Header Ads Widget

}

Anjing Kawin, Persiapan yang Diperlukan

Beberapa pendapat tentang mengawinkan anjing bisa berbeda-beda antara pemilik hewan. Seorang bisa saja mengatakan anjing tidak perlu dikawinkan karena alasan repot mengurusi anaknya setelah lahir, sedangkan ada yang setuju bahwa anjing kawin perlu dilakukan untuk menjaga keturunan mereka.


pexels.com/cartier

Alasan lain di pikiran pemilik anjing saat tidak mengawinkan peliharaan, yakni rasa bersalah karena tidak memberi hak pada keturunan berikut. Sebagian pemilik hewan peliharaan (kucing dan anjing) lain justru mantap dengan menghindari proses perkawinan kucing untuk menjaga keseimbangan populasi.

cerita penelantaran hewan peliharaan pada kucing dan anjing oleh pemiliknya, merupakan contoh kecil alasan lain yang menguatkan catlovers tidak mengawinkan meong miliknya ditambah pertimbangan lainnya.

Lepas dari pro dan kontra tentang mengawinkan anjing dan hewan kucing, menurut saya dikembalikan pada penilaian Anda. Bagi pemilik yang berkeinginan mengawinkan anjing, tulisan berikut dapat menjadi penguatan anjing perlu dikawinkan.


Pengaruh Kesehatan dan Mental

pexels.com/makarand-sawant-1156575

Makhluk hidup mempunyai cara alami untuk berkembang biak dan melanjutkan garis keturunan dengan perkawinan atau cara lain. Anjing betina normal ketika dalam masa loop, pengaruh hormon tubuh rentan bagi kesehatan mereka.

Mengutip proplan.co.id saat mengunjungi Le’grande Shih Tzu, tempat breeding milik Ibu Yenny Lielyana di perumahan Citra Raya, Tangerang mengungkapkan, manfaat kesehatan setelah breeding secara spesifik tidak ada. Namun mengawinkan anjing dapat membuat mereka lebih tenang secara hormonal usai pemacakan.

Breeding merupakan perkawinan yang dilakukan oleh pemilik hewan untuk beberapa alasan tertentu, seperti program pemuliaan trah anjing tertentu dengan cara selektif memilih ras tertentu atau yang sudah disiapkan.

Tidak ada waktu yang pasti mengawinkan anjing mengalami loop sehingga siap menjalani pemacakan. Perbedaan kematangan alat reproduksi berbeda-beda dari trah anjing atau kucing, mereka dapat dikenali dengan beberapa tanda sebagai berikut:

1. Loop pada anjing umumnya terjadi pada pertama di bulan ke 6 rentang 12 bulan sejak kelahiran mereka. Proses tersebut akan berjalan sekitar 18 sampai 24 hari. Jika proses pemacakan dapat berhasil, disarankan terjadi pada hari ke -9 sampai hari ke -12 karena memasuki masa puncak kesuburan.

Anjing kawin terburu-buru tidak disarankan dalam usia muda di awal 6 bulan mereka. Breeding hewan anjing disarankan pada usia 2 tahun untuk menghindari resiko yang terkait medis dan mental perkawinan dini. Pada hewan umur muda, dimungkinkan induk menolak memberikan air susu induk karena masih muda.

Persiapan pemacakan perlu mempertimbangkan pemeriksaan kesehatan hewan, seperti pemberian vaksin lengkap dan obat cacing sehingga menjaga induk dan calon guguk yang akan dimuncul. Hal lain yang tak kalah penting adalah suplemen khusus hewan seperti vitamin sesuai saran dokter hewan, sehingga memudahkan proses pemacakan dan memperkuat fisik induk.


Persiapan Mengawinkan Anjing

pexels.com/chevanon

Mengawinkan anjing bisa berbeda-beda pada masing-masing trah. Ada ras anjing mudah berinteraksi dengan anjing lain, sehingga tidak memerlukan bantuan pihak lain untuk melancarkan proses kenalan hewan.

Sementara ada jenis anjing sukar berteman dan akrab dengan hewan lain, akibatnya pemiliknya atau pawang khusus anjing diperbantukan proses perkawinan tersebut.

Mengawinkan anjing memerlukan beberapa persiapan matang. Tujuannya untuk menjaga kesiapan mental dan kesehatan hewan tersebut, khususnya induk betina.

Persiapan mengawinkan anjing ini bisa berbeda tiap-tiap peternak, namun beberapa standar umum yang perlu Anda ketahui seperti:


1. Memilih pasangan


Memilih pasangan yang sesuai dan cocok untuk anjing, bukan persoalan yang sepele. Untuk hewan anjing betina, umur yang paling tepat untuk dikawinkan setelah 1 tahun lebih.

Beberapa pendapat menyebutkan, betina sebaiknya stop dikawinkan setelah memasuki umur 6 tahun lebih.

2. Kesehatan dan Keturunan


Kesehatan dan keturunan induk anjing dianggap penting lebih sebagian penyayang hewan. Seperti soal kesehatan, riwayat kesehatan induk yang mendapat perhatian adalah masalah gangguan mata, pendengaran, tulang, ginjal, jantung dan isu kesehatan lain.

Riwayat induk yang tidak kalah penting adalah tentang keturunan. Anjing ras khusus, umumnya memiliki surat seperti akte lahir yang menjelaskan silsilah induk asal. Surat lahir induk tersebut populer dengan nama Stamboom.

Stamboom atau disebut juga stambum, merupakan surat keterangan lahir untuk hewan yang dikeluarkan asosiasi hewan di masing-masing wilayah.

Stambum atau akte lahir anjing biasanya disahkan dan dikeluarkan oleh Perkumpulan Kinologi Indonesia (Perkin).

Peranan stambum bagi anjing, umumnya penting untuk pemilik hewan peliharaan seperti anjing untuk menjaga garis keturunan anjingnya, mengikuti kontes lomba anjing dan menaikkan nilai hewan itu sendiri.

Untuk mengurus stamboom anjing wilayah Jakarta, Anda dapat menghubungi alamat dibawah ini:

Perkin Pusat

Ruko Roxy Mas Block D3 No.28 Jln. KH. Hasyim Ashari, Jakarta Pusat 10150
Telp 021-63862089 / 6306905
Fax 021-6306904

Sumber

ikk.or.id/

proplan.co.id/tips-artikel/artikel-anjing/beberapa-hal-yang-harus-diperhatikan-saat-melakukan-breeding


Post a Comment

0 Comments