Header Ads Widget

}

Cara Memandikan Kucing agar Tidak Berontak

Pernahkah Anda melihat seekor kucing mendatangi genangan air atau bermain di tengah hujan secara spontan?

Jika Anda pernah melihat kejadian diatas, ketika kucing secara sadar menghampiri sumber air untuk hal tertentu tanpa dipaksa, hal berbeda akan dialami pemilik kucing atau Catlovers saat ingin memandikan hewan peliharaannya.

Ya, kucing bisa menjadi galak dan berontak seperti ingin menghindar ketakutan yang besar dalam pikiran mereka. Padahal, mereka bisa berinisiatif pergi ke kamar mandi sekedar melihat air yang tumpah karena wadah penampung penuh.


Tetapi cobalah cara memandikan kucing di dalam air dan Anda mungkin mengalami versi sendiri dari adegan mandi yang seperti film horor.

Mengapa Kucing Berontak saat Dimandikan?


Tidak ada yang benar-benar tahu pasti alasan kucing tidak suka dimandikan. Beberapa anggapan mengira, nenek moyang kucing tinggal di daerah kering dan memiliki pola kehidupan dengan paparan air yang relatif sedikit. Dengan kata lain, kucing tidak mewarisi perilaku yang terkait dengan air seperti hewan lain seperti unggas.

Uniknya, salah satu ras kucing jenis langka seperti Van Turki , dijuluki sebagai “Kucing Berenang” karena memiliki kecenderungan hewan kucing ini memiliki ketertarikan pada air. Konon di Turki, tempat mereka berasal, trah kucing Van Turki akan berenang menyambut kapal nelayan yang datang setelah berlayar mencari ikan di pantai selama beberapa hari sebelumnya.


Perlukah Kucing Mandi?


Kucing adalah hewan peliharaan yang rewel dan memperhatikan kebersihan tubuh mereka sendiri. Menurut beberapa perkiraan, ras kucing dapat menghabiskan hingga 40 persen dari waktu setiap hari untuk membersihkan diri. Untuk alasan ini, Anda mungkin menilai bahwa cara memandikan kucing dianggap tidak perlu, jika mengetahui hal tersebut.

Namun cara memandikan kucing adalah salah satu cara ketika kucing tidak bisa merawat diri dengan baik. Misalnya, kucing saat masih kecil dan kucing yang sudah tua, cenderung mudah mengalami rematik sehingga jarang membersihkan diri, dan tidak sedikit juga terdapat trah kucing yang kelebihan berat badan sehingga mengalami kesulitan mencapai bagian-bagian tertentu dari tubuh mereka. Kucing yang sakit atau stres dan depresi juga dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk perawatan dan menjaga kebersihan tubuhnya dengan cara menjilat.

Jika kucing Anda sudah tidak bisa menjaga kebersihan dirinya seperti biasanya atau mengalami penurunan dalam menjaga diri agar tetap bersih, kunjungi dokter hewan untuk kondisi medis yang mungkin bisa dialami kucing. Dalam beberapa kasus, dokter hewan dapat merekomendasikan sampo obat untuk membantu mengobati kondisi tertentu, seperti penyakit kulit yang disebabkan karena alergi dan infeksi bakteri atau ragi.

Bagaimana Membuat Kucing Suka Mandi?


Berikut adalah beberapa tips dan trik cara memandikan kucing yang bisa Anda coba untuk membantu kucing agar suka mandi.

1. Mulai membiasakan cara memandikan kucing saat mereka masih berstatus anak kucing. Semakin cepat terbiasa dengan memperkenalkan kucing dengan air, semakin besar kemungkinan ia akan menoleransi air ketika sudah dewasa dan lebih tua.

2. Membuat jadwal yang tepat dan menyesuaikan kebutuhan untuk kucing dalam periode tertentu untuk masuk bak mandi sekitar 1 minggu sebelum memandikannya . Tempatkan dia di ruang dengan mainan atau hadiah sehingga membuat hubungan positif dengan lokasi.


3. Biarkan dia bermain di air . Setelah dia merasa nyaman dengan bak cuci atau bak mandi, isi dengan satu atau dua inci air dan mengapungkan beberapa mainan di permukaan. Dorong dia untuk berada di tepi dan bermain dengan mainan yang tersedia.

4. Jika Anda belum pernah tahu cara memandikan kucing, minta bantuan orang lain untuk memandikan kucing dengan memakai cara yang tidak kasar. Misalnya memegangnya dengan lembut saat memberikan keramas dan bilas.

5. Hindari untuk memberi komentar dengan suara yang tidak di perlu, berbicaralah dengan lembut dan tenang. Jika alat semprot untuk memandikan kucing terdengar berisik, sebaiknya Anda membilas kucing dengan cangkir air sebagai gantinya.

6. Siapkan handuk, spons, dan sampo kucing terlebih dahulu , sehingga kucing tidak harus basah lebih lama dari yang diperlukan. Jika harus menggunakan blow dryer, pilih pengaturan rendah yang lebih tenang dan menjaga semburan suhu tetap nyaman bagi kucing sehingga mencegah resiko luka bakar.

Jika kucing masih tidak suka waktu mandi, minta dokter hewan untuk merekomendasikan shampo tanpa air - atau groomer profesional. Anda akan berakhir dengan kucing yang bersih tanpa membuatnya trauma atau diri sendiri.

Post a Comment

0 Comments