Header Ads Widget

}

Cara Memilih Sampo untuk Kucing

Kucing dan air seperti kutub bumi berlawanan arah, hewan peliharaan yang dikenal tidak suka dimandikan, pada situasi tertentu mereka harus mendapat bantuan pemilik untuk dimandikan.

PxHere.com

Perawatan anjing dan kucing dengan memandikan kucing dengan tepat akan membawa keuntungan seperti bebas cakaran di tangan, perlu memperhatikan beberapa tip memandikan kucing seperti persiapan sampo untuk kucing.

Cara Memilih Sampo untuk Kucing yang Cocok

Cara Memilih Sampo untuk Kucing

Menjaga kebersihan tubuh kucing tetap bersih dan tidak bau, peliharaan perlu dimandikan pada waktu tertentu. Kucing secara alami mempunyai kemampuan membersihkan dirinya, hewan akan menjilati bagian tubuh yang perlu mendapat penanganan.

Kemampuan kucing yang teliti merawat diri dengan menjilati dirinya sendiri ataupun anaknya, Anda dapat melihat mereka menjilati dari kaki hingga bagian ekor. Manfaat air liur kucing untuk dirinya, berfungsi sebagai pembersih alami dengan bantuan lidah seperti sisir untuk menghilangkan kotoran debu, minyak, dan bulu yang rontok.

Namun hewan tersebut tidak bisa melakukan secara utuh untuk dirinya, pada situasi tertentu yang tidak pernah Anda tahu, kucing peliharaan memerlukan bantuan manusia yang menyayangi mereka.

Beberapa kondisi khusus saat kucing memerlukan Anda untuk memandikan mereka, bisa terjadi dalam hal berikut:

1. Sesuatu yang menempel pada tubuh kucing sangat lengket dan mungkin dapat berbahaya saat terjilat dan masuk dalam tubuhnya. Zat tumpahan seperti cat, bahan kimia dari rumah tangga, getah karet, minyak ataupun tumbuhan beracun yang mungkin menempel di badan kucing.

2. Kemampuan kucing untuk membersihkan diri akan berkurang ketika tubuhnya mengalami berat badan yang tidak terkontrol. Kucing dengan tubuh ideal dibandingkan hewan obesitas, lebih mudah meliukkan tubuhnya didukung kelenturan badan yang ideal.

Beberapa kemampuan kucing mulai menurun jika berat badan terlalu gemuk, selain itu pengaruh alergi terhadap zat tertentu, usia kucing semakin tua merupakan alasan lain perlu dibantu oleh pemiliknya.

Memilih sampo untuk kucing

Cara Memilih Sampo untuk Kucing
Pixabay.com

Setelah kita tahu alasan kucing perlu dibersihkan, produk yang digunakan seperti sampo memiliki pengaruh penting. Cara memilih sampo yang tepat untuk kucing, dapat meningkatkan kesehatan kulitnya lebih terawat dan kekuatan bulu menjadi makin tebal, sehingga kilau tetap terawat dan tidak mudah rontok.

Cara memilih sampo untuk kucing, beberapa zat yang dapat merusak kesehatan bulu dan menimbulkan iritasi serta membuat kulit mereka kering perlu di hindari, seperti:


  1. Paraben
  2. Alkohol
  3. Fenol
  4. Permenthrin
  5. Piretin
  6. Piergroid


Penggunaan sampo sembarangan ketika memandikan kucing, akan terserap ke bagian kulit dan bulu hewan. Peliharaan Anda dimungkinkan menerima iritasi, peradangan dan penurunan kekuatan di bulu sehingga mudah rontok.

Seperti zat linalool dan D limonene yang memberi aroma segar dari bahan kulit jeruk, salah satu zat yang tidak baik untuk permukaan kulit kucing.

Sampo khusus untuk kucing tanpa wangi-wangian, merupakan jenis sampo yang paling aman untuk memandikan kucing. Aroma wangi-wangian dari sampo, dimungkinkan digunakan untuk memandikan kucing selama bebas resiko terhadap kulit dan bulu mereka. Beberapa produk sampo kucing yang wangi, juga menggunakan bahan sehat dan alami tanpa efek samping bagi kesehatan mereka.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan sebagai cara memilih sampo untuk kucing adalah usia. Sampo dengan kualitas terbaik untuk kucing dewasa, belum tentu aman ketika digunakan anak kucing.

Hal lain ketika memilih sampo kucing adalah kesehatan, kemungkinan riwayat alergi dan fungsi utama sampo.

Kucing berkutu akan berbeda memakai jenis sampo dibandingkan kucing sehat. Variasi sampo kucing bisa beragam sesuai kebutuhan hewan.

Sebelum memutuskan memilih salah satu sampo yang cocok, kunjungi dokter hewan agar mendapatkan sampo yang sesuai untuk situasi tertentu.

Beberapa jenis sampo untuk kucing

Cara Memilih Sampo untuk Kucing

Jenis sampo untuk kucing punya beberapa variasi dengan bahan tertentu. Misalnya kucing yang memerlukan perawatan pada bulu agar sehat dan berkilau, maka bahan utama sampo perlu terdapat keratin dan lanotin.

Bahan sampo yang diformulasi khusus seperti menyehatkan bulu, umumnya tingkat busa tidak begitu banyak namun efektif membuat kulit tetap sehat dan kekuatan mantel bulu ternutrisi dengan baik.

Jenis sampo lain yang cocok untuk kucing berbulu panjang dan mudah kusut adalah bahan sampo sekaligus memberikan conditioning. Bahan sampo kucing 2 in 1 yang dilengkapi conditioning, akan menjaga kesehatan kulit kucing yang sensitif dan meluruskan bulu hewan yang mudah kusut.

Sampo lain untuk kucing adalah jenis sampo untuk gangguan kesehatan, biasanya sampo kesehatan tersebut digunakan untuk kucing yang memiliki masalah kulit kering, sensitif dan mudah alergi jika memakai sampo yang lebih keras.

Sampo kesehatan untuk kucing dengan ciri-ciri kulit kering, alergi dan sensitif maka bahan sampo dengan oatmeal dan lidah buaya bisa dijadikan pilihan Anda.

Manfaat sampo untuk kucing bisa berbeda disesuaikan kebutuhan hewan peliharaan, beberapa nutrisi dan bahan dalam sampo dapat berkhasiat jika digunakan sesuai keperluannya.

Beberapa jenis sampo yang dijual, minimal mempertimbangkan hal berikut:


1. Mudah digunakan. Penggunaan sampo bisa berbeda. Sampo tertentu memerlukan air ketika dipakai, sementara ada sampo lainnya bisa berfungsi tanpa bantuan air.

2. Memperhatikan bahan dasar yang terdapat dalam sampo kucing.

3. Efek pemakaian jika digunakan untuk waktu panjang.

4. Mempertimbangkan riwayat kesehatan kucing yang mungkin alergi, perawatan khusus seperti menghilangkan kutu.

5. Bahan sampo aman untuk kucing dan kandungan pH sesuai dengan kebutuhan kucing.

6. Utamakan sampo tidak menyebabkan pedih dan perih ketika terkena bagian mata kucing.

7. Sesuaikan sampo berdasarkan usia kucing dan kemungkinan untuk kucing yang sedang mengandung atau menyusui.

Demikian artikel cara memilih sampo untuk kucing yang sesuai kebutuhan, semoga bermanfaat.

Sumber