Header Ads Widget

}

16 Ras Anjing Lucu dan Menggemaskan

Beragam hewan di dunia dekat kita mempunyai kehebatan dan keunikan berbeda antara satu dengan yang lain. Seperti yang terdapat pada anjing, trah anjing besar dan ras anjing kecil, suatu waktu Anda mungkin saja rindu dan membutuhkan kehadiran mereka.

Tempat tinggal manusia yang tak sama, sebagian besar banyak tinggal di rumah susun atau seperti apartemen memiliki keterbatasan ruangan dan waktu lebih untuk merawat anjing. Anda mungkin lebih banyak bekerja di luar apartemen sehingga merasa sulit untuk memelihara anjing besar yang memerlukan tempat lapang untuk bermain dan melatih mereka, sehingga memilih ras anjing kecil.

Keinginan memelihara hewan peliharaan seperti kucing dan anjing menjadi populer di sebagian kehidupan masyarakat. Misalnya anjing yang Anda pelihara di rumah, selain berfungsi ganda menjaga keamanan dan kenyamanan, kelebihan lain bagi perawat anjing adalah teman dalam suasana suka dan duka.

Ras anjing kecil dan imut mempunyai daya tarik yang cukup besar di kalangan penyayang hewan. Sebagian penyayang hewan yang memelihara anjing imut dan menggemaskan tersebut, sering memangku dan mengendong ras anjing kecil.

Kelebihan trah anjing kecil yang mudah dibawa dan di ajak berpergian oleh pemiliknya menjadi alasan khusus banyak dicari.

16 Ras Anjing Kecil yang lucu dan menggemaskan


Sedikitnya ada 16 jenis anjing kecil yang bisa Anda pilih untuk dirawat di lingkungan tak terlalu luas, trah anjing kecil ini diantaranya:

  1. Yorkshire Terrier
  2. Chihuahua
  3. Schipperke
  4. Malta
  5. Bulldog Prancis
  6. Pomeranian
  7. Pug
  8. Greyhound Italia
  9. Papillon
  10. Miniatur Schnauzer
  11. Toy Pudel
  12. Toy Fox Terrier
  13. Chin Jepang
  14. Dachshund
  15. Miniature Pinscher
  16. Shih Tzu


Yorkshire Terrier

Pexels.com

Ras anjing Yorkshire Terrier adalah hewan mungil yang masuk dalam kategori toys. Karakter anjing yorkshire terrier gemar bermain dan bersahabat dengan manusia, bahkan anak-anak senang dengan mereka karena tidak agresif dan ramah.

Ras Yorkshire Terrier memiliki berat badan tidak berat, mereka secara umum tidak melebihi 3 kg. Ciri khusus lain yang dimiliki anjing jenis yorkshire terrier, pada bagian bulunya panjang dan lebat.


Chihuahua

Pixabay.com

Chihuahhua adalah ras anjing kecil yang memiliki sejarah berasal dari Meksiko, Chihuahua. Tanda yang menjadi ciri-ciri ras Chihuahua di bagian warna, sebagian besar dibalut warna putih dominan, hitam, kecoklatan, dan warna lain.

Ras anjing chihuahua adalah gemar bergerak dan aktif melakukan aktivitas dengan lincah. Karakter lain yang dimiliki chihuahua seperti dikenal sigap dan waspada, mereka sayang dengan pemiliknya.

Berat badan Chihuahua sebagai anjing kecil tidak lebih dari 2 hingga 3 pon yang cocok berada di lingkungan tidak besar seperti apartemen. Watak alami anjing Chihuahua senang bersosialisasi dan kurang suka sendiri dalam waktu yang lama.

Anjing Chihuahua merupakan hewan yang menyayang pemiliknya dan ideal bersama orang lanjut usia dan anak-anak. Hal lainnya yang perlu Anda ketahui tentang watak Chihuahua, mereka cenderung tidak menyukai orang asing yang belum dikenal.

Schipperke

Pinterest.com

Ras anjing kecil lain adalah Schipperke yang populer dengan panggilan "kapten kecil". Panggilan tersebut diberikan pada trah Schipperke karena memiliki sifat alami selalu waspada dan mempunyai energi dalam bersahabat dengan pemilik serta melindungi orang yang disayangi.

