Header Ads Widget

}

Ciri-ciri Kucing Cacingan dan Mengatasinya, Menularkan pada Manusia?

Seekor kucing bisa cacingan disebabkan oleh parasit yang paling umum pada hewan peliharaan seperti cacing gelang dan cacing pita. Kedua cacing tersebut tidak membawa kebaikan untuk kucing, bahkan kucing yang menderita cacingan akan menyebabkan kesehatan dan perilaku peliharaan menurun dan tidak normal, dari kelesuan hingga perubahan kebiasaan makan, saat tidak terobati maka beberapa resiko lain seperti penurunan berat badan dan gejala lainnya.

Untungnya mudah untuk mengawasi gejala cacingan pada kucing. Jika Anda tahu ciri-ciri kucing cacing sebagai tanda paling umum, Anda bisa membawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan sehingga resiko lain bisa dicegah.

Ciri-ciri Kucing Cacingan

Bagaimana mengetahui kucing sedang cacingan?

Ciri-ciri kucing cacingan membawa penurunan kesehatan dan perubahan umum terhadap kebiasaan mereka.

Pemilik kucing dapat mengenali ciri-ciri kucingan cacingan dengan mengamati beberapa hal seperti:

1. Penurunan berat badan dan perut kembung

Kucing yang mengalami cacingan seringkali masih memiliki minat makan yang baik, tetapi sebagai perawat perlu memperhatikan ketika hewan makan dalam jumlah normal, mereka terlihat kehilangan berat badan.

Ciri-ciri kehilangan berat badan meski jatah makanan normal, maka perlu ke dokter hewan untuk memastikan kemungkinan tersebut. Hal lainnya dapat Anda ketahui, jika penurunan berat badan disertai dengan perut yang seolah-olah kembung atau bengkak maka kemungkinan kucing mengalami tanda gejala cacingan.

2. Bulu menjadi kasar

Gejala lain ciri-ciri kucing cacingan adalah memperhatikan bulu mereka. Kucing yang menderita cacingan maka perubahan kondisi bulu mereka mungkin menjadi kasar dan tidak memancarkan kilau seperti biasanya. Ini bisa menjadi gejala kucing mengalami cacingan jika disertai dengan perut buncit.

3. Perubahan kebiasaan

Ciri-ciri kucing cacingan yang lain adalah memperhatikan kemungkinan kebiasaan peliharaan berubah. Kucing yang menderita cacing an kemungkinan akan mengalami perubahan kebiasaan buang air besar, terutama diare.

Jika Anda mendapati gejala tersebut, penting untuk membawa kucing mengunjungi dokter hewan.

4. Terlihat jejak cacing

Anda mungkin menemukan cacing atau sebagian cacing tanpa sengaja terlihat di kotoran kucing. Cacing tersebut juga dapat terlihat di sekitar pembuangan feses atau mungkin di tempat tidur mereka.

Cacing bisa beragam ukuran. Kucing umumnya mengalami masalah pada cacing gelang. Cacing gelang dapat tumbuh hingga sepanjang 10cm biasanya berwarna putih.

Sedangkan untuk cacing pita terlihat seperti seuntas tali warna putih kecil.

5. Kucing tampak lesu
kucing yang memiliki masalah terhadap cacingan seringkali lesu. Mereka mungkin kekurangan energi atau tampaknya kurang tertarik pada hal-hal yang biasanya membuat mereka senang melakukannya.

Cara Mengobati Ciri-Ciri Kucing Cacingan

cara mengobati kucing cacingan


Kucing bisa cacingan dan memerlukan perawatan untuk mencegah resiko yang lebih besar. Mengabaikan kucing yang cacingan akan menyebabkan ketidaknyamanan pada hewan peliharaan lain, mereka bisa berpindah dari satu kucing ke kucing lainnya.

Ada beberapa cara untuk mengobati ciri-ciri kucing cacingan, namun sebelum menggunakan cara pengobatan tersebut, Anda perlu tanyakan ke penyayang hewan kucing yang lebih mengerti atau konsultasi dengan dokter hewan. Apakah trah kucing Anda cocok dengan pengobatan tersebut.

Cuka sari apel


Cuka sari apel membantu menyembuhkan masalah kucing yang cacingan. Campurkan 1-2 sendok teh cuka sari apel dalam segelas air hangat. Berikan pada kucing sekitar satu minggu.

Bawang putih

Bawang putih dengan multi-nutrisi akan membantu kucing menyingkirkan cacing di perut. Bawang putih mengandung komponen antiseptik dan antibakteri yang sangat baik. Cara menggunakan bawang putih dengan menghaluskan dan dicampur dalam makanan hewan peliharaan Anda.

Biji labu


Biji labu bisa bermanfaat mengobati ciri-ciri kucingan cacingan. Caranya tumbuk halus atau giling biji labu menjadi bubuk halus dan tambahkan bubuk itu ke makanan kucing Anda secara teratur.

Kucing Cacingan bisa Menular Pada Manusia

kucing cacingan bisa menular ke manusia

Mengutip petshed.com, ciri-ciri kucingan cacingan perlu segera mendapat perawatan dan pengobatan. Pemilik hewan peliharaan dimungkinkan terinfeksi cacing yang berasal dari kucing dalam bentuk penyebaran kotoran ketika bersentuhan.

Beberapa ciri kemungkinan infeksi terjadi pada manusia seperti rasa gatal, permukaan kulit menjadi merah hingga peradangan yang menyebabkan bengkak.

Sumber
Sumber