Header Ads Widget

}

Cara Merawat Anjing Pitbull dan Keistimewaannya

Trah pitbull merupakan sosok ras anjing populer dipelihara manusia. Bagi orang yang belum kenal, kesan pertama muncul adalah tampangnya sangar dengan tatapan mata waspada mengawasi orang belum dikenal. Dari bentuk tubuh dengan otot berisi, hewan guguk ini seolah-olah menyeramkan.

Pixabay.com

Sejarah pembiakan pitbull tercatat lebih dari dua abad lalu, mereka berasal dari hewan kampung domestik Irlandia yang berhasil melewati seleksi oleh peternak pada saat tersebut. Mereka salah satu hewan berasal dari Irlandia dengan watak makhluk dikenal setia pada manusia ini termasuk hewan gigih dan tak kenal menyerah, menjadikan mereka salah satu anjing disegani. 

Kepribadian alam mereka memiliki insting kuat, hal lainnya pitbull tidak suka dengan intimidasi dilakukan makhluk lain yang belum dikenalnya sebagai bentuk dominasi.

Karakter anjing pitbull secara alami bukan ras anjing agresif tanpa perintah pemilik atau provokasi makhluk lain. Guguk tersebut hanya agresi saat dirinya merasa terancam dan berespons galak kepada orang asing dianggap membahayakan 'keluarga mereka'.

Ancaman dan tindakan provokasi dari pemilik atau makhluk lain, mereka akan merespon hal tersebut dengan agresi untuk menjaga sekaligus melindungi keluarganya.

Keistimewaan Anjing Pitbull

Pexel.com

Keistimewaan hewan berkaki 4 ini  jarang diketahui orang banyak. Mereka adalah hewan peliharaan dekat dengan manusia dan dapat disesuaikan dengan keinginan orang memelihara mereka.

Sifat ras pitbull secara umum mempunyai kesamaan dengan trah lain seperti Rottweiler, Doberman dan Herder. Mereka merupakan anjing patuh dengan pemiliknya.

Pelatihan anjing pitbull dimulai sejak kecil menentukan karakter mereka. Jika mereka dilatih dari kecil menjadi anjing galak untuk kebutuhan penjaga di rumah, maka watak mereka menjadi keras terhadap orang asing.

Berbeda jika anakan anjing dilatih sejak kecil untuk ramah dengan orang asing dan anak-anak, maka memasuki usia dewasa kepribadian mereka akrab dengan makhluk lain.

Keistimewaan ras ini sangat kompleks, selain dapat dilatih sebagai anjing pemburu, teman olah raga joging atau pelatihan multifungsi lain seperti menemani orang cacat, sakit serta makhluk lain bisa juga dilakukannya.

Ciri Fisik Anjing Pitbull

Pxhere.com

Ciri fisik ras pitbull adalah kepadatan otot mereka sangat padat dan kuat, bagian lain seperti persendian guguk ini juga elastis didukung dengan kekuatan produktivitas hormon adrenalin, sehingga butuh cara merawat anjing ini agak khusus.

Kelebihan hormon adrenalin dimiliki mereka merupakan hewan yang dapat berani dan dapat mengabaikan rasa sakit yang dirasakannya. Dalam pekerjaan berat seperti menarik berat, mereka mampu menarik berat lebih dari 100 kali berat tubuh mereka.

Kekurangan dari mereka adalah sifat cukup kompleks. Kepribadian mereka sangat beragam sehingga sulit dipahami dengan cepat. Pemilik perlu waktu panjang untuk mengerti sifat mereka.

Nama hewan peliharaan bagi penyayang anjing cukup terkenal, umumnya calon pemilik dan yang memelihara hewan ini menyukai pitbull karena tubuh kokoh, kekar dan pemberani.

Profil Umum

Pixabay.com

Profil umum pitbull menurut APBT (Asosiasi Pit Bull Terrier) terbagi karakter umumnya banyak terdapat di Indonesia. Jenis tersebut adalah staffordshire bull terrier dan american staffordshire terrier.

Profil sifat guguk ini agak berbeda dengan anjing galak kebanyakan, seperti herder rottweiler atau doberman, pit bull lebih cenderung netral serta wataknya tidak mudah tersinggung jika dianggap masih ditoleransi.