Sayangnya, sifat trah Schipperke yang baik sebagai pemburu pada hewan pengerat, mereka tidak disarankan di kurung karena bisa memicu naluri pemburu tak terkontrol.

Sejarah perkembangan anjing Schipperke bertubuh kecil ini bukan sembarangan karena berasal dari keturunan Leavenaar. Ras anjing Leavenaar di habitat aslinya membantu manusia sebagai anjing gembala ternak atau ikut serta dalam berburu hewan kecil. Kelebihan inilah membuat mereka sering menjadi penjaga dan pengawas terhadap hama tanaman.

Berat badan anjing Schiperke bisa mencapai 8 kg untuk dewasa dan tinggi sekitar 13 inch. Ciri khusus yang menjadi tanda ras Schipperke adalah bentuk badan persegi dengan kepala bulat yang menyerupai rubah dengan sorot mata tajam.

Malta

Pixabay.com

Ras anjing Malta atau populer juga dengan sebutan Maltese merupakan anjing peliharaan dengan tubuh kecil. Nenek moyang ras Malta berasal dari wilayah Mediterania Tengah, Maltese atau kepulauan Malta.

Berat badan anjing malta tidak lebih dari 4 kg untuk jenis rata-rata, merupakan trah peliharaan yang dikenal manja pada pemiliknya. Mereka senang mengikuti pemiliknya dan membutuhkan perhatian lebih karena senang bersosialisasi dengan orang lain.

Watak alami ras Malta sebagai ras anjing kecil cenderung aktif dan bisa tinggal di tempat tinggal tidak luas seperti apartemen dan townhouse, sehingga cukup populer di pelihara di tengah kota.

Sebagian besar pemiliknya sering menyebutkan, anjing Maltese kurang cocok berada di tempat yang menginginkan suasana tenang, mereka cenderung sering menggonggong dan menyalak tanpa henti.

Ciri khusus yang menjadi tanda anjing Malta adalah bagian bulu mereka terlihat panjang dan lebat dengan kecenderungan halus berkilau. Secara umum, warna yang dominan terlihat pada anjing Malta, mereka berwarna putih, cream dan warna lainnya.


Bulldog Prancis

Pixabay.com

Ras anjing tubuh imut dan menggemaskan yang lain adalah Bulldog Prancis. Berat badan Bulldog Prancis yang berada kisaran 9 hingga 10 kg untuk jenis dewasa, menjadi anjing kecil dikenal ramah dan menghibur.

Anjing bulldog Prancis adalah hewan yang butuh perhatian dan tidak bisa ditinggal lama dalam kesepian, hal ini karena sifat alami Bulldog Prancis yang ramah dan senang bersosialisasi dengan manusia dan hewan lain.

Bulldog Prancis ras anjing kecil yang jarang menggonggong dan menyalak karena tidak agresif, umumnya gonggongan anjing ras ini sebagai tanda kedatangan orang lain karena wataknya yang waspada dan peka.

Anjing ras Bulldog Prancis sering dipelihara pemilik yang bertempat tinggal di lingkungan apartemen.

Pomeranian

anjing pomeranian, minipom kecil dengan wajah seperti rubah
Pixnio.com

Ras anjing Pomerania atau anjing pom salah satu hewan peliharaan kecil dengan berat kisaran maksimal 4 kg ukuran dewasa dengan tinggi maksimal sekitar 20 cm. Nenek moyang trah anjing pom yang berasal dari Jerman, yakni propinsi Pomerania.

Beberapa ciri khusus yang identik pada anjing pomeranian ebagai ras anjing kecil adalah warna dominan banyak terlihat berbulu putih, kecoklat-coklatan, kehitaman, abu-abu hingga berwarna jingga.

Anjing pom yang termasuk jenis anjing kecil ini mempunyai watak keterbukaan dengan manusia dan hewan lain, senang bermain serta dikenal memiliki kepandaian sehingga tidak sulit mendapat pelatihan.


