Header Ads Widget

}

10 Perbedaan Kucing Anggora dengan Kucing Persia

Hewan peliharaan kucing cukup populer di rawat oleh masyarakat, beberapa ras seperti trah kucing Anggora dan kucing Persia beberapa jenis peliharaan yang disenangi karena memiliki keunikan bulu yang panjang dan lembut, juga face menggemaskan ditengah keluarga. Selain ras kucing Persia dan Anggora, beberapa nama kucing yang diminati seperti kucing exotix, kucing Maine Coon, kucing Himalaya dan kucing Bengal.



Masyarakat yang belum mengenal masing-masing ras kucing yang disukai untuk dirawat, sebagian besar memelihara karena informasi dari teman dan melihat langsung.

Diantara kucing yang banyak dicari, kedua ras kucing peliharaan seperti Anggora dan Persia sudah terkenal ditengah penyayang kucing.

Hewan peliharaan ini mempunyai kemiripan memikat calon pemilik dan masyarakat yang melihatnya, yaitu bulu halus, indah dan panjang. Mereka dikenal dengan watak pembawaan lucu sehingga sebagian besar yang melihatnya tertarik mencari tahu informasi tentang kucing anggora dan kucing persia.

Ras kucing yang banyak jenisnya dan terdapat hampir di seluruh dunia, pecinta kucing atau catlovers mungkin saja tidak mengalami kesulitan mengenali ciri khusus anggora dengan persia. Masyarakat umum yang belum mengetahui perbedaan kucing Anggora dan Persia, terdapat beberapa perbedaan kucing anggora dengan kucing persia yang perlu Anda tahu, sebelum memutuskan mengadopsi salah satu diantara mereka.

Apa Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia ?


Mengetahui perbedaan kucing anggora dan kucing persia sangat penting untuk diketahui Anda. Sebelum memelihara kucing anggora atau persia, kedua ras kucing tersebut mempunyai beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Beberapa perbedaan kucing anggora dan persia dapat dikenal dari profil, ciri fisik, bobot tubuh, keindahan bulu, cara perawatan dan hal lainnya.

1. Sejarah

pxhere.com

Kucing Anggora dikenal dengan nama lain sebagai kucing ankara dari Turki. Ras kucing anggora turki tersebut merupakan trah kucing yang berasal dari domestik tumbuh dan berkembang biak secara alami dan tertua dari berbagai kucing yang ada disana. Kucing Anggora juga diyakini sebagai salah satu hewan kucing yang sudah ada sebagai ras yang tertua di dunia. Kehidupan asli kucing Anggora di Turki mengalami perubahan di beberapa organ tubuh, seperti bentuk bulu yang lebih panjang dibanding versi sebelumnya. Kebiasaan kucing Anggora menetap di lokasi suhu dingin dan pegunungan, membuat tubuh kucing Ankara meningkat menjadi semakin kuat terhadap hawa dingin yang dibantu pertumbuhan bulu yang panjang tersebut.

Sementara ada anggapan yang menerangkan asal usul kucing anggora yang pertama berasal dari wilayah Afrika yang hidup sebagai kucing liar yang dirawat oleh suku Tatar sehingga menjadi jinak. Beberapa kucing anggora yang jinak dibawa ke Turki oleh pedagang Mesir pada jaman peradaban Mesir Kuno, selanjutnya kucing anggora yang dibawa oleh pedagang Mesir di Turki, dikawin silangkan dengan ras kucing domestik dan terus berkembang dari seleksi alam di daerah pegunungan.

Kucing Persia diperkirakan berasal dari Iran dengan menggunakan nama Persia sebagai identitas ras mereka. Penelusuran informasi kehidupan mula-mula kucing Persia yang diperkirakan dari domestik, namun keberadaan munculnya pertama kali tidak begitu jelas. Nenek moyang pertama kucing Persia yang pernah didokumentasikan tahun 1620 saat itu berupa catatan impor kucing Persia dari Iran ke Italia oleh Pietro della Valle.
pixnio.com

Kucing Persia jaman modern yang mengalami perubahan bentuk tubuh dan bulunya, dianggap sudah tidak sama dengan kucing Persia asli pertama kalinya dan cenderung mirip dengan kucing yang berasal dari Eropa Barat.

Beberapa dokumentasi tentang kucing Persia secara profesional mulai terorganisir tahun 1871 bertempat di Crystal Palace, London, Inggris di organiser Harrison Weir.

