Header Ads Widget

}

Cara Anjing Beradaptasi di Lingkungan Baru

Kemampuan hewan peliharaan beradaptasi di lingkungan baru dapat berbeda-beda agar nyaman menyesuaikan diri. Ketika majikan telah merawat anjing sejak kecil hingga dewasa, mereka sering menjadi pertimbangan yang masuk dalam perhatian pemilik yang sudah menganggapnya sebagai bagian dari keluarga.
Kredit pixabay.com

Salah satu alasan Anda harus pindah rumah disebabkan banyak faktor, seperti mutasi pekerjaan di tempat yang sangat jauh, sedangkan keterikatan emosi dengan hewan peliharaan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan begitu saja.

Cara Anjing Beradaptasi di Lingkungan Baru

Majikan yang ingin pindah rumah dari tempat lama ke baru, sebagian berpikir apakah mereka bisa beradaptasi dengan baru disana. Jika hal lainnya sudah beres, memindahkan hunian baru dapat memberi pengaruh baik atau sebaliknya.

Hewan peliharaan anjing mempunyai ikatan emosi sama seperti yang manusia alami dalam situasi baru. Jika Anda sempat memikirkan bagaimana dengan keramahan tetangga baru dibandingkan saat ini, sama halnya pada mereka mungkin membayangkan lingkungan, hewan sekitarnya yang sudah akrab dalam kehidupannya.

Beberapa ras anjing sebagian bisa beradaptasi dengan baik di lingkungan baru. Perilaku mereka enjoy dan menikmati suasana baru selama dekat dengan majikan. Jenis anjing lainnya mungkin menunjukkan perilaku berbeda, misalnya pemurung, stres dan aktivitas menjadi berubah.

Perilaku anjing kurang nyaman dengan lingkungan baru, dimungkinkan terjadi karena proses adaptasinya kurang baik pada aroma yang berbeda. Selain itu pengaruh tetangga merespon hewan yang Anda pelihara dapat menciptakan problem baru jika terlambat diantisipasi.

Anjing yang bermasalah dalam adaptasi lingkungan baru dapat berubah angresif dan bersikap keras kepala. Pada beberapa kasus, dimungkinkan menjadi sering menggonggong untuk beberapa alasan tertentu.

Perubahan perilaku anjing menjadi agresif, menggonggong dapat berlangsung selama pengenalan lingkungan kurang baik. Hal lainnya yang mereka tunjukkan adalah menangis atau merengek dengan sikap gelisah.

Berbeda dengan kucing, hewan ini memiliki perilaku mandiri terhadap lingkungan baru. Ras kucing secara keseluruhan tidak memiliki masalah yang serius terhadap rumah baru.

Upaya Majikan Membantu Anjing Beradaptasi di Lingkungan Baru

Kredit pxhere.com

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan membantu anjing mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Majikan dapat mengajak mereka mengenal lingkungan sekitar agar ia tidak merasa terasing. Interaksi kecil membawanya pergi berjalan pada waktu yang tepat dengan mempertimbangkan minat mereka, akan memberi gambaran kecil wajah yang ramah kepada mereka.

Kebiasaan umum anjing kurang nyaman pada rumah baru dapat mereka menggonggong pada hari pertama. Anda bisa menemani untuk menyakinkan situasi yang tidak menyenangkan dalam pikirannya.

Penyebab Beberapa Anjing Sulit Beradaptasi di Lingkungan Baru

Kredit pxnio.com

Respon yang hewan tunjukkan sebagai proses adaptasi bisa mendapat sikap baik dan santai. Hewan secara alamiah memiliki kemampuan untuk beradaptasi menyesuaikan diri. Beberapa penyebab yang mungkin membuat anjing sulit beradaptasi dengan suasana barunya, misalnya ikatan persahabatan yang sudah terjalin dengan hewan lain di tempat lama mereka.

Kehidupan selama bertahun-tahun yang anjing rasakan selama bertahun-tahun, ketika terpisah dengan sosok yang disayanginya membutuhkan proses yang lebih lama dibandingkan hewan yang penyendiri. Namun perhatian dan ketekunan Anda menjelaskan secara baik kepada mereka, hanya memerlukan waktu dan kesabaran.

Cara Membantu Anjing Mengatasi Kesedihan di lingkungan Baru


Hewan peliharaan ras anjing bisa mengalami kesulitan untuk bersosialisasi pada tempat baru. Mereka kemungkinan kehilangan 'sahabat dan teman' yang terhubung sejak bertahun-tahun.

Majikan yang merawat dan memelihara anjing dapat mengenali beberapa tanda mereka sedang sedih ketika menempati rumah barunya, seperti:

  • selera makan menurun atau hilang
  • terlihat lesu dan malas bergerak
  • gelisah
  • pola jam istirahat saat tidurnya terganggu
  • menggonggong, menangis dan merintih tanpa sebab jelas
  • pada kasus yang lebih serius bisa agresif, pemalu dan mengoyak kertas atau menggigit benda seperti kaki kursi dan lainnya. 

Mengetahui perubahan watak dan perilaku anjing saat tinggal di tempat baru dengan respon tersebut, majikan yang baik akan menerangkan dengan sikap menghormati apa yang mereka rasakan. Anda dapat memberikan waktu dan perhatian menjelaskan alasan harus pindah di lingkungan baru.

Jika memungkinkan, carilah waktu spesial untuk berjalan di tempat yang disukainya atau menemukan komunitas hewan peliharaan sejenisnya di lingkungan sekitar.

Proses adaptasi yang terjadi pada anjing di waktu yang cukup panjang, hal yang terpenting adalah memperhatikan makanan bergizi untuk mereka konsumsi.

Beberapa cara yang perlu dihindarkan jika anjing tidak nyaman di suasana baru akibat kehilangan teman, tidak memaksakan mereka untuk menerima anggota baru.