Pug

anjing pug memerlukan perawatan tambahan dengan waktu latihan dan bermain
Pixabay.com

Anjing kecil Pug memiliki rata-rata berat badan kurang dari 6 kg untuk usia dewasa. Ras pug memiliki ciri khusus yang mudah dikenali dari tampilannya, yakni bagian depan yang pesek dengan tampilan kulit berlipat seolah-olah berkerut.

Ras anjing kecil pug merupakan salah satu hewan yang populer di pelihara karena ramah dan senang bermain di lingkungannya. Pada moment tertentu, pug terkadang bisa keras kepala dan nakal untuk menjahili.

Kelebihan yang dimiliki anjing pug adalah sifat alami mereka peka dan mengenal dengan baik nada suara pemiliknya. Mereka bisa tahu suasana hati pemiliknya dengan mendengar suara.

Disarankan calon pemilik anjing pub adalah sosok tenang dan memiliki ketegasan, karena hewan ini sangat patuh dan mendengar aba-aba pemiliknya.


Greyhound Italia
Pxhere.com

Anjing ras Greyhound Italia memiliki watak pendiam dan tingkat sensitif tinggi pada orang tak dikenal. Mereka cenderung merasa takut.

Berat badan ras anjing kecil Greyhould Italia sekitar 6 hingga 10 pon ukuran dewasa dengan ketinggian maksimal 15 inch. Sebagai hewan peliharaan kecil, Greyhould Italia sering menemani anak-anak hingga manula dengan tempat tinggal tidak terlalu luas seperti apartemen.

Ras Greyhound Italia memiliki sifat alami yang tenang dan ramah pada manusia dan hewan lain, mereka cenderung pemalu dan mudah takut mendengar suara bernada tinggi seperti mendengar suara keributan dan cekcok.

Papillon
anjing Papillon peliharaan cerdas dan mudah dilatih
Pxhere.com

Berat badan ras anjing kecil jenis Papillon ukuran dewasa maksimal mencapai 5 kg dan masuk kategori anjing kecil. Mereka berasal dari perkawinan campuran habitat asli dengan anjing Jepang. Diperkirakan nenek moyang mereka berasal dari Perancis, Belgia dan Spanyol.

Karakter alami ras Papillon dikenal pandai menerima pelatihan dan mudah bersahabat dengan manusia. Trah peliharaan ini punya ciri khusus pada warna yang dominan terlihat seperti putih, coklat, hitam dan campuran warna lain.


Miniatur Schnauzer
Pixabay.com

Anjing Miniatur Schnauzer berasal dari Jerman dengan berat badan maksimal antara 5 hingga 8 kg dan tinggi antara 30 hingga 36 cm. Ras Miniatur Schnauzer adalah salah satu ras anjing kecil populer yang mendapat pengakuan dunia.

Anjing Miniature Schnauzer dikenal hewan ramah dan pintar dengan postur tubuh proposional, mereka memiliki ciri khusus pada bagian bulu panjang di kaki dan tampilan alis dan kuping memanjang.


Toy Pudel
anjing toy pudel unik dengan mantel bulu keriting dan berat yang ringan
pixabay.com/Alexas

Ras anjing kecil yang banyak dipelihara adalah toy pudel. Anjing toy pudel memiliki berat badan rata-rata kisaran maksimal 4 kg memiliki beberapa varian yang hampir mirip, yakni 3 jenis didasarkan pada standar, miniatur dan toy.


Toy Fox Terrier
Anjing Toy Fox Terrier ada 2 kelompok berbeda berdasarkan mantel bulu
Pxhere.com/CC0 Domain Publik

Ras anjing kecil lucu dan menggemaskan lainnya adalah Toy Fox Terrier. Di Amerika, Fox Terrier dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan bulu, yakni berbulu kasar (Wire) dan berbulu halus dan pendek (Smooth). Perbedaan jenis Fox Terrier diyakini karena nenek moyang mereka punya silsilah yang berbeda. Wirehaired berasal dari ras Wales, Derbyshire dan Durhan. Jenis anjing Fox Terrier berbulu pendek dan halus berasal dari trah Bull Terrier, Greyhound dan Beagel.

