Header Ads Widget

}

Perawatan Bulu Anjing Pomerian

Pom nama singkat pomerian ini mendapat banyak perhatian dari penyayang hewan. Anjing dikenal lucu dengan wajah mirip rubah, bulu halus miliknya menarik banyak simpati dari orang untuk memegangnya.
publicdomainpictures.net

Karunia bulu sehat seekor anjing pomarian, ditambah dengan perawatan yang baik dari pemiliknya, mini pom ini butuh perhatian ekstra jika menginginkan mereka tetap cantik.

Cara Merawat Bulu Anjing Pomarian

publicdomainpictures.net

Cara merawat bulu anjing pomarian membutuhkan alat pendukung tambahan. Misalnya sisir bulu khusus hewan, sampo khusus bulu sebagai nutrisi dan potong bulu pada waktu tertentu.

Merapikan bulu

publicdomainpictures.net

Perawatan anjing pomarian bisa berbeda-beda dari setiap saran pemilik lain, namun yang pasti mini pom butuh waktu khusus untuk merapikan bulu agar tidak kusut dan mengumpal.

Anjing pomeranian sedikitnya butuh di sikat bagian bulu dalam seminggu untuk satu kali atau dua kali (mungkin bisa lebih lama untuk orang lain yang merawat pomarian).

Tujuan menyikat bulu anjing pomarian adalah cara merawat mantel tetap lurus dan baik, pada situasi tertentu bisa terdapat bulu rontok.

Penyikatan bulu mini pom dengan sisir atau sikat khusus hewan juga penting. Sisir mereka berbeda dengan milik manusia.

Sisir yang sesuai untuk bulu anjing ada dua jenis, bentuknya bisa lurus dan melengkung. Sedangkan batang sisir dapat berbahan karet khusus, plastik atau kawat dengan bentuk ujung tidak melukai atau membuat lecet permukaan kulit.

Pola menyisir bulu anjing pomarian dimulai pada bagian atas, kemudian turun hingga ke punggung. Anda dapat melihat alur bulu sebagai panduan menyikat, agar tidak kusut.

Untuk bagian perutnya, lakukan secara hati-hati. Bagian bawah perut memiliki bulu lebih tipis dibanding bagian pungung dan atas.

Saat menyisir, pastikan ujung sisir menyentuk permukaan kulit agar kotoran yang sembunyi didalam bulu bisa terangkat. Sedangkan manfaat lainnya menghilangkan bulu rontok dan membuat lebih luas.

Cara Merawat Pomarian dengan Memandikan

publicdomainpictures.net

Cara merawat bulu anjing pomarian terkait dengan kebersihan badan mereka. Mandi adalah salah satu cara untuk memberi nutrisi tambahan untuk bulu selalu sehat dan permukaan kulit bebas masalah.

Beberapa pemilik pomeranian mungkin memandikan hewan setiap hari, namun menurut saya dikembalikan pada tiap pemilik hewan.

Anjing pomarian boleh saja dimandikan setiap hari, namun perlukah memandikan setiap hari ?

Membersihkan anjing pomeranian melalui mandi, mungkin bisa sebulan sekali saja atau sesuai kondisi yang terjadi.

Menetapkan jadwal mandi untuk mereka sangat perlu untuk menjaga kualitas bulu selalu prima dan maksimal. Dengan memandikan hewan maka mantel tidak mudah kusut dan mengumpal.

Bulu anjing pomarian bisa kusut dan tampilan menjadi terlihat kering, hal ini dimungkinkan jika jarang dimandikan.

Sebelum Anda memandikan anjing mini pom, selalu membiasakan untuk menyisir untuk mencegah bulu semakin kusut kena air.

Proses memandikan anjing pomeranian butuh sampo anjing. Sampo mereka berbeda dengan milik manusia.

Pengeringan bulu


Usai memandikan pomeranian maka pengeringan perlu sempurna, tidak meninggalkan sisa air atau sampo di permukaan kulit dan bulu.

Sisa air dan sampo di badan mereka beresiko penyakit kulit dan iritasi. Pada kondisi tertentu, air yang tinggal di dalam bulu membantu perkembangan jamur dan bakteri.

Jadi, pastikan pengeringan pada bulu dan badan sudah dilakukan. Anda bisa menggunakan pengering rambut untuk membantu pengeringan dengan semprotan rendah dan jarak yang terukur.

Potong bulu


Potong bulu anjing pomarian dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Namun model yang Anda miliki untuk mereka sangat terbatas.

Beberapa tenaga ahli bisa melakukan potong bulu anjing dengan melakukan cara profesional. Mereka punya banyak model untuk pomeranian dan Anda hanya memilih yang paling cocok.

Jika Anda melakukan potong bulu anjing pomarian tanpa bantuan orang lain. Saat memotong bulu, jangan menggunakan alat pencukur. Mantel bulu mereka memiliki dua lapisan dan bagian dalam ketika di cukur bisa merusak jaringan lapisan bawah.

Setelah potong bulu selesai, sikat mantelya untuk membersihkan sisa yang tertinggal di badan.