Header Ads Widget

}

Mengenal Tanda Kucing Cacingan dan Cara Mengobati Dengan Tepat

Penyakit cacingan pada kucing dapat bermuara pada kutu dan beberapa penyebab lain. Beberapa jenis cacing yang rentan menjadi penyakit pada kucing, diantaranya cacing pita, cacing hati, cacing tambang dan cacing gelang.
Pxhere.com

Penyakit cacingan pada kucing dapat menular dan mengkontaminasi makhluk di sekitar mereka, demikian juga dengan sesama kucing, baik usia anak dan dewasa.

Beberapa penyebab kucing cacingan sebagian besar bersumber pada 4 hal, diantaranya: kutu, telur cacing dan cacing dewasa, penularan lewat hewan terinfeksi, kondisi lingkungan kucing yang kotor.

Tanda Kucing Cacingan


Kucing menderita cacingan dapat dikenali secara fisik dan perubahan aktivitas harian mereka. Meski kucing adalah hewan yang cerdas merawat dirinya sendiri, namun di beberapa kasus kesehatan kucing perlu pertolongan manusia, khususnya pemelihara kucing sendiri.

Dikutip dari petmed.com mengungkapkan laporan yang dipublikasikan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Cornell bahwa sekitar 45 persen kucing telah ada parasit usus sebagai penyakit tanda kucing cacingan.

Kabar kurang baik bagi kesehatan kucing tersebut sebaiknya tidak membuat Anda panik, karena tanda kucing cacingan mudah di sembuhkan secara tuntas dan aman untuk hewan.

Untuk mengetahui tanda kucing cacingan atau tidak, beberapa gejala yang dialami kucing dapat Anda jadikan acuan, terlebih jika indikasi tersebut tidak satu tanda saja. Semakin banyak tanda kucing cacingan, kecenderungan terinfeksi cacingan semakin besar juga.


  • bulu terlihat kusam
  • perubahan warna gusi
  • pup yang dikeluarkan terlihat cacing
  • muntahan terdapat cacing
  • selera makan menurun
  • organ perut membesar
  • aktivitas kucing makin lesu 


Bulu Kucing Menjadi Kusam 


Bulu kucing sehat sejatinya berkilau jika pemilik hewan pelihara memperhatikan, jika muncul masalah warna bulu kucing menjadi kusam. Hal ini dapat menjadi tanda tanda kucing cacingan karena mengalami masalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh.


Warna Gusi Kucing Berubah Putih


Warna gusi kucing normal memiliki tampilan merah segar seperti warna gusi manusia. Tanda kucing cacingan cenderung mengalami perubahan gusi menjdi keputih-putihan atau pucat.


Pup Kucing Terdapat Cacing


Pup kucing yang sakit karena cacingan dapat Anda kenali dari warna dan adanya cacing di dalamnya. Tanda kucing cacingan seperti mudah sakit dan mengalami diare, jika mereka membuang kotoran cenderung gelap menandakan kucing mengalami masalah dengan cacing tambang.


Muntahan Kucing ada Cacing


Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk melihat kucing cacingan adalah muntahan mereka. Kucing yang mengalami masalah kesehatan terinfeksi cacing, dimungkinkan pada muntahan mengeluarkan cacing.

Selera Makan Kucing Menurun


Kucing dapat kehilangan selera makan jika cacingan. Umumnya kucing sehat makan seperti biasa dengan porsi yang sudah Anda siapkan.

Selera makan menurun tanda kucing cacingan  karena beberapa hal, seperti rasa sakit di bagian perut, usus dan bagian dalam tubuh kucing.

Perut Kucing Menjadi Besar


Perut kucing menjadi besar bisa akibat kehamilan atau faktor penyakit seperti cacingan. Jika kucing cacingan, indikasi perut besar cenderung dialami karena pembengkak.

Aktivitas Kucing Makin Lesu 


Pergerakan kucing sehat sebagian besar jarang diam dan melakukan hal yang disukainya. Sementara kucing cacingan akibat penyakit, mereka mengurangi aktivitas bergerak dan memiliki untuk diam.

Untuk mendapat kepastian tentang kucing cacingan atau tidak, Anda perlu berkunjung ke dokter hewan melakukan pemeriksaan medis, sehingga bisa mencegah hal fatal lain yang menjadi resiko.

Cara Mengobati Kucing Cacingan


Cara mengobati tanda kucing cacingan  akan efektif dan tingkat kesembuhan lebih tinggi jika Anda berkunjung ke Dokter hewan. Tindakkan medis rumah sakit hewan atau pihak terkait lain, biasanya memulai pemeriksaan fisik, pemeriksaan sampel pup, atau cara lain mengirim sampel kotoran kucing ke laboratorium untuk hewan agar memeriksa secara lengkap. Pada kondisi tertentu, Dokter hewan dapat memeriksa darah kucing untuk mengeluarkan hasil medis tentang kesehatan kucing.

Jika dokter hewan menentukan kucing cacingan, tindakan lanjut dalam penanganan kucing menderita cacing adalah merawatnya dengan beragam obat yang aman dan sangat efektif untuk jenis cacing bersangkutan.

Obat-obatan diberikan dokter tersebut sebagian besar jenis obat melalui mulut berdasarkan jenis cacing, tingkat infestasi dan hasil pemeriksaan pup. Misalnya, anak kucing dapat dirawat untuk penyakit cacing gelang sekali sehari selama tiga hari, dengan dosis berulang tiga minggu kemudian dan mungkin tiga bulan kemudian.

Untuk memperoleh obat-obatan yang sesuai, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter hewan dengan menanyakan lebih lengkap cara pemakaian tanda kucing cacingan dengan obat cacing dan efek yang mungkin timbul dari pemakaiannya.