Header Ads Widget

}

Anjing Makan Ikan, Apakah Boleh?

Makanan untuk kucing berbeda dengan anjing, begitu juga dengan bahan makanan yang biasa manusia konsumsi memiliki pengaruh yang berbeda untuk hewan peliharaan lainnya. Bahan makanan kucing menggunakan campuran daging, diketahui baik untuk kesehatan mereka sehingga tidak menimbulkan masalah selama dikelola sesuai anjuran ahli hewan. Berbeda dengan ras anjing, tidak sedikit majikan masih ragu dengan makanan menggunakan bahan ini sebagai campuran. Sehingga anjing makan ikan masih sering ditanyakan banyak pemiliknya karena sebagian mendapatkan informasi yang keliru tentang ikan.

Ikan sangat disarankan


Jika majikan memelihara anjing menggunakan pakan makanan berasal merek dan produk tertentu yang dijual, cobalah memeriksa komposisi kandungan pada makanan hewan. Jika Anda mengenali beberapa menu yang lebih spesifik, ikan sudah menjadi bahan pokok menyeimbangkan kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan peliharaan.

Meski bahan ini bisa dikonsumsi anjing karena terdapat dalam komposisi pakan makanan yang diformulasi khusus, pada kenyataannya bisa sedikit berbeda saat Anda memberikan ikan untuk hewan secara langsung. Jenis makanan ini sangat baik untuk kesehatannya, namun cara mengelola yang tepat dapat memberikan manfaat yang baik jika dimasak dengan benar.

Manfaat anjing makan ikan


Sulit untuk membantah bahwa anjing sama seperti kucing, sama-sama menyukai ikan. Jenis makanan ini juga menjadi salah satu sumber protein sehat bahkan di standarkan sebagai pakan peliharaan ras karena manfaatnya telah terbukti.

Ikan memberikan asam lemak Omega-3 ketika dikonsumsi hewan.Dikutip situs Petmd menerangkan, kelebihan yang diperoleh peliharaan yang tercukupkan asam lemak Omega-3, mampu mengurangi resiko peradangan yang sering dialami beberapa ras anjing.

Beberapa manfaat ikan adalah solusi pengganti untuk ras tertentu yang memiliki tingkat alergi cukup tinggi dengan bahan makanan daging ayam. Ciri-ciri hewan peliharaan menjadi alergi pada jenis makanan tertentu, umumnya kebiasaan menggaruk badan, anggota tubuh lainnya akan menjadi lebih sering, sehingga beresiko membuat rambut rontok, kulit lecet dan luka hingga peradangan akibat infeksi.

Cara mengelola ikan sebagai makanan hewan jika Anda ingin membuatnya di rumah mandiri. Hal yang pertama perlu diperhatikan adalah kualitas dagingnya ketika dibeli apakah dalam kondisi layak dikonsumsi untuk peliharaan, bagaimana cara Anda memberikan kepada anjing, juga mempengaruhi kesehatan jika kurang tepat dalam menyajikannya.

Beberapa jenis anjing mungkin memiliki masalah dengan zat yang terdapat dalamnya. Oleh karenanya, jika peliharaan Anda diketahui memiliki riwayat alergi terhadap makanan tertentu, sebaiknya meminta rekomendasi dokter hewan jika memberi ikan untuk mereka.

Secara keseluruhan jenis anjing yang sehat dan tidak terdapat kondisi alergi pada makanan tertentu, cenderung bisa makan ikan dengan porsi yang tepat.

Pemilik hewan peliharaan yang ragu dengan tingkat resiko alergi peliharaan dengan makanan tertentu, disarankan menyajikan pada porsi kecil dengan memperhatikan kemungkinan apakah mereka memiliki toleransi tinggi dengan jenis makan tertentu tanpa mengalami alergi dan masalah di pencernaan.

Ikan yang bagus untuk anjing


Sumber daya alam seperti di kawasan Indonesia memiliki laut, sungai hingga menjadi tempat yang mudah untuk budidaya ikan tertentu. Namun hewan makanan hasil laut tidak bisa diberikan secara sembarangan serta beberapa jenis yang baik untuk peliharaan perlu dipertimbangkan. Sebagian besar seperti salmon, bersumber dari laut,, herring, walleye, dan jenis yang direkomendasi lainnya.

Sebagian besar jenis yang baik untuk hewan peliharaan adalah ikan berusia pendek, karena jenis yang berumur panjang, biasanya memiliki resiko tercemar zat logam dan sampah yang terdapat di air. Meski demikian, ikan umur panjang dapat dikonsumsi mereka. Namun cara aman teraman tentunya menggunakan jenis usia pendek lebih disarankan.

