Header Ads Widget

}

Cara Merawat Anak Anjing Pug

Cuaca cerah seperti indahnya suasana hari ini saat anak Anda bersiap menyambut calon anggota baru akan datang. Beberapa pertanyaan muncul dari mereka cara merawat anak anjing pug, sedangkan Anda dan keluarga tidak pernah memelihara hewan seperti anjing atau kucing. Semburan pertanyaan akan menyusul di telinga, sebelum Anda tahu jawaban untuk pertanyaan sebelumnya.

Cara merawat anak anjing pug

pexels.com/francesco-ungaro

Memilih hewan untuk dipelihara di rumah pada trah pug, mungkin karena hidungnya yang pesek sehingga mudah dikenali. Mungkin juga teman bersedia membantu perawatan awal, karena ia memberikan anak anjing pug untuk Anda rawat di rumah.

Anjing pug merupakan salah satu trah hewan yang cukup banyak digemari manusia. Dia tidak merepotkan setelah dewasa dan pintar jika dilatih dengan benar.

Sedangkan untuk adopsi anjing, cara merawat anak anjing pug tidak sama seperti setelah dewasa, mereka punya kebutuhan khusus yang perlu diketahui calon pemilik. Sebelum atau sesudah adopsi anak anjing ini, Anda memerlukan peralatan tambahan untuk mendukung kenyamanan dan kesehatan pug.

Kenali ciri fisik dan karakter pug

pexels.com/rawpixel

Setiap ras anjing mempunyai ciri fisik dan karakter yang tidak selalu sama, seperti anjing pug membawa ciri khusus yang mudah dikenali. Wajah trah pug sekilas seperti hewan yang serius, tampilan wajah berkerut dengan mata yang lebih besar dari anjing lain. Setiap orang yang melihat mukanya bisa terhibur jika mereka berinteraksi bermain dengan seolah-olah serius.

Bagian telinga pug ada dua jenis, yakni berbentuk kancing atau berbentuk rose. Ciri fisik pug jenis kancing adalah daun telinga yang cenderung menekuk kebawah sehingga terlihat lubang telinga hewan akan tertutup. Jenis pug yang lain adalah seperti mawar, ciri fisiknya dibagian telinganya naik keatas pada sisi pangkal.

Mereka masuk anjing bertubuh kecil bahkan dibisa disebut pendek. Namun bagian badannya terlihat besar dibanding ras anjing lain.

Secara umum karakter anjing pug akrab dengan manusia dan tidak agresif pada anak. Hewan peliharaan ini sering dijadikan teman bermain bersama anak karena kelucuan dari bentuk wajahnya.

Pug jenis anjing manja dan cenderung mengikuti pemiliknya jika berpergian, ia adalah hewan yang setia dan memiliki sifat bermain yang terbilang aktif.

Melatih anak anjing pug


Cara merawat anak anjing pug tidak sekedar diberi makanan dan tempat saja. Anda perlu melatih hewan agar pintar mengurus dirinya. Cara melatih anak anjing pug penting diberikan untuk menghindarkan kekacauan kecil di rumah Anda.

Cara melatih tahap pertama


Pelatihan tahap pertama perlu mempertimbang faktor usia. Anak anjing pug yang masih kecil sekitar 6 bulan atau sebelum masa dewasa, pada tahap pelatihan awal perlu waktu sebentar sekitar 5 hingga 10 menit setiap sesi.

Anda bisa mengajarkan berbagai latihan pada mereka, mulai dari cara duduk berdasarkan perintah, berlari, loncat dan hal lainnya. Jangan lupa, beri makanan sebagai penghargaan setiap mereka berhasil atau sesuai arahan Anda. Pelatihan ini diulang dan disesuaikan dengan kondisi tertentu sampai mereka mahir dan mengerti aba-aba dasar.

Pelatihan buang air


Cara melatih anak anjing pug agar terbiasa buang air kecil ataupun pup di tempat yang ditentukan. Pemilik perlu menyiapkan jadwal setiap 2 hingga 4 jam dalam pelatihan untuk membawa mereka ke tempat buang air kecil atau pug. Simak dan ketahui tanda awal yang ditunjukkan hewan sebelum buang air kecil atau pup, maka Anda akan tahu sinyal awal tersebut.

Menjaga kesehatan pug

pexels.com/theornigod

Cara merawat anak anjing pug yang tak kalah penting adalah faktor kesehatan. Mereka jenis trah berhidung pendek yang berarti mudah dipengaruhi suhu yang panas. Suhu panas seperti halaman yang dijadikan rumah, dapat menyebabkan dehidrasi.

Hidung pug bukan jenis hewan berhidung basah, sehingga butuh pengawasan ekstra di lokasi panas karena bisa membuat tidak nyaman. Hal lain adalah akses ke minuman, pug perlu mendapat akses mudah mencapai wadah minuman.

Perawatan anjing pug agar sehat perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:

1. Pug lebih rentan pada resiko infeksi kulit, mata dan berat badan tak terkontrol.
2. Permukaan kulit anjing pug lebih sensitif sehingga tidak baik menggunakan sembarangan sampo. Sampo anjing adalah cara terbaik menjaga kesehatan kulit mereka. Kisaran pH yang dianjurkan sekitar 6,4 hingga 7,4 dan tidak terdapat kandungan lain seperti zat pewangi, dan zat yang tidak disarankan dokter hewan.
3. Jenis sampo yang cocok bagi anjing pug adalah berbahan utama nabati seperti oatmeal dan aloe lebih disarankan. Anda bisa mendapatkan sampo khusus anjing di supermarket minimarket, pet shop atau tempat khusus yang menjual makanan untuk hewan peliharaan.
4. Jika anjing pug memiliki masalah bau badan bersumber dari mantel bulunya, gunakan sampo berbahan utama mediterranean. Untuk pug yang sensitif pada permukaan kulit maka sampo bahan utama teh atau aloe sangat baik untuk masalah gatal, iritasi dan ruam.
5. Kebersihan tubuh pug rentan terhadap bau badan, Anda dapat memandikan mereka setiap 3 minggu atau 4 minggu sekali sesuai kondisinya.
6. Hewan ini butuh minum cukup banyak setiap hari, air minum akan menjaga tubuh mereka terhidrasi dengan kebutuhan rata-rata 1 kg. Pemilik perlu memperhatikan kebiasaan minum pug, jika mereka terlalu cepat minum air yang berada di wadah, solusinya ganti dengan botol minum yang mengeluarkan air. Botol khusus hewan ini bisa Anda beli di supermarket, minimarket, pet shop atau tempat khusus yang menyediakan kebutuhan aksesoris hewan.
7. Rajin membersihkan wadah air minum dan tempat makanan. Cara merawat anak anjing pug lebih telaten dibandingkan dewasa.
8. Tempat tidur untuk anak anjing pug perlu memperhatikan kesehatan mereka. Hewan ini rentan terhadap gangguan sendi, tulang dan masalah lain. Gunakan tempat tidur yang beralas bantal atau busa dengan ketinggian sedikitnya 2 inci. Semakin tinggi busa atau alas tidur akan semakin nyaman untuk pug, kisaran maksimal sekitar 4 inci sudah cukup baik.

Cara merawat anak anjing pug agak berbeda dibanding dewasa, mereka lebih butuh perhatian lebih hingga bisa mandiri. Selain informasi diatas, masih banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang perawatan anak pug hingga dewasa.