Header Ads Widget

}

Anjing Greyhound, Ras Ramah Si Pelari Cepat

Anjing Greyhound, Ras Ramah Si Pelari Cepat

Anjing Greyhound masih sedikit dipelihara masyarakat Indonesia karena belum begitu populer dibanding dengan ras lain misalnya Herder atau minipom. Di beberapa negara, Greyhound sudah terkenal trah hewan peliharaan yang mampu berlari cepat melebihi anjing lain. Salah satu alasan peliharaan tersebut masih sedikit, cara penempatan yang butuh tempat yang cukup luas, meski mereka melakukan adaptasi yang baik di lingkungan kecil seperti apartemen, hewan menggemaskan ini lebih cocok tinggal lingkungan rumah, khususnya yang memiliki halaman untuk bermain.

Profil Anjing Greyhound


Anjing Greyhound salah satu ras hewan peliharaan yang hebat dan ramah dengan anak. Karakternya yang tenang dan temperamen baik, mereka senang diperhatikan majikan dan anggota keluarga. Kehadiran mereka dalam acara keluarga bersama, membuatnya begitu manja sehingga tidak menyadari bertubuh besar. Ia dapat meloncat ke pangkuan orang yang disukainya saat duduk untuk mendapatkan belaian.

Sejarah Anjing Greyhound


Anjing Greyhound memiliki sejarah panjang sebagai salah satu trah hewan tertua di dunia. Beberapa bukti yang bisa ditemukan kehidupan nenek moyang mereka sebelum, yakni benda bersejarah yang terdapat dalam masyarakat Mesir Kuno. Asal usul nenek moyang anjing Greyhound yang masih menjadi misteri ini, sebagian menilai mereka berasal dari Timur Tengah, ada yang menyakinkan mereka dari Yunani hingga sebagian lainnya menyebutkan mereka tertulis dalam kitab suci agama tertentu.

Beberapa anggapan lainnya tentang sejarah Anjing Greyhound yang muncul mengatakan, mereka berasal dari Inggris yang sudah ada sejak abad ke 5-6. Hewan peliharaan tersebut sempat terlihat dalam kekaisaran Romawi untuk acara mencari kelinci. Ras Greyhound cukup populer karena unggul dalam kecepatan berlari yang bisa mencapai 45 mil/jam.

Kelebihan Anjing Greyhound

Kelebihan anjing Greyhound

Beberapa kelebihan yang dimiliki Greyhound selain pelari cepat, mereka sangat baik mendeteksi obyek melalui penglihatan. Kemampuan peliharaan ini unggul dibanding anjing rata-rata saat mencari kelinci karena struktur dan posisi matanya menjangkau 270 derajat jarak pandang.

Keunggulan yang dimiliki Anjing Greyhound telah menarik banyak perhatian sutradara dan dituangkan dalam film, seperti serial televisi 'Santa's Little Helper', 'Goodwill Hunting' dan judul film lainnya. Nama Greyhound sebagai hewan peliharaan. juga menjadi favorit beberapa model terkenal di dunia.

Kemampuan lainnya Anjing Greyhound

  • Salah satu hewan peliharaan keluarga bertubuh besar
  • Cara merawat mantel bulunya tidak sulit
  • Mereka mudah belajar saat mendapat pelatihan
  • Waktu berkunjung ke pet shop untuk groomer rendah
  • Periode memandikan mereka rendah
  • Kemampuan adaptasi dalam lingkungan panas cukup baik
  • Memerlukan latihan secara berkala secara rutin
  • Sangat jarang mengalami kegemukan dan obesitas


Cara merawat mantel bulu Anjing Greyhound

cara merawat mantel bulu anjing

Ciri khas yang dimiliki Anjing Greyhound adalah mantel bulu pendek. Mereka memerlukan perawatan harian yang lebih ringan dibanding ras bulu panjang. Majikan yang memelihara mereka hanya perlu menyisir dan menyikat bulunya agar tidak kusut sekaligus membuang mantel bulu yang mungkin rontok dan menempel di tubuhnya.

