Header Ads Widget

}

Perawatan Kucing Persia Peaknose Agar Bulu Indah Untuk Pemula

Perawatan kucing Persia Peaknose bisa dibilang gampang-gampang susah, terlebih lagi jika kucing persia tersebut menjadi andalan mengikuti kontes dan perlombaan ras tertentu.

Calon pemelihara hewan dan penyayang kucing (cat lovers) yang belum familiar merawat kucing dan berniat adopsi Persia Peaknose, tulisan berikut ini sangat tepat diketahui. Sehingga beberapa info diharapkan bermanfaat, khususnya bagi Anda yang baru pertama kali memeliharanya.
Pixabay.com

kucing Persia Peaknose merupakan salah satu jenis kucing yang cukup populer di rawat sebagian besar cat lovers. Kelebihan kucing fenomenal dengan ciri khusus yang mudah Anda kenali seperti berkaki pendek, hiung pesek dan bulu panjang dan terkesan lebat.

Kucing ras Persia Peaknose sebagai ras kucing persia ini punya beberapa trah lainnya seperti persia himalaya hingga persia medium. Mereka punya ciri khusus yang tak sama dengan kucing umumnya.

Cara Merawat Kucing kucing Persia Peaknose


Perawatan kucing Persia Peaknose sudah pasti tidak bisa disamakan dengan ras kucing kampung atau jenis kucing yang bebas di luar rumah.

Kucing kucing Persia Peaknose punya kekurangan pada daya tahan tubuh yang mudah sakit dan alergi. Hal lain yang perlu diperhatikan jika Anda ingin merawat ras persia, perawatan kucing Persia Peaknose sebagian besar ada pada bagian bulu.

Perawatan kucing Persia Peaknose dengan ciri bulu panjang dan lebat, hal ini perlu mendapat perhatian ekstra bagi calon pemiliknya. Seperti:


  1. Tempat tinggal atau kandang
  2. Makanan khusus
  3. Kebersihan
  4. Grooming dan Membersihkan
  5. Sarana dan Prasana
  6. Tempat tidur
  7. Jadwal Pemeriksaan Kesehatan


Tempat tinggal atau kandang


Tempat tinggal atau kandang untuk ras persia adalah hal penting yang tak bisa di sepelekan. Penggunaan kandang untuk kucing persia peaknose yang sempit, kelembaban tinggi dan bahan mudah kotor harus dihindari.

Hal lainnya jika Anda ingin membuat kandang untuk ras persia adalah pergantian udara dengan dilengkapi ventilasi.

Kandang khusus kucing perlu ditempatkan di suhu yang hangat dan sinar matahari jika memungkinkan.

Kebersihan kandang kucing persia peaknose juga menjadi prioritas. Kandang yang kotor dan jarang dibersihkan, rentan menimbulkan alergi, penyakit kulit hingga bulunya mudah rontok.



Makanan khusus


Perawatan kucing persia peaknose yang lainnya adalah faktor makanan. Makanan untuk ras persia tidak bisa sembarangan.

Agar kebersihan dan kesehatan kucing selalu terjaga, Anda bisa memakai tempat makan khusus kucing yang mudah diperoleh di toko online, pet shop dan penjual perlengkapan untuk hewan.

Grooming dan Membersihkan


Grooming atau memandikan kucing pada ras tertentu sangat penting menjaga kebersihan tubuhnya. Kucing secara alami mampu membersihkan dirinya tanpa bantuan manusia, dalam situasi khusus seperti terkena tumpahan cairan, bermain di aera kotor dan kondisi khusus yang membutuhkan bantuan, maka grooming atau memandikan kucing tidak bisa diabaikan.

Untuk memandikan kucing, perhatikan tip yang tersedia agar berlangsung nyaman saat dilaksanakan.

Jika Anda termasuk sibuk atau tidak memiliki waktu untuk memandikan kucing, jasa grooming di kota-kota besar bisa Anda manfaatkan secara optimal.

Catatan:


Memandikan kucing yang belum pernah mandi atau belum terlatih perlu keahlian. Hal tersebut bertujuan mencegah kekacauan dan kemungkinan Anda terluka cakaran kucing.


Sarana dan Prasana


Sarana dan prasarana pendukung yang tak boleh dilupakan calon pemilik kucing persia peaknose seperti aksesoris mainan, pasir, dan kotak penampung pasir.

Pasir yang disarankan untuk kucing persia adalah sejenis yang bisa menyerap bau-bauan kotoran, pasir ini bukan seperti pasir yang kita kenal untuk bahan bangunan rumah atau tempat tinggal.

Kotoran yang tertinggal dalam kotak penampung berisi pasir khusus kucing, harus rutin dibersihkan minimal 3 kali untuk sebulan.

Tempat tidur



Perawatan kucing persia peaknose yang perlu dilengkapi adalah tempat tidur. Trah kucing persia sebagai jenis kucing yang pendiam dan kurang gerak, umumnya banyak berdiam sambil tidur-tiduran di kandang atau tempat tidur.

Kasus untuk kucing persia tersebut, sebaiknya menggunakan alas yang empuk dengan diameter tidak terlalu tinggi.

Jadwal Pemeriksaan Kesehatan


Cara merawat kucing persia lain bagi pemula adalah memperhatikan kesehatan secara menyeluruh. Meski kucing Anda terlihat tidak sakit atau mengalami gangguan, kebiasaan yang harus dijaga calon pemilik kucing dan cat lovers adalah menjemur kucing pada waktu khusus.

Pemberian vaksinasi di waktu tertentu dan memberi obat cacing yang direkomendasikan dokter hewan, kucing persia peaknose Anda terbebas dari virus dan cacing yang beresiko menganggu sistem pencernaan.


Post a Comment

0 Comments