Header Ads Widget

}

6 Cara Membedakan Kucing Persia dengan Mixdome

Cara membedakan kucing persia yang asli atau murni cukup penting diketahui calon pemilik yang akan membeli mereka. Ada banyak penawaran dalam komunitas hewan peliharaan khususnya kucing, dimana peternak atau sosok yang memiliki kucing jenis Persia, tidak ragu menuliskan hewannya ras murni atau asli.

Jika Anda satu dari sekian banyak penyayang ras Persia namun belum pernah tahu seperti apa cara membedakan kucing Persia sesuai yang dikatakan atau jenis mixdome-campuran, artikel ini sangat pas untuk dibaca sampai habis.

Secara keseluruhan cara membedakan kucing Persia dengan mixdome- rasa campuran dapat menyulitkan calon pembeli, terlebih minim informasi tentang hewan peliharaan tersebut. Mungkin, hal ini bisa juga terjadi dan dirasakan masyarakat yang sekedar hobi merawat jenis kucing lucu. Anda boleh saja menyebutkan sudah merawat jenis Persia bertahun-tahun lamanya, namun saat seseorang bertanya tentang ras murni, akan sulit menjelaskannya karena variasi dan ciri mereka sering tercampur dan membingungkan.

Agar lebih sederhana dan memudahkan calon pemilik yang benar-benar dapat menemukan kucing Persia diantara sekian banyak ras kucing, ada beberapa hal bisa dijadikan dasar awal sebagai cara membedakan mereka.

1. Karakteristik Fisik


Langkah pertama untuk mengenali kucing Persia asli maka perlu mengenali beberapa karakteristik yang dimiliki mereka. Terdapat kriteria yang bisa ditemukan dari situs terpercaya secara khusus mengidentifikasi masing-masing ras hewan.Oleh karenanya, temukan terlebih dahulu kemana rujukan Anda untuk dijadikan sumbernya.

Salah satu karakteristik wajah kucing Persia dengan mixdome yang umum adalah bentuknya terlihat bulat dengan pipi yang terisi penuh seperti hewan yang gemuk. Tanda lain terlihat pada bagian hidung mereka yang kecil dan sering dibilang pesek dengan pola agak mendongak ke atas.

Hal lainnya yang paling mudah menemukan mereka ketika Anda melihat matanya cenderung besar dan ekspresif dan mungkin berwarna biru, kuning, atau campuran keduanya. Sementara kuping mereka cenderung sangat kecil berbentuk bulat.

Pada wajah mereka beberapa memiliki pola cenderung wajah rata, namun tidak bisa dijadikan patokan khusus karena da beberapa variasi lain dapat berbeda.

2. Mantel bulu


Hewan peliharaan ini terkenal dengan mantel bulu yang panjang dan halus. Ada perbedaan yang cukup signifikan dari kelembutan bulu mereka setelah membelai mereka, kemudian membelai ke bulu kucing ras lain. Selain itu, lihat warna mantel bulunya karena masyarakat ada yang menyangka mereka hanya punya warna bulu putih saja.

Warna mantel bulu kucing Persia dapat hadir dalam variasi warna berbeda selain putih. Misalnya merah, krem, hitam, coklat, biru-abu-abu, coklat, ungu, perak, emas, belacu, dan campuran krim dan coklat / hitam. Jika Anda mencoba membedakan mereka hanya mengandalkan warnanya saja, tingkat akurasinya sulit dipastikan karena memerlukan ciri-ciri pendukung lainnya.

3. Jenis mantel bulu kucing Persia


a. Mereka dimungkinkan hanya terdapat 1 warna tunggal di tubuh dengan warna yang disebutkan tadi. Ia memiliki ciri unik lain pada warna mata yang cenderung berwarna tembaga. Sebagian lagi adalah Persia putih bisa juga memiliki warna yang sama selain tembaga, yakni kebiruan.

b. Perak dan keemasan jenis kucing Persia dalam ciri khusus dengan bulu berkilau pola chinchilla. Umumnya di bagian ujung terdapat hitam pekat atau perak yang tampak diarsir.

c. Shaded dan Smoke adalah kelompok dengan kecenderungan ciri khas mirip kulit kerang dan cameo. Tanda fisik lain yang terlihat pada lapisan bawah putih dan ujung berwarna merah, krem, hitam, atau biru krem

d.Tabby adalah jenis dalam golongan yang memiliki ciri pada pola mata seperti banteng. Umumnya memiliki pola di bagian mantel bulu dengan garis-garis tipis sekitar seluruh tubuh.

e. Parti-color adalah tampilan untuk ras dengan pola seperti memiliki kulit penyu, kulit coklat penyu, krim biru, dan mantel krim lilac. Beberapa tanda lainnya kemungkinan terdapat bercak kemerahan.

f. Calico Bicolor untuk Peliharaan Persia jenis mantel bulu dua warna yang terlihat dominan dengan pola belacu. Mereka akan memiliki mata warna seperti tembaga, hijau atau cokelat.

g. Himalaya merupakan ras Persia yang agak berbeda karena warna mantel bulu mereka sebagian besar putih bersih dengan putih atau pola lainnya seperti krem. Membedakan kucing Persia Himalaya atau bukan yakni melihat pada warna mata mereka, karena ras Himalaya selalu matanya berwarna biru.

4. Ekor


Struktur genetik masing-masing nenek moyang dari kucing memiliki ciri khas pada ekornya. Sama halnya yang terdapat pada ekor kucing Persia, rata-rata sebagian besar pendek dengan gestur yang naik ke atas. Hal lainnya dapat dikenali dengan memperhatikan ekor mereka, biasanya ekor pada sudut di bawah punggung.

5. Fisik tubuh

Cara membedakan kucing Persia dengan mixdome bisa menggunakan fisik mereka. Periksa tubuh kucing yang Anda lihat apakah terlihat pendek dan kekar. Jika kesan Anda melihat hal ini ada pada mereka, kemungkinan besar mereka ras Persia. Selain itu berat badan mereka akan lebih berat dari kucing mixdome.

Bagian kakinya memperlihat otot yang kuat dan besar dan proposisi tubuh berukuran sedang hingga besar. Beberapa tanda lain secara fisik, diantaranya bahu biasanya lebar, tubuh tebal, padat mengesankan gemuk, bagian leher pendek, kokoh karena tebal.

6. Tes DNA

Jika Anda masih ragu dengan ras kucing Persia karena kesulitan membedakan jenis asli atau mixdome-campuran, gunakan metode lainnya, yakni tes DNA. Tes menggunakan pengujian DNA, 90% akurat dan bisa menjadi cara membedakan mereka.



Post a Comment

0 Comments