Profil umum mereka tenang dan tidak terlalu agresif, membuatnya lebih dipilih karena dapat disesuaikan dengan keperluan calon pemiliknya. Mereka bisa menjadi anjing ramah dengan anak kecil jika dididik sejak kecil.

Cara Pelatihan Pitbull Ramah dengan Manusia


Cara pelatihan anjing pitbull mempengaruhi sifat bawaan mereka ketika dewasa. Cara merawat anjing ras Pitbull dilatih sebagai penjaga, lebih cenderung agresif dibandingkan mereka diajarkan untuk memahami bahwa manusia adalah sahabat mereka.

Pitbull Anjing yang Mampu Mengontrol Emosi


Pitbull merupakan peliharaan memiliki kemampuan mengontrol emosi dengan baik. Sehingga anggapan menyebutkan mereka anjing galak kurang tepat. 

Mengutip riset Temperament Testing Society mempublikasikan tentang sifat dan watak ras beberapa anjing. Trah pitbull memperoleh skor tertinggi sebesar 83,9% dibandingkan Beagle sebesar 78,2% atau Golden Retriever sebesar 83,2%. Semakin tinggi skor riset menunjukkan kemampuan hewan ramah dengan manusia.

Ras anjing secara umum, dapat menjadi galak dan agresif jika masa pelatihan saat kecil dijadikan penjaga rumah. 

Jika anjing dididik sebagai hewan petarung, watak mereka menjadi kasar dan lebih agresif.

Banyaknya insiden seseorang digigit hewan ini di Amerika Serikat, salah satunya adalah kompetisi diselenggarakan oleh sponsor menyediakan hadiah fantastis jika menjadi pemenang. Hampir separuh guguk di sana dilatih menjadi anjing petarung untuk mengikuti lomba dan kompetisi.

Tanda Umum Fisik versi APBT


Trah pitbull bisa bervariasi karena perkawinan silang dengan ras hewan lain, namun berdasarkan data versi APBT, tanda umum fisik pitbull diakui adalah :

1. Kepala

Bagian kepala masuk kategori besar dengan cenderung tidak proposional karena terlihat lebih berat, sehingga dianggap tidak memiliki kesesuaian dengan ukuran tubuh mereka. Tampak depan di bagian moncong mereka tidak terlalu panjang dan bagian kepala lebih melebar.

2. Mulut dan Hidung

Bagian mulut pitbull yang diakui APBT adalah gigi berjarak dekat dan proporsional bagian dalam. Ketika gigi diperhatikan, bentuknya tajam dan dominan runcing. Sementara itu bagian hidung memiliki lubang yang besar.

3. Mata

Bagian mata hewan ini relatif lebih menjauh dari tengkorak dalam dengan ukuran mata sedang. Warna mata trah pitbull bisa berwarna apa saja. Jika mata anjing berwarna biru, hal tersebut menandakan gangguan perlu ditangani oleh Anda karena ada masalah kesehatan di bagian matanya.

4. Berat dan Tinggi

Berat badan pitbull dewasa sekitar 15 kg - 27 kg dan tinggi 18 - 21 inc untuk jenis jantan. Anjing betina dewasa dapat mencapai berat 13 - 22 kg dengan tinggi 17 - 20 inc.

Cara Merawat Anjing Pitbull

Pixabay.com

Cara merawat anjing kelompok ini agak berbeda dengan anjing secara umumnya. Mereka memiliki sifat aktif dalam kesehariannya sehingga memerlukan banyak pergerakan pada waktu tertentu dan cara memandikan pitbull di waktu tepat.

Ras pitbull jika dibiarkan tidak aktif dalam waktu lama beresiko membuat mereka menjadi malas dan rentan obesitas. Anda perlu mengajak mereka berjalan atau membakar kalori dengan jadwal tertentu.

Selain mengetahui cara memandikan pitbull, perawatan harian dengan mereka saat berjalan di lingkungan masyarakat umum perlu tali pengaman untuk memudahkan Anda mengontrol peliharaan tidak menganggu manusia atau menggigit makhluk lain. 

