak pendek. Anda masih berhadapan dengan anjing, lakukan cara melatih anjing yang sama seperti dalam ruangan rumah berikut bonus setelah mengikuti ucapan Anda.

Sesi lanjutan adalah menambah jarak Anda dengan hewan sekitar 1 hingga 2 meter. Beri aba-aba yang sama untuk menanamkan kepatuhan yang terpisah dengan jarak.

Tujuan pelatihan dengan jarak akan membantu anjing memahami bahwa jarak tidak berpengaruh pada kepatuhan.

Sesi lanjutan lain yang bisa diajarkan adalah lama untuk duduk saat Anda memintanya dari jarak yang jauh. Tunggu beberapa detik, lalu perintahkan mereka untuk bangun.

Cara melatih anjing untuk duduk dan berdiri dapat dilakukan pada berbagai tempat atau jarak. Namun anjing harus ditanamkan tentang kepatuhan dasar terlebih dahulu sampai paham.

Semoga sukses ya...



Post a Comment

0 Comments