Header Ads Widget

}

5 Fakta Tentang Kucing Kaki Pendek, Ras munchkin

Kucing kaki pendek mulai dikenal masyarakat pecinta kucing sekitar tahun 1991 dan terus mencapai kepopuleran hingga saat ini. Pada awal mereka mendapat pengakuan resmi oleh dunia hewan, beberapa ahli kucing memprediksi hewan tersebut mungkin menjadi ras kucing berumur pendek juga. Menurut beberapa pendapat menilai, kucing munchkin kurang cocok dipelihara karena harapan hidupnya akan cepat karena struktur genetiknya tidak biasa, yakni dibagian kaki.


5 Fakta tentang Munchkin


Sampai saat ini nama kucing munchkin boleh dikatakan berbeda dengan anggapan sebagian para ahli kucing. Mereka makin terkenal sebagai hewan yang penyayang dan pintar. Sedikitnya ada 5 fakta kucing kaki pendek munchkin yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Sejarah
Pemberian nama munchkin untuk kaki pendek ini terinspirasi karakter munchkin dalam "The Wizard of Oz" ketika guru sekolah Louisiana menemukan dua ekor kucing sedang hamil. Ciri-cirinya berkaki pendek saat bersembunyi di bawah mobilnya, sekitar tahun 1980 an.

2. Sempat muncul tahun 1950-an
Kucing kaki pendek sempat muncul di Rusia tahun 1950 an dengan nama "Stalingrad Kangaroo Cat" yang memiliki perilaku senang berada di pangkuan majikan. Keunikan kakinya yang pendek dapat memberi mereka kemampuan berdiri menggunakan kaki belakangnya sebagai tumpuan yang mirip dengan anjing. Struktur kaki belakang mereka cenderung lebih panjang dibandingkan bagian kaki depan.

3. Ras Munchkin ada 3 kelompok

Sumber yoadit.com
Secara keseluruhan mereka terkenal memiliki kaki pendek, namun tidak semua ras munchkin memiliki ukuran yang sama dan dapat berbeda-beda antara kelompok mereka. Pecinta hewan mengenal dan membagi mereka pada 3 kelompok berdasarkan ciri kakinya, yaitu standar, super pendek, dan rug hugger (paling pendek).

Umumnya persilangan kucing munchkin murni jika tidak terdapat gen heterozigot, sebagian besar akan lahir dalam kondisi kaki standar panjang. Dominasi gen autosomal yang dimilikinya saat lahir membuatnya menjadi kucing berkaki pendek.

4. Kucing munchkin memiliki usia sama seperti ras lain

Penilaian tentang usia kucing munchkin yang kemungkinan tidak bisa berumur panjang, sempat mengkhawatirkan masyarakat yang ingin merawat mereka. Ahli kucing menyebutkan, kucing kaki pendek ini diduga mengalami masalah pada tulang belakangnya sehingga membuat kakinya pendek. Observasi yang dilakukan masyarakat pada umur mereka membuktikan, ras munchkin yang paling yang ada sejak 1995, belum pernah terdeteksi kelainan atau masalah sendi dan tulang seperti yang dibayangkan sebelumnya.

Hal yang membedakan kucing munchkin dengan ras hewan sejenisnya, yakni pada kemampuan melompat tinggi yang kurang tinggi pada kucing kaki pendek tersebut. Hal ini karena pengaruh dukungan kaki kucing lainnya cenderung lebih panjang.

5. penyakit umum yang bisa dialami munchkin

Sumber caramerawatpeliharaan.blogspot.com
Secara umum kesehatan kucing munchkin baik dan hampir tidak memiliki perbedaan dengan hewan peliharaan kucing lainnya. Berdasarkan klaim asuransi hewan Nationwide 2015, mereka bisa mengalami penyakit umum sebagai berikut: Hipertiroidisme, Pankreatitis
Uremia (gagal ginjal), Penyakit saluran kemih bagian bawah (FLUDT) dan Lymphosarcoma (kanker pada jaringan limfoid).