Header Ads Widget

}

Cara Mencegah Masalah Mulut dan Penyakit Terkait Anjing Minipom Pomeranian

Anjing Pomeranians, minipom atau pompom adalah satu dari ras hewan yang terkenal mudah bersahabat dengan manusia. Ia jenis anjing yang cerdas ketika diajarkan trik dan beberapa latihan yang ingin bisa dilakukan oleh pemilik. Dari watak menyenangkan mereka, sebagian ras tersebut sering bermasalah dengan mulut dan beberapa diantara mudah alergi karena pengaruh yang perlu dicari penyebab utamanya.

Selain masalah alergi yang dapat dialami mereka, minipom atau pomeranian memiliki tanda yang lebih sering terjadi pada mulutnya. Ia pada umumnya sangat mudah sakit gigi sepanjang majikan jarang memperhatikan perawatan mulut sehingga penumpukan karang gigi mulai dialami pada usia tahun ke 2. Tanda yang sering menjadi gejala awal ketika hewan peliharaan tersebut dimulai, beberapa diantaranya masalah mulut yang sering sakit dan sakit karena peradangan. Perawatan gigi yang buruk ditambah dengan jenis makanan yang tidak sehat untuk mereka, semakin mempercepat datangnya masalah mulut untuk mereka.
penyakit mulut, gigi dan gusi

Jika Anda salah satu pemilik ras hewan peliharaan anjing minipom atau pomeranian, alangkah baiknya sejak dini mulai memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsinya hingga pada perawatan gigi dan mulut, agar memasuki usia dewasa tidak mengalami hal yang sama.

Jadi, apa masalah mulut Pomeranian yang paling umum? 
Pomeranians lebih rentan terhadap masalah gigi. Dalam banyak kasus, jenis anjing ini mengembangkan penyakit gusi sejak usia dua tahun. Perkembangan penyakit gusi akibat penumpukan karang gigi dapat menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan, pada akhirnya, kehilangan gigi.

Jenis Gangguan Kesehatan Mulut Minipom-Pomeranian

kesehatan gigi dan gusi
Ilustrasi Jenis penyakit yang bisa dialami anjing minipom pomeranian

Kecenderungan masalah kesehatan di bagian mulut anjing minipom-pomeranian sebagian besar bisa terjadi pada semua hewan peliharaan dalam kelompok yang sama. Salah satunya yang kerap terjadi pada minipom sebagai ras anjing kecil paling umum adalah infeksi periodontal. Walau jenis infeksi periodontal dimungkinkan terjadi untuk hewan peliharaan, namun ras minipom lebih rentan mendapat masalah pada bagian gusi mereka.

Salah satu penyebab yang sering timbul pada gusi minipom, kurangnya perhatian dalam perawatan menggosok gigi sehingga pertumbuhan mikroorganisme patogen dan dipengaruhi makanan yang tidak sesuai akan menginfeksi gusi dan terus menumpuk pada gusi mereka. Beberapa tanda yang mudah terlihat pada area gusi mereka, perubahan yang tidak normal yang terjadi kepada gigi Pomeranian.

Anjing Pomeranians atau minipom yang menderita infeksi tersebut, umumnya memiliki masalah ligamen periodontal sehingga kesehatan gigi mulai berkurang menjadi tidak kuat. Hal ini akan semakin memperburuk mereka, selain posisi gigi yang kendur, area gusi yang tumbuh karang gigi akan membuat lebih cepat longgar dan mudah goyah dalam tahap awal infeksi periodontal, sampai kondisi yang lebih serius, yaitu gigi mereka copot dan tidak tumbuh kembali setelah masuk usia dewasa.

Jenis penyakit yang perlu dijaga oleh pemilik anjing pomeranian, minipom selain kehilangan gigi dewasa, masalah mulut yang lain seperti:


  • Gingivitis
  • Kepadatan gigi yang tidak normal
  • Penumpukan tartar

Beberapa tanda yang dialami anjing minipom (Pomeranian)


tanda dan gejala masalah gigi dan gusi
Kredit Pexels.com


  • mengalami penyakit gusi
  • kesulitan untuk makan dan mengunyah secara normal
  • warna gusi anjing pomeranian terlihat lebih merah
  • terjadi pendarahan di bagian gusi, khususnya jika mereka mengonsumsi jenis dog food kering
  • aroma yang keluar dari mulut anjing Pomeranian cenderung menjadi lebih bau
  • terdapatnya benjolan di mulut dan area gusi
  • tercampurnya warna merah pada air liur
  • mainan favorit meninggalkan jejak bercak darah yang mengering
  • tempat makanan atau minuman mereka ada campuran darah yang masih basah atau mengering


Beberapa tanda yang dialami anjing minipom atau Pomeranian jika lebih dari 3 penyebab, disarankan untuk membawa mereka ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan dan pengobatan lebih mudah sekaligus biaya yang akan dikeluarkan lebih sedikit.

