Header Ads Widget

}

Kenali Beberapa Tanda Kucing akan Melahirkan

Periode kucing memasuki minggu kehamilan hingga proses kelahirannya merupakan hal yang jarang diketahui pemilik kucing. Pemilik hewan peliharaan yang menantikan waktu kelahiran anak kucing, mengharapkan kucingnya dapat melahirkan dengan nyaman dan baik. Banyak persiapan yang Anda lakukan untuk menyambut waktu yang tak terduga.

Masa kehamilan kucing yang diperkirakan sekitar 64 hingga 67 hari atau kisaran 9 mingguan, beberapa tanda ini sering dijadikan tanda waktu kelahiran tidak lama lagi, seperti:

  1. pembesaran kelenjar susu di minggu akhir waktu kehamilan
  2. induk kucing mulai gelisah mencari lokasi tenang
  3. suhu tubuh kucing akan menurun
  4. perubahan kebiasaan harian
  5. selera makan menurun pada minggu terakhir
  6. makin sering mengeong
  7. peningkatan kebiasaan menjilati bagian tubuh


Pembesaran Kelenjar Susu di Minggu Akhir Waktu Kehamilan


Pemilik hewan peliharaan yang menantikan kelahiran kucing sebagai anggota keluarga akan melihat beberapa perubahan mendasar kucing yang aan melahirkan. Beberapa tanda memasuki kelahiran kucing tersebut, seperti pembesaran kelenjar susu menjelang minggu terakhir masa mereka mengandung.

Beberapa perkiraan lainnya adalah tubuh induk kucing mulai memproduksi susu, sekitar 2 hari sebelum melahirkan.

Induk Kucing Mulai Gelisah Mencari Lokasi Tenang


Sebagian besar induk kucing yang akan melahirkan menunjukkan tanda yang tak biasanya. Tempat atau lokasi yang selama ini digunakan untuk tidur, jika dinilai mereka tidak tenang dan aman, maka sang induk akan mencari lokasi lain yang lebih aman dan tenang menurut mereka.

Pemilik kucing yang mengetahui hal tersebut, bisa membantu memindahkan sarang sebelumnya di tempat baru yang dipilihnya. Kriteria yang umum dipilih induk sebagai tempat sebelum melahirkan, biasanya ruangan tidak berisik dan hangat serta sirkulasi udara baik dengan aliran angin tidak besar.

Pemilik kucing perlu mengetahui, anak kucing yang baru lahir sampai usia anakan, masih belum bisa mengatur suhu tubuhnya. Hal penting lainnya adalah tempat yang akan digunakan terbebas dari akses hewan lain.

Suhu Tubuh Induk Kucing akan Menurun


Suhu tubuh kucing yang normal adalah 37,7º hingga 39,1ºC. Kucing yang memasuki hari terakhir hingga dua hari sebelum melahirkan, beberapa diantaranya sering mengalami suhu yang menurun. Suhu penurunan induk kucing yang hamil tersebut berkisar antara 37,2º.

Perubahan Kebiasaan Harian


Melihat sesuatu yang tak biasa pada kucing Anda saat hamil ? Hal ini bisa menjadi tanda masa kelahiran akan segera terjadi. Umumnya perubahan kebiasaan kucing tersebut bisa Anda lihat pada perilakunya dalam minggu terakhir.

Perubahan perilaku induk di minggu terakhir cenderung makin tertutup pada kontak makhluk lain secara umum. Mereka lebih memilih untuk bersembunyi atau berada di tempat yang jarang dilalui manusia atau makhluk lain. Perubahan perilaku lainnya, kucing yang akan melahirkan tampak lebih gelisah.

Selera Makan Menurun pada Minggu Terakhir


Menurunnya selera makan kucing dapat disebabkan berbagai faktor, salah satunya adalah masa kehamilan. Sementara ada beberapa ras kucing lain, selera makan justru meningkat pada minggu terakhir sebelum kelahiran.

Induk kucing yang mengalami penurunan selera makan pada minggu terakhir sebelum melahirkan, kemungkinan disebabkan gejala kecemasan dan kemungkinan lainnya, seperti berat dan bobot janin mempersempit perut induk kucing.

Makin Sering Mengeong

Kebiasaan lainnya yang bisa saja tampak pada kucing yang akan melahirkan adalah tanda pada kebiasaan mengeong mereka semakin sering terdengar. Sikap lainnya yang ditunjukkan kucing tersebut, mereka bisa terlihat gelisah dengan perpindahan mondar mandir tanpa alasan yang jelas.

Peningkatan Waktu Menjilati Bagian Tubuh

Beberapa kucing sering terlihat lebih sering menjilati bagian tubuhnya. Hal tersebut diakibatkan cairan atau ketuban yang mungkin sudah terbuka.

Post a Comment

0 Comments