Header Ads Widget

}

Informasi Anjing Samoyed Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memilihnya

Informasi ras anjing yang ingin dipelihara oleh Anda, sangat penting diketahui sebelum mengambil satu keputusan final mengunjungi pet shop maupun mengadopsi mereka dari tempat penampungan hewan terlantar.

Anjing Samoyed salah satu jenis anjing berbulu putih dan termasuk dalam 14 ras hewan murni yang ada di dunia. Wajahnya yang mirip seperti serigala dengan postur tubuh kokoh sempurna, semakin gagah didukung bentuk ekornya melengkung naik ke punggung.

Jika Anda memperhatikan tampak depan wajahnya, corak mulut dan bentuk bibirnya yang melengkung ke atas menimbulkan kesan sedang tersenyum. Ciri khas ini, membuat peliharaan Samoyed mendapat julukan anjing tersenyum.

Makanan Anjing Samoyed

makanan anjing samoyed

Makanan untuk anjing Samoyed sebagian besar perlu kandungan nutrisi yang seimbang untuk mencukupkan kebutuhan harian mereka. Selain memberi makanan bersumber produk olahan rumah yang dibuat khusus untuk anjing Samoyed, Anda bisa mendapatkan jenis makanan yang diformulasi khusus untuk ras Samoyed.

Majikan hewan peliharaan anjing Samoyed ketika memutuskan menyediakan pakan berasal dari bahan berkualitas terbaik yang diolah secara mandiri, bisa menggunakan kombinasi makanan mentah dan segar untuknya.

Sama halnya ketika Samoyed mengonsumsi pakan kering khusus yang dibeli dari merek tertentu, campuran daging tambahan untuk mereka dapat menambah selera makan menjadi semakin baik.

Pemberian jenis tulang untuk mereka masih dimungkinkan, selama mendapat rekomendasi dokter hewan untuk aktivitas mengunyah. Variasi jenis makanan anjing Samoyed dapat juga menggunakan buah dan sayuran mentah yang diproduksi seara organik, agar kandungan kimia dan zat berbahaya lainnya tidak membawa masalah kesehatan.

Cara Merawat Anjing Samoyed

cara merawat anjing samoyed

Calon majikan yang telah mantap mengadopsi anjing Samoyed, informasi cara merawat anjing Samoyed menjadi begitu penting diketahui. Samoyed jenis anjing pendamping yang memiliki perilaku baik dan senang menjadi perhatian di sekitar anggota keluarga.

Tubuhnya yang terlihat besar, ras Samoyed bukan anjing agresif. Mereka sangat ramah dengan anak-anak, bahkan sulit untuk ditinggal oleh pemilik untuk waktu yang lama tanpa teman. Watak anjing Samoyed mudah cemas dan stres jika mereka dibiarkan sendiri dalam waktu yang panjang.

Beberapa perilaku buruk yang mungkin ditunjukkannya, misalnya menggigit, merusak benda di sekitarnya atau melolong sepanjang hari untuk menarik perhatian Anda. Oleh karenanya, anjing Samoyed tidak cocok dirawat tuan yang jarang berinteraksi dengan mereka karena sibuk di luar rumah sepanjang waktu.

Anjing Samoyed ras pemburu yang menurunkan genetik nenek moyang mereka, selama bersosialisasi dengan anak-anak, Anda harus mengawasi mereka agar tidak terjadi hal yang diinginkan.

Anda sulit memprediksi perlakuan anak-anak terhadap anjing Samoyed yang tidak diawasi, ketika Samoyed tidak nyaman dengan perlakuan yang diperolehnya, dimungkinkan untuk membalas dengan gonggongan hingga gigitan.

Selama bermain di halaman atau taman, gunakan tali kekang jika tidak yakin terhadap situasi lingkungan. Mereka perlu dihindarkan bertemu dengan hewan kecil seperti kucing, hewan ternak dan satwa lain yang dapat memancing naluri berburu alami dalam bentuk pengejaran.

Kepribadian Anjing Samoyed

kepribadian anjing samoyed

Pengalaman dan naluri anjing Samoyed masuk kelompok anjing pekerja yang dilengkapi berbagai kemampuan dan keterampilan spesifik selama di latih dengan tepat. Ia ras anjing yang penuh kewaspadaan pada hal asing namun dibekali naluri kelembutan dan menyenangkan.

Anjing Samoyed salah satu ras peliharaan yang menjunjung loyalitas untuk tuannya, setia dan mendapat kepercayaan yang baik sebagai anjing pengawas.

Mereka terkenal sebagai hewan pintar yang termasuk salah satu dari 44 jenis anjing cerdas dalam buku "Intelligence of dog". Penulis buku. Stanley Coren menerangkan, anjing Samoyed rata-rata memerlukan 15-25 pengulangan untuk belajar sesuatu yang baru. Sementara beberapa data proses pembelajaran anjing Spitz, umumnya memerlukan waktu sekitar 70 persen dalam pelatihan.

Untuk mendapatkan dasar perilaku yang baik, anjing Samoyed disarankan belajar dan dilatih kepatuhan sejak usia anak, sehingga lebih mudah mengontrolnya setelah masa dewasa bersama Anda.