Salah satu peralatan pengikat aman untuk anjing seperti collar and leash.

Desain collar bisa beberapa jenis, seperti dikalungkan langsung di bagian leher atau bahu dan jenis collar and lesah untuk anjing lainnya dikalungkan di badan menyatu dengan bahu. Penggunaan pengikat yang sesuai diperlukan untuk menjaga tali tidak menjerat dan membuat sakit leher hewan.

Cara merawat anjing pitbull untuk kesehatan mereka tidak begitu rumit dalam keseharian, selain mengajaknya berjalan untuk membakar kalori dan menyalurkan keaktifan, makanan diperlukan mereka dengan nutrisi seimbang.

Jenis makanan yang sesuai untuk mereka seperti terdapat kandungan karbohidrat, vitamin dan protein lainnya.

Jika Anda belum terbiasa membuat makanan khusus pitbull, pilihan lain adalah membeli di toko online, pet shop dan supermarket khusus menjual kebutuhan hewan.

Makan dengan Tempat Khusus


Memberi makanan kepada hewan memerlukan tempat khusus untuk mereka. Selain untuk memudahkan pelatihan sejak kecil, membiasakan anjing makan dengan tempat makan khusus akan menandakan untuk mereka di mana tempat makan yang diperbolehkan.


Tempat makan baik untuk anjing sebaiknya berbahan dasar stainless atau bahan utama lain memudahkan Anda untuk membersihkan dan mencuci setelah selesai digunakan. Menjaga kebersihan tempat makan sangat penting untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri yang diakibatkan udara atau sinar matahari.


Tempat Tinggal


Pitbull adalah anjing perlu tempat cukup luas sebagai media mereka tinggal. Aktivitas dan interaksi anjing tersebut tergolong tinggi, kurang cocok di rawat di ruangan sempit.

Anjing pitbull biasanya memiliki tempat khusus seperti pekarangan atau halaman luas yang memudahkan pergerakan mereka dan jangan lupa adalah tempat tinggal nyaman untuk mereka.

Tempat tinggal seperti kandang untuk mereka perlu disiapkan dengan tepat. Sebisa mungkin gunakan tatakan atau perlindungan pada kandang pitbull tidak terkena panas matahari langsung dan hujan.

Beberapa cara merawat kesehatan mereka adalah membuang kotoran ada dalam kandang secara rutin.

Cara Memandikan Anjing Pitbull


Cara memandikan pitbull lebih mudah dibandingkan ras anjing dengan bulu panjang. Guguk ini tidak memerlukan intensitas tinggi dalam kebersihan tubuh dengan cara dimandikan.

Sebagai hewan dengan bulu pendek (sekali), cara memandikan pitbull dengan jadwal tidak terlalu sering. Untuk waktu mandi yang tepat, Anda perlu menyesuaikan kebutuhan atau membuat jadwal secara khusus.

Cara memandikan pitbull sangat simpel, yakni menggunakan zat anti kuman dan bakteri yang disarankan dokter hewan atau menggunakan sampo khusus jika menginginkannya.

Meski tidak memerlukan perawatan berlebihan saat dimandikan, namun mereka tetap memerlukan mandi untuk mencegah kutu, bakteri atau kuman yang menempel sehingga membuat penyakit kulit di permukaan tubuhnya.

Harga Anjing Pitbull

pxhere.com

Harga anjing pitbull bisa berbeda-beda tiap wilayah dan negara. Hal lain yang tak kalah penting sebelum membeli anjing pitbull adalah akte lahir ( stamboom) yang dimilikinya, ciri fisik, prestasi di kontes atau kompetisi dan beberapa penilaian lainnya.

Berikut harga anjing pitbull dalam kisaran rata-rata yang ingin doglover ketahui:

Harga Kisaran Anjing Pitbull
Harga dalam Rupiah
Pitbull non stamboom
Rp 1.200.000 - Rp 1.500.000
Pitbull stamboom
Rp 3.000.000
Pitbull rahang otot besar
Rp 4.000.000
Pitbull breed quality
Rp 10.000.000
Pitbull anakan stamboom
Rp 2.500.000