Karakter dasar toy fox terrier sebagai anjing kecil dikenal memiliki kecerdasan dan senang bergaya di depan manusia. Ras fox terrier selalu waspada dengan dukungan rahang yang kokoh dibanding anjing lain, memiliki sejarah panjang sering membantu manusia saat berburu karena kelebihannya pada pengelihatan dan penciuman yang tajam.


Chin Jepang
anjing Chin Jepang hewan peliharaan ramah dengan hewan lain
pixabay.com/GoranH

Anjing Chin Jepang atau populer dengan The Japanese Chin dikenal ras anjing kecil. Sekilas punya kemiripan dengan ras pomeranian, yakni berbentuk rubah.

Anjing Japanese Chin sosok hewan peliharaan yang gampang bergaul dengan semua orang, bahkan mereka bisa berteman dengan seekor kucing.

Anjing Japanese Chin berkembang biak di kawasan Asia, mereka sudah lama menjadi pendamping manusia sejak kurang lebih seribu tahun.

Anjing ini sangat populer di istana kekaisaran Cina dan Jepang, Anjing ini memiliki tampilan yang elegan dan mungil, sangat ringan serta sangat menyenangkan, cocok sekali buat kamu yang menginginkan sosok teman yang bisa di bawa kemana-mana, Ras anjing kecil ini cenderung tidak begitu banyak makan

Dachshund
Anjing Dachshund unik karena tubuh panjang hingga ke belakang
Pxhere.com/CC0 Domain Publik

Ras anjing imut dan lucu dipelihara di rumah adalah jenis ras Dachshund. Berat badan trah Dachshund maksimal tidak melebihi 15 kg dengan ciri unik pada bagian kakinya terlihat pendek dan bagian badan memanjang ke belakang.

Menjadi ras anjing kecil, Dachshund merupakan ras kaki pendek dan badan panjang yang sering dianggap seperti berang-berang.

Warna dominan yang banyak dimiliki anjing Dachshund, umumnya kecoklat-coklatan, hitam, cream dan warna yang berkesan gelap lain.

Karakter alami ras Dachshund adalah anjing yang cerdas dan sayang kepada pemiliknya. Kelebihan lain anjing ini adalah senang bermain dan lincah, namun terkadang memiliki sifat keras kepala.



Miniature Pinscher

Anjing miniature Pinscher memiliki berat kurang dari 5 kg
Pxhere.com

Miniature Pinscher merupakan ras anjing tubuh kecil dengan berat badan kisaran tidak lebih dari 5 kg ukuran dewasa. Umumnya tinggi badan Miniature Pinscher tidak lebih dari 30 cm.

Mereka hewan cerdas dengan tumpukan energi yang siap merespon persahabatan dengan makluk lain. Karakter alami dari bawaan Miniatur Pinscher senang bermain dengan manusia.



Shih Tzu

Anjing Shih Tzu memiliki tubuh kecil, hewan ini lucu dengan mantel bulu panjang
pixabay.com/Kaz

Berat badan ras Shih Tzu maksimal rata-rata mencapai 8 kg. Trah ini memiliki sejarah nenek moyang berasal dari Tiongkok dan menjadi anjing yang tertua sebagai ras anjing kecil.

Ciri khusus yang mudah terlihat pada anjing Shih Tzu adalah tampilan uniknya dengan bulu panjang menjuntai hingga mencapai lantai, bahkan saking panjang dan lebat bulu anjing Shih Tzu, telinga dan badannya sebagian besar ditutupi bulu panjangnya.

Banyak ras anjing peliharaan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pemiliknya saat memelihara, ada yang menginginkan sebagai penjaga rumah, teman hiburan hingga tertarik karena melihat tubuh anjing kecil imut dan menggemaskan.

Hal terpenting lain yang tak bisa disepelekan calon pemilik sebelum memelihara dan adopsi anjing, memberikan waktu dengan perawatan berkala seperti vaksinasi, mengobati dan mencukupkan kebutuhan nutrisi anjing juga penting. Demikian 16 ras anjing lucu dan menggemaskan yang bisa Anda pilih jika berniat mengadopsi hewan sebagai peliharaan.