Memberi latihan sedini mungkin untuk anjing Samoyed lebih disarankan, kecuali Anda menginginkan mereka dapat memperdaya dari kepintarannya. Julukan 'anjing tersenyum' yang dimilikinya, dapat meluluhkan hati majikan sehingga mengabaikan beberapa proses belajar.

Memelihara anjing Samoyed berarti Anda mempersiapkan banyak antisipasi yang dibutuhkan mereka. Hal yang pertama adalah Samoyed jenis anjing yang tidak bisa sendirian dalam rumah.

Mereka rata-rata masih bisa tanpa manusia kurang dari 3-4 jam lebih, namun tidak cocok bagi majikan yang meninggalkan mereka di rumah hampir 8 jam karena bekerja di kantor.

Ras anjing Samoyed jenis hewan yang memerlukan manusia untuk berinteraksi, bersosialisasi dalam berbagai bentuk kegiatan. Mereka rata-rata perlu latihan 1 jam setiap harinya dan sering mengajak bermain anggota keluarga saat bosan untuk 4 jam sekali.

Watak anjing Samoyed berbeda dengan ras anjing lainnya yang pernah Anda kenal. Hewan peliharaan lain mungkin ras yang tenang ketika sendirian tanpa anggota keluarga, Samoyed berbeda, ia akan menggigit benda di dekatnya, melolong sepanjang waktu atau kemungkinan yang lebih serius yakni berusaha kabur melarikan diri ke jalan raya.

Cara Melatih anjing Samoyed

cara melatih anjing samoyed

Majikan yang ingin melatih anjing Samoyed, mungkin perlu mengetahui bahwa ras ini termasuk anjing alfa sehingga membutuhkan pelatih yang berpengalaman dengan mereka. Untuk mengajarkan keterampilan spesifik, Samoyed akan membutuhkan waktu yang sangat banyak, khususnya pelatih yang kurang sabar dan tidak konsisten untuknya.

Beberapa pelatihan anjing secara profesional, umumnya menggunakan 2 metode pelatihan berbeda. Yang pertama, penguatan perilaku baik dengan pujian, hadiah dan segala tindakan positif untuk mereka jika melakukan sesuatu yang diinginkan.

Sementara ada juga pelatihan untuk anjing dengan metode pada penekanan ketidaknyaman hewan.

Selalu ada pro kontra dari 2 jenis latihan yang diberikan untuk hewan peliharaan. Mana yang lebih baik dari 2 jenis cara melatih tersebut, menurut saya kembali kepada Anda sendiri, mana yang terbaik.

Namun, segala sesuatu yang dimulai dengan hal positif, biasanya lebih menyenangkan hewan peliharaan sekaligus menghindarkan perilaku buruk lain yang dapat terjadi dalam dirinya.

Beberapa strategis penting jika Anda ingin melatih anjing Samoyed adalah memulai sejak masih kecil sehingga mereka mengenali posisi Anda sebagai alfa untuk mereka. Dengan demikian, saat usia dewasanya, Samoyed akan menempatkan diri dalam posisi berikutnya.

Anjing Samoyed dan Apartemen

anjing samoyed bisa tinggal di apartemen

Ketika Anda mendiskusi cara merawat anjing Samoyed dalam lingkungan yang terbatas seperti apartemen, mungkin pertanyaan tersebut sangat baik diketahui calon pemilik lainnya.

Ras anjing Samoyed termasuk hewan bertubuh sedang dan dikaruniakan cara beradaptasi yang baik, bahkan dalam apartemen. Beberapa syarat dasar jika anjing Samoyed tinggal dalam lingkungan yang agak terbatas, tanpa halaman untuk bermain, cara mengantikannya dengan membawa mereka dengan rutin menyalurkan energi mereka berlari di tempat lain. Peliharaan yang terbiasa tinggal di suhu dingin ini, maka sangat disarankan apartemen memiliki pendingin ruangan dan akses air minum yang mudah dijangkau mereka.

Anjing Samoyed rata-rata sangat baik berada di suhu dingin karena mantel bulunya tebal, sehingga menghangatkan tubuhnya meski dalam kondisi dingin yang ekstrim seperti di kutub. Di Rusia saat musim salju, masyarakat setempat sering memeluk Samoyed untuk mendapatkan kehangat dari mantel bulunya.

Harga anjing Samoyed

harga anjing samoyed

Untuk mendapatkan ras murni anjing Samoyed, bisa dikatakan bukan sesuatu yang murah. Rata-rata untuk jenis bibit anakan standar berkisar $800-$1.500. Jika calon pemilik menginginkan hal spesifik, misalnya warna bulu tertentu, harga anjing Samoyed bisa meningkat lagi. Harga diatas belum termasuk tambahan lain, seperti pajak, vaksinasi awal, pemeriksaan kesehatan ke dokter hewan sebelum Anda mengadopsinya, dan lainnya.

Secara keseluruhan anjing Samoyed jenis peliharaan yang menyenangkan dengan tingkat kecerdasan yang baik. Ia mudah belajar hal baru jika menemukan pelatih alfa yang cocok dengannya. Sebagian pemilik yang kurang memahaminya, sering menilai mereka berperilaku buruk karena sifat keras kepalanya. Jika hal tersebut Anda alami, ada baiknya minta bantuan pelatih anjing Samoyed yang terpecaya dan berpengalaman untuk mendidiknya.