Header Ads Widget

}

Karakteristik Anjing dan Ciri Ras Kampung Bagus Dipelihara

Sejarah


Anjing yang Anda kenali saat ini, salah satu ras mamalia yang sebagian besar telah berproses dikembang biakan oleh manusia dari kehidupan awalnya. Dengan cara perawatan secara langsung oleh manusia, anjing yang diadopsi dari kehidupan liar atau alam bebas mereka untuk menjinakan dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan sehari-hari manusia.

Cara yang populer manusia memodifikasi karakteristik yang masih liar anjing, beberapa hewan tersebut diadopsi dan dirawat untuk pemuliaan. Cara seleksi watak, kemampuan, kecerdasan, hingga sifat tertentu, memunculkan ras yang punya perbedaan dengan generasi sebelumnya.

Ras Anjing Kuno


Seperti halnya dengan anjing, hewan yang ber domestikasi dari serigala yang ada pada 15.000 tahun lalu, beberapa catatan dokumentasi tentang penemuan fosil dan tes DNA, bahkan bisa lebih lama lagi tentang domestikasi anjing.

Ragam ras anjing yang terus berkembang melalui berbagai proses berlangsung lama tersebut, Anda dapat menemukan ratusan ras anjing dengan berbagai pengelompokan tertentu sesuai variasi.

Salah satu contoh dari seleksi spesifik pemuliaan ras anjing, mulai warna bulu yang multi color hingga bentuknya.

Asal usul anjing domestik yang diperkirakan sudah jinak dan menjadi peliharaan masyarakat pada zaman sebelum, diperkirakan dari Asia Timur. Beberapa ras anjing kuno yang populer hingga sekarang, diantaranya :


  • Samoyed, Siberian Husky dari Siberia
  • Alaskan Malamute dari Alaska
  • Akita, Shiba Inu dari Jepang
  • Chow Chow, Peking, Shih Tzu, Shar Pei, Tibetan Terrier, Lhasa Apso dari Cina
  • Basenji dari Kongo
  • Afghan Hound dari Afganistan
  • Saluki dari Mesir/Persia


Karakteristik Anjing secara Umum


Karakter anjing dinilai unik dibanding dengan hewan lain yang menjadi peliharaan manusia. Anjing memiliki sifat sosial berinteraksi dengan manusia. Meski terdapat perbedaan bahasa untuk komunikasi, hewan ini mengerti saat bermain, dilatih atau menjaga tugas yang diberikan pemilik.

Salah satu kelebihan yang dimiliki anjing adalah sifatnya yang setia pada manusia, khususnya yang merawat dan memelihara mereka dengan kasih sayang. Berbagai cerita nyata yang dilakukan ras hewan peliharaan ini mengabdi untuk manusia, mulai kisah perlindungan terhadap hewan buas yang mengancam dan membahayakan pemilik dan anggota keluarga, mengungkapkan rasa sedih saat pemiliknya meninggal dunia hingga menjadi teman dalam keluarga.

Salah satu kehebatan yang dimiliki anjing lainnya adalah kecerdasan. Ras anjing merupakan salah satu hewan yang cerdas untuk menerima pelatihan dan instruksi sesuai trah masing-masing anjing.

Kecerdasan mereka ini sering digunakan masyarakat yang hidup di desa yang menggembalakan ternak atau ikut serta saat mencari hewan perusak di hutan.

Sisi lain dari kecerdasan anjing, mereka banyak membantu orang cacat jika mendapat latihan yang sesuai untuk menuntut manusia mendeteksi berbagai keadaan dan lingkungan saat berjalan.

Beberapa Alasan Anjing Dipelihara


Manusia yang memelihara dan merawat anjing secara tidak langsung menaruh harapan pada mereka.

Didalam kehidupan masyarakat kota, anjing cenderung dipelihara menjadi teman sampai penjaga di rumah. Bahkan di tempat tertentu, mereka sering diandalkan untuk mengendus zat atau bahan berbahaya hingga misi sosial pencarian korban tertimbun runtuhan bangunan.

Ketajaman indera penglihatan, pendengaran, hingga penciuman anjing salah satu kriteria yang unggul sehingga dilatih untuk membantu manusia.

Ciri Anjing Kampung Bagus

Sumber https://pixabay.com

Anjing kampung sering disepelekan sebagian masyarakat karena dianggap tidak memiliki sifat unggulan seperti ras anjing unggulan.

Karakteristik hewan anjing secara keseluruhan masih identik dengan nenek moyangnya, walau ada beberapa perubahan dalam sifat, tubuh, dan perawakan lainnya.

Meski demikian, anjing kampung ternyata tidak mengecewakan dan bisa diandalkan jika Anda mengenal ciri-ciri anjing kampung yang bagus untuk dirawat dan dipelihara.

Beberapa ciri anjing kampung yang bagus seperti:

1. bentuk telinga tegak ke atas
Kelebihannya, hewan anjing yang punya telinga tegak mampu mendengar suara dan gerakan lebih peka dibanding anjing telinga menjuntai.

2. Berjalan didepan Pemilik
Anjing yang punya sifat melindungi pemilik atau anggota keluarga, saat dibawa berjalan dengan tali kekang sering berjalan di depan pemegang tali.

Post a Comment

0 Comments