Apakah ada resiko makan ikan?

Secara keseluruhan seperti yang sudah dituliskan, sangat baik mengonsumsi ikan karena kandungan protein yang disediakan baik untuk kesehatan mereka. Bahan makanan yang memiliki campuran bahan ini, tidak membahayakan dan membawa resiko selama peliharaan Anda jenis hewan sehat dan tidak mempunyai alergi dengan zat makanan tertentu, atau memiliki riwayat kesehatan pada gangguan pencernaan.

Selama memberikan ikan, ada beberapa pedoman dasar yang perlu diperhatikan majikannya, yakni proses dan cara mengelola bahan makanan itu sendiri.

Cara memasak dagingnya dengan tumpahan minyak berlebihan dapat membuat peliharaan Anda mengalami gangguan pencernaan hingga masalah yang lebih serius lagi, seperti pankreatitis.

Pemakaian bumbu penguat rasa yang berlebihan dan tidak direkomendasikan untuk hewan, seperti jenis bawang putih dan bahan lain yang aman dikonsumsi manusia, dapat menjadi racun ketika dikonsumsi mereka. Selain itu, resiko memberi makan ikan adalah faktor tulang. Mereka tidak boleh diberikan utuh tanpa memisahkan tulangnya, karena dapat melukai dan menempel pada rongga saluran mulut, tenggorokan, usus pencernaan atau dinding organ.

Hewan peliharaan tersebut bisa mengonsumsi ikan dengan terjadwal sesuai rekomendasi dokter hewan, seperti memasak dengan matang menggunakan sedikit minyak goreng atau di rebus (tim), memisahkan tulang agar tidak termakan sehingga tidak bermasalah dan menjadi problem baru.

Anjing makan ikan mentah?

Sementara ada pertanyaan yang muncul tentang ikan mentah, ketika hal ini menjadi keraguan Anda memberikan ikan mentah, apakah baik untuk mereka?

Jenis ikan mentah yang belum matang dan dalam kondisi belum dibersihkan kurang baik dikonsumsi anjing karena mengandung resiko beberapa bakteri yang masih terdapat didalamnya. Jenis bakteri tersebut seperti salmonella dan listeria bisa menimbulkan masalah serius untuk kesehatannya.

Sementara beberapa sumber yang dihimpun tentang ikan mentah menyebutkan, diperbolehkan selama sistem kekebalan tubuh hewan dalam keadaan sehat, juga cara mengelola jenis mentah telah dilakukan sesuai yang disarankan FDA.org. Misalnya mendisinfeksi seluruh permukaan ikan dan membersihkan wadah makanan secara benar dan mencucinya usai digunakan.

Jumlah ikan yang boleh dimakan


Untuk menentukan jumlah ikan boleh dimakan anjing sebagai bahan makanan, tentunya mempertimbangkan faktor usia, berat badan dan aktivitas harian hewan.

Apapun yang menjadi makanan dan berlebihan, hanya menjadi masalah yang tidak baik pada waktu yang panjang. Cara memasak ikan mentah menjadi matang, umumnya bisa dilakukan dengan di rebus, di masak atau di panggang. Semuanya akan baik-baik saja jika takaran yang dimakannya sesuai ambang batas yang direkomendasi.

Salah satu kemungkinan yang terjadi pada mereka mendapat makanan dari bahan makanan ini, cenderung mudah mengalami peningkatan berat badan tanpa terkontrol. Cara menghitung rata-rata nutrisi ikan untuk anjing, yakni maksimal sekitar 10 persen dari makanan harian yang biasa mereka konsumsi.

Jadi, anjing makan ikan adalah suatu yang wajar dan bukan jenis makanan berbahaya untuk mereka, seperti jenis makanan lain. Beberapa pedoman dasar ketika Anda menginginkan menjadi menu makanan anjing, yakni memperhatikan cara memasaknya secara sehat, tidak memberikan tulang ikan kepada mereka dan takaran yang tidak berlebihan jika Anda menginginkan berat badan mereka tetap stabil.

Sementara pertimbangan lainnya jika anjing makan ikan adalah faktor usia, aktivitas dan menganalisa kemungkinan mereka memiliki riwayat alergi terhadap bahan makanan tertentu atau kemungkinan pernah bermasalah dengan saluran pencernaan, sehingga disarankan meminta saran dari dokter hewan untuk jenis hewan peliharaan tersebut.