Tahun 1889 di acara yang berbeda, yakni acara kucing Wier menerangkan beberapa perbedaan kucing anggora dengan persia dapat terlihat dibagian ekor yang lebih panjang, ketebalan bulu yang dominan hampir diseluruh tubuh kucing Persia dengan kekurangan pada pendengaran telinga yang kurang peka dibanding Anggora. Namun perbedaan yang diungkapkan tersebut tidak disepakati peternak dan cenderung mengatakan kedua ras kucing tersebut hampir tidak ada perbedaan.

Beberapa catatan lain yang pernah dipublikasikan perbedaan kucing Anggora dan kucing Turki, tahun 1909 buku berjudul Everybodys Cat karangan Dorothy Behil Champion merilis bulu Persia mirip wol dengan bentuk yang lebih panjang dengan tampilan bulu dibagian pundak dan kaki belakang yang lebih pendek.

Sedangkan ciri kucing Anggora memiliki bulu lebih lembut dan cenderung lebih panjang dengan perawakan berbentuk ikal dan bergelombang yang bisa dilihat pada bagian bawah tubuh. Perbedaan lain dibagian kepala kucing Anggora dan Turki adalah anggora lebih lancip dibagian muka dan Persia cenderung berbentuk bulat sehingga lebih mengemaskan.

2. Ciri khusus wajah

pixabay.com

Perbedaan lain yang terlihat dari kucing Anggora dan kucing Persia adalah ciri khusus wajah secara genetik. Wajah khas kucing Anggora lebih terlihat lancip jika Anda memperhatikan dari depan, bagian hidung lebih mancung condong lurus dengan telinga runcing panjang tegak lurus.

Sementara ciri khusus wajah kucing Persia tampak depan berbentuk bundar, padat dan berisi. Tampilan hidung kucing Persia yang mancung berbentuk bundaran, memberi kesan sebagai kucing ras impor jika dibandingkan dengan kucing Anggora.
pixnio.com

Bagian mata kucing ras Persia cenderung lebih lebar dan bulat, sedangkan ras Anggora terlihat menyipit dan lebih kecil seperti kucing domestik yang ada disekitar kita.

Jika membandingkan dua jenis kucing tersebut, maka perbedaan kucing Anggora dengan kucing Persia bisa dibedakan dari tampilan wajah.

3. Bentuk tubuh

pxhere.com

Perbedaan kucing Anggora dengan Turki didasarkan bentuk tubuh dapat berbeda-beda. Bentuk tubuh Anggora dan Turki yang ditentukan asupan makanan yang diterima mereka, namun beberapa perbedaan standar diantara mereka dapat dikenali dengan gemuk dan langsing, tinggi dan pendek.

Ukuran tubuh dari kucing Anggora ini bisa dibilang ideal, ia terlihat langsing kemudian ototnya tidak menonjol. Ia juga punya bentuk tubuh yang terlihat lebih tinggi.

Kucing Persia cenderung lebih gemuk dan berbobot lebih berat dibandingkan Anggora. Dengan perawakan tubuh tambun dan gemuk tersebut, ras Persia jika disejajarkan dengan Anggora maka terlihat lebih pendek. Kucing Persia dengan badan tidak tinggi dibanding kucing Anggora, bagian kaki juga lebih pendek dengan otot berisi padat untuk menopang berat badannya.


4. Bentuk dan ciri bulu

pexels.com

Sebagian besar ras kucing dianugrahi bulu dibagian tubuhnya, bulu kucing yang pendek atau panjang berfungsi menjaga permukaan kulit dari suhu yang tidak bersahabat. Beberapa jenis kucing ada juga yang tidak memiliki bulu sama sekali di tubuhnya, seperti ras kucing Sphinx.

Perbedaan kucing Anggora dengan kucing Persia dilihat bagian bulu, maka Anggora tampil dengan bulu kurang tebal. Uniknya, jika Anggora dan Persia dibandingkan dibagian ekor, bagian ekor kucing Anggora cenderung lebih panjang dan memiliki bulu tebal.



5. Bagian ekor

pxhere.com

Bentuk ekor kucing Anggora mudah diketahui dibandingkan ras kucing Persia. Dibagian ekor kucing Persia mempunyai buntut lebih panjang yang dilapisi bulu tebal seolah-olah seperti kemoceng.


6. Karakter


Karakter dua hewan peliharaan tersebut memiliki perbedaan yang cukup jauh. Perbedaan kucing anggora dan kucing persia berdasarkan karakter, maka kucing Anggora cenderung lebih aktif melakukan kegiatan seperti bermain, sehingga tampak memiliki banyak energik dan juga penurut jika mendapat pelatihan yang tepat.