Selama membersihkan bulu rontok, anjing Greyhound tidak merepotkan jika Anda mengetahui metodenya. Mereka hewan yang senang mendapat perlakuan manja seperti pijat, lakukan pijat supaya Greyhound santai ketika menyisir dan menyikat bulunya. Ia salah satu hewan yang jarang kotor sehingga tidak perlu dimandikan seperti anjing lain.

Jika memungkinkan, anjing Greyhound memerlukan perhatian pada kesehatan gigi, jadi membiasakan sikat gigi untuknya dapat menghindarkan mereka dari karang gigi dan membuat napasnya lebih segar.

Waspadai Penyakit Umum Anjing Greyhound


Anjing Greyhound memiliki masalah umum seperti yang terdapat pada manusia juga. Secara keseluruhan mereka ras yang cenderung memiliki tingkat kesehatan yang baik. Beberapa jenis penyakit anjing yang bisa dialaminya, seperti perut kembung dan mudah diobati dengan pengobatan yang direkomendasikan dokter hewan. Kemungkinan mereka mengalami perut kembung, selain dugaan masuk angin atau penumpukan gas dalam perut, hal lainnya adalah cara pemberian makan kurang tepat.

Beberapa jenis anjing Greyhound yang mendapatkan pola makanan sehari dalam jumlah besar, sebaiknya merubah menjadi dua kali dalam sehari.

Perilaku Harian Anjing Greyhound

Perilaku harian anjing

Sebelum memelihara anjing Greyhound menjadi hewan peliharaan Anda, mengenal watak dan perilaku hariannya sangat perlu diketahui. Secara keseluruhan sifatnya tidak agresif dengan anak dan anggota keluarga yang lain selama mendapatkan pelatihan dan sosialisasi yang baik. Genetik bawaan mereka bisa berubah menjadi bersemangat ketika melihat hewan kecil di sekitarannya. Mereka akan mengejarnya jika tidak diawasi dengan baik.

Cara Anjing Greyhound Hidup


Anjing Greyhound termasuk hewan bertubuh besar, namun ras ini memiliki cara hidup fleksibel dan mampu tinggal dalam rumah yang tidak terlalu besar seperti apartemen. Pengaruh suhu mungkin memberikan efek tertentu untuk anjing lain, Anjing Greyhound dapat beradaptasi dengan baik karena pola mantelnya pendek.

Untuk membawa Anjing Greyhound dalam apartemen, hal yang Anda perlukan adalah melatih mereka agar bisa mengontrol keinginan menggonggong agar tidak menganggu tetangga lain. Umumnya mereka hewan pemalu untuk bertemu dengan orang asing namun deteksi kewaspadaan terhadap keanehan dapat ditunjukkannya dengan menggonggong mengingatkan Anda tentang obyek asing.

Anjing Greyhound lebih rentan bermasalah pada suhu dingin karena mantel bulunya tipis dan kurang lapisan lemaknya kurang mendukung cuaca dingin dibandingkan dalam suhu hangat.

Cara melatih Anjing Greyhound


Cara melatih anjing Greyhound tidak terlalu sulit karena mereka memiliki kecerdasan yang baik. Jika Anda mengadopsi Greyhound usia tua, kemungkinan besar sudah dilatih oleh majikan sebelumnya sehingga lebih memudahkan Anda. Metode pelatihan yang paling mudah diberikan kepadanya adalah fokus pada ingatan. Hal yang terpenting selama melatih mereka adalah memakai tali pengekang. Ia hewan pelari cepat dan akan sulit dikejar setelah terlepas dari pengawasan Anda.

Ciri-ciri Anjing Greyhound

Beberapa ciri-ciri umum yang terdapat pada anjing Greyhound, seperti:

  • Memiliki tinggi yang lebih baik dari anjing rata-rata
  • Berat badannya cenderung ramping karena kelompok pelari cepat
  • Moncong kepala memanjang dan terlihat melebar dibagian telinga
  • Warna hidung hitam dan menyempit
  • Kemampuan penglihatan yang baik
  • Proporsional tubuh lebar dengan bentuk punggung persegi dengan otot yang kuat
  • Bentuk telinga kecil dan berlipat ke sisi belakang
  • Memiliki ekor panjang