Cara Merawat Anjing Minipom Pomeranians yang Bermasalah pada mulut dan Gusi

cara merawat gigi dan gusi hewan peliharaan
Kredit Pinterest.com

Cara merawat anjing minipom Pomeranian yang memiliki masalah pada bagian gusi, mulut dan bagian terkait lainnya, langkah yang pertama perlu Anda lakukan adalah meminta rekomendasi dokter hewan untuk mencegah resiko yang lebih serius mungkin terjadi pada mereka.

Cara perawatan gangguan kesehatan mulut pada anjing minipom Pomeranian memerlukan diagnosis dokter hewan untuk mendapat posisi ringan atau telah masuk dalam kasus parah.

Rata-rata pemeriksaan umum yang akan diberikan dokter hewan untuk hewan peliharaan tersebut adalah melihat kondisi gigi dan gusi mereka dengan metode pemeriksaan medis seperti tes dan pemakaian s-ray. Dalam analisa dan saran dokter tersebut, sebagian besar hewan peliharaan cenderung bisa dirawat di rumah oleh majikan jika diperbolehkan dokter hewan.

Mengenal jenis penyakit gigi dan gusi anjing minipom Pomeranian


Scaler ultrasonik, lebih dominan diberikan pengobatan dengan proses pembersihan pada celah gigi dan gusi Pomeranian. Untuk kasus yang lebih serius, dimungkinkan untuk mencabut gigi yang bermasalah agar tidak menyebar ke gigi sehat yang lain.

Gingivektomi, kategori ini sebagian besar terjadi karena pemeriksaan dan pengobatan tidak cepat sehingga gusi dan gigi mereka mengalami gingivitis lanjut. Umumnya jaringan saraf telah terinfeksi dan dimungkinkan disembuhkan memakai tindakan medis seperti bedah, jika disarankan dokter hewan.

Mencegah lebih awal dengan menjaga kesehatan gigi dan gusi
cara mencegah masalah mulut, gigi dan gusi hewan peliharaan
Kredit Pexels.com

Jika jenis hewan peliharaan mudah mengalami masalah mulut dan gigi, umumnya dipengaruhi banyak faktor seperti pola jenis makanan yang tidak tepat untuk mereka, faktor kebersihan gigi dan gusi yang tidak dirawat dan kemungkinan lainnya. Upaya mencegah jenis penyakit tersebut timbul pada ras anjing minipom pomeranian Anda, yakni dengan mengurangi semua risiko yang bisa menyebabkan penyakit gusi dan masalah gigi lainnya.

Pencegahan sangat penting membantu anjing mipom untuk kehilangan gigi atau kerusakan jaringan gusi jika terjadi kasus yang lebih serius, yakni memberikan jadwal secara teratur kepada mereka dengan pemeriksaan rutin.

Jadwal pemeriksaan kesehatan anjing minipom Pomeranian tidak harus dilakukan ketika mereka sedang sakit, dalam kondisi sehat sekalipun, mereka perlu diperiksa dokter hewan, salah satunya untuk pencegahan penyakit gigi dan gusi pada anjing Pomeranian mipom.

Minimal mereka perlu dibawa setiap 1 kali dalam setahun atau setiap 6 bulan sekali jika Anda menginginkan mereka selalu sehat.

Alternatif lain menjaga gigi dan gusi sehat

  • menggunakan air minum yang bersih dan sehat untuk diminum
  • memberi perhatian pada gigi dan gusi melalui sikat gigi anjing secara teratur dengan pasta gigi diformulasikan khusus untuk hewan. Jika mereka sering mendapat perawatan kecil dengan sikat gigi, maka tanda penumpukan karang gigi dapat dicegah lebih dini
  • memberi jenis makanan kering untuk latihan mengunyah sekaligus membersihkan bagian gigi dari penumpukan sisa makanan yang lunak


Cara merawat anjing pomeranian minipom tidak sekedar memberi mereka pakan makanan berkualitas tinggi dan mengajak bermain untuk menghilangkan rasa bosan mereka. Butuh komitmen ketika Anda memutuskan memelihara hewan peliharaan di rumah. Hewan peliharaan yang sehat sepanjang tahun, minimal memerlukan pemeriksaan secara tetap untuk mengenali kemungkinan awal gejala penyakit yang bisa menjadi serius jika dibiarkan, misalnya jenis penyakit yang umum dialami kucing dan anjing yang terbiasa mengonsumsi makanan lunak, lebih mudah mendapat masalah gigi dan gusi akibat infeksi periodontal.

Kredit gambar pixabay.com



Post a Comment

0 Comments