Karakter lain dari ras kucing Anggora yang ramah dan cerdas, dikenal sebagai hewan peliharaan yang senang berinteraksi dengan manusia. Watak lain dari trah Anggora adalah ingin tahu yang tinggi untuk mengetahui hal yang terjadi di dekatnya.

Karakter kucing Persia dengan perbedaan cukup jelas adalah ras Persia cenderung lebih tenang dan manja.

Perbedaan kedua kucing tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat disesuaikan dengan pribadi calon pemiliknya. Catlovers yang mempunyai waktu tidak begitu banyak, cenderung memilih kucing Persia karena tidak begitu repot dalam merawat. Sedangkan kucing Anggora sangat cocok jika dirawat sebagai teman penghibur karena punya sifat ingin tahu yang besar dan lebih sulit untuk diam.



7. Kebiasaan umum


Perbedaan lain kucing Anggora dengan Persia dilihat pada kebiasaannya cukup mencolok. Kebiasaan sehari-hari kucing Anggora cenderung menyukai tempat datar seperti lantai atau di dekat pemilik.

Ras kucing Anggora punya kewaspadaan yang lebih tinggi dan terkadang bisa ada di tempat tinggi dengan cara memanjatnya.

Ras kucing Persia yang kalem dan terlihat lebih tenang, mereka cenderung santai dengan kegiatan yang tidak begitu aktif dibanding Anggora. Kebiasaan sehari-hari kucing Persia yang lebih senang diam dengan tidur-tiduran, dalam kegiatannya Persia terlihat lebih santai berjalan dan memiliki naluri manja yang tinggi.


8. Harga adopsi


Harga adopsi untuk kucing Kucing Anggora dengan kucing Persia memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Harga kucing Anggora dan kucing Persia bisa berbeda-beda yang dipengaruhi usia, jenis jantan dan betina, riwayat induk dan tambahan kelengkapan lain, seperti vaksinasi dan pelatihan khusus.

Harga kucing Anggora

Kucing Anggora Kecil Asli
3 Bulan
Rp 4.000.000 – Rp 8.000.000
Kucing Anggora Kecil Lokal
6 Bulan
Rp 600.000 – Rp 800.000
Kucing Anggora Kecil Asli
6 Bulan
Rp 12.000.000 – Rp 18.00.000
Kucing Anggora Kecil Lokal
6 Bulan
Rp 450.000 – Rp 800.000

Harga kucing Persia


Umur
Vaksin / Belum Vaksin
Harga
3 Bulan
Belum
Rp 650.000- Rp 750.000
3 Bulan
Sudah
Rp 950.000 – Rp 1.100.000
6 Bulan
Belum
Rp 1.00.000- Rp 1.700.000

6 Bulan
Sudah
Rp 2.100.000 -Rp 2.200.000



9. Perawatan kesehatan


Cara perawatan kucing oleh catlovers menentukan kesehatan bulu tetap indah dan halus, selain itu juga kucing yang dirawat dengan baik dapat menghindari berbagai penyakit yang rentan terjadi pada hewan. Vaksinasi secara teratur sesuai jadwal perlu dilakukan dengan mengunjungi dokter hewan di lokasi Anda.

Kesehatan secara umum untuk ras kucing Anggora cenderung kuat karena genetik nenek moyang memiliki kebiasaan lama hidup di pegunungan dan daerah dengan suhu dingin. Kucing anggora merupakan jenis ras kucing dengan daya tahan tubuh terbilang baik terhadap penyakit.

Kesehatan secara umum untuk ras kucing Persia dibandingkan kucing Anggora, mereka dinilai kurang kuat dan tidak sebagus anggora.

10. Grooming


Kedua ras kucing tersebut mempunyai bulu panjang yang perlu diberi perhatian khusus. Sebagai hewan peliharaan dengan ciri khusus pada bagian bulu, kesehatan bulu dan kulit dijaga tetap bersih dan terhindar dari kotoran yang menempel dibagian dalam tubuh mereka.

Perbedaan kucing Anggora dengan kucing Persia dalam grooming, umumnya kucing Anggora untuk grooming tidak begitu banyak perhatian khusus dibanding dengan Persia. Anggora lebih panjang waktunya meski tetap memerlukan perawatan untuk menjaga kesehatan bulu dan kulit tetap baik.