Header Ads Widget

}

5 Tanda Kucing Hamil dan Masa Kehamilan Kucing

Masa kehamilan kucing sejak diketahui terisi janin anak kucing, rata-rata berlangsung antara 58 sampai 67 hari. Jika membandingkan masa tersebut pada manusia, terjadi sekitar minggu ke 37, Bayi manusia yang lahir sebelum masanya (minggu ke 37) disebut prematur dan kelahiran lebih dari 42 minggu dianggap postmature dalam dunia kesehatan.
(Sumber vet02ugm.wordpress.com)

Masa Kehamilan Kucing

(Sumber hewantumbuhandotcom.wordpress.com)

Masa kehamilan kucing dapat terjadi kapan saja, jika hewan peliharaan Anda belum di sterilisasi. Kucing betina yang tercampur dengan jantan, dimungkinkan memiliki anak 2 x dalam setahun.

Umur anak kucing sekitar 4 bulan pun bisa membuatnya menjadi ibu baru di usia minimal bulan ke 6 berikutnya. Masa kehamilan kucing rata-rata 63 hari atau 9 minggu. Anda akan melihat beberapa tanda yang terjadi pada kucing, perubahan fisik dan perilaku.

Tanda kucing hamil

(Sumber Pxhere.com)

1. Tempat menyusui membesar


Tempat yang menjadi anak kucing mendapatkan air susu induk kucing, antara di minggu ke 3 akan semakin membesar sampai batas normal. Selain itu warna semula yang terdapat di bagian tersebut akan menjadi gelap.

2. Induk kucing sering mual


Mual yang terjadi pada kucing hamil seperti yang dialami manusia. Beberapa dari kucing di awal kehamilan, keseringan mual dan muntah pagi hari.

3. Perut membesar


Tanda positif yang mengikuti kucing hamil adalah perut yang makin membesar. Proses membesar perut induk kucing mulai terlihat antara 30 hari dan Anda akan mendapatkan berat badan kucing semakin berat.

4. Gelisah mencari tempat persalinan


Masa kucing hamil akan memperlihatkan perilaku gelisah dengan respon mondar-mandir seperti kebingungan. Pada perkiraan minggu ke 2, induk mulai mencari sarang untuk digunakan tempat bersalin.

5. Induk kucing lebih sering mengeong


Kucing sedang hamil, kemungkinan berubah perilakunya. Ia dapat sering mengeong, manja dan terlihat tidur makin sering lagi. Hal lainnya yang akan terjadi, selera makan kucing hamil akan meningkat untuk mencukupkan nutrisi dan gizi bagi janin dan dirinya sendiri.

Setelah mengenali 5 tanda kucing hamil dan Masa Kehamilan Kucing, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda.