Header Ads Widget

}

Perbedaan Jenis Makanan untuk Anjing Pomeranian untuk Berat Badannya

Menjaga kesehatan anjing tetap sehat menjadi kebutuhan utama majikan yang perduli dengan peliharaan mereka. Sebab, pola makan yang tidak sehat dan tidak memperhatikan manfaat yang diterima tubuh, tidak hanya manusia tetapi anjing sering menderita obesitas. Sebelum tubuh Pomeranian Anda benar-benar gemuk dan menjadi obesitas, beberapa perubahan pola sehat sebaiknya berlaku untuk mereka.

Penyakit Obesitas untuk Anjing


Obesitas sering menyebabkan masalah kardiovaskular, diabetes dan penyakit sendi. Kesehatan anjing yang baik juga tergantung pada diet yang sehat dengan memberikan mereka pilihan makanan yang tepat. Pomeranian sebagai ras anjing berbadan kecil, berat badan yang ideal memainkan peran sentral dalam kehidupan mereka menjadi semakin panjang.

Beberapa pemilik hewan peliharaan dalam memilih makanan, sebagian terlihat berusaha menghemat biaya yang dikeluarkan dengan mencari pakan berkualitas rendah. Cara memilih jenis makanan ini, mungkin pada waktu singkat, seolah-olah memberikan penghematan. Sayangnya, cara menghemat seperti ini, tidak sedikit membuat peliharaan mereka mudah sakit. Pada kemungkinan yang lebih serius, biasanya uang yang berhasil di hemat tersebut akhirnya berubah dalam bentuk lainnya, misalnya untuk dengan perawatan dan obat-obatan untuk anjing Pomeranian yang cenderung mahal.

Menghemat biaya yang dikeluarkan saat membeli pakan makanan anjing Pomeranian, bukan hal yang salah. Selama mereka baik-baik saja menerima perubahan makanan secara mendadak tersebut.

Penyebab anjing Pomeranian Dapat kelebihan berat badan


Salah satu penyebab hewan mudah gemuk dan obesitas, yakni terlalu banyak mengonsumsi makanan sehingga menjadi kelebihan berat badan. Ras Pomeranian atau sering dipanggil minipom hingga pompom, pada umumnya perlu menjaga postur tubuhnya relatif mungil tanpa kelebihan berat badan. Struktur tubuh mereka memiliki kaki yang pendek. Jika kondisi badannya menjadi obesitas, maka penyakit seperti masalah sendi, pembatasan gerakan menjadi makin malas dan gejala sekunder tidak bisa dihindari.

Jenis anjing lucu keturunan kecil ini dipengaruhi memang cukup tinggi berisiko kelebihan berat badan. Bagi pemiliknya, minipom memancarkan nuansa yang lucu dan kemewahan untuk mereka.

Pemberian makanan secara berlebihan untuk anjing, menurut mereka sebagai sikap menyayangi mereka, namun justru bisa menjadi masalah. Pomeranian jauh lebih baik dengan berat badan ideal daripada dengan badannya yang gemuk. Sepertinya ada yang hilang saat melihat mereka makin malas bergerak karena beban berat yang ditanggung.

Perbedaan makanan anjing Pomeranian


Umumnya anjing pomeranian dapat diberi makan dengan pilihan yang bisa berbeda, seperti jenis makanan kering atau basah. Ke2 jenis makanan tersebut memiliki beberapa perbedaan yang perlu diketahui majikannya.

Jenis pakan yang bersumber dari makanan kering harus memiliki syarat dasar bahwa persentase biji-bijian sangat rendah. Namun beberapa jenis produk konvensional dengan harga murah sering mengandung proporsi sereal yang sangat tinggi. Ketika makanan anjing pomeranian Anda mengonsumsi dalam jangka panjang, dapat menyebabkan kelebihan berat badan sekaligus memicu masalah kesehatan lainnya, misalnya gangguan saluran pencernaan.

Sementara itu, ada juga beberapa penyedia yang memproduksi makanan kering dengan bahan campuran khusus yang dirancang untuk berkembang biak dan ukuran tubuh individu. Makanan berkualitas tinggi ini mengandung banyak daging, sayuran dan diperkaya dengan mineral dan vitamin.

Sedangkan sebagian dari jenis makanan basah dengan harga murah mengandung banyak limbah daging yang tidak layak dikonsumsi hewan, sehingga kurang baik dan disarankan tidak menyajikannya untuk mereka.

Jika Anda ingin mendapatkan pakan makanan yang cocok untuk mereka, Anda membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana metode pemberian makan, agar bisa digunakan dengan benar.

Semakin kecil badan anjing Pomeranian berasal dari keturunannya, semakin kecil juga kebutuhan mereka terhadap makanan. Beberapa pertimbangan lainnya jika mencari makanan khusus anjing, adalah memperhatikan kemampuan giginya kecil.

Beda makanan kering dan makanan basah untuk anjing


Pakan untuk hewan peliharaan menyediakan jenis makanan yang bisa berbeda-beda. Misalnya makanan kering dibuat merek tertentu, dianggap lebih cocok untuk jenis anjing kecil. Cara memberi makanan tersebut juga sebaiknya maksimal dua kali sehari untuk usia dewasa. Jika diberi makan dua kali dan ada camilan di antaranya, porsinya harus segera dikurangi.

Bahkan penerapan diet dengan sayuran segar juga baik untuk minipom. Untuk jenis anjing berbadan besar, selain dukungan dengan gigi yang besar dan kuat, memudahkan mereka dapat menggigit wortel mentah. Untuk ras yang lebih kecil, sayuran keras harus dimasak sedikit lebih dulu, tetapi tetap keras.

Sulit memprediksi jenis makanan yang cocok untuk kelompok Spitz. Beberapa dari mereka bisa menyukai makanan basah, yang lain merasa lebih tepat dengan makanan kering.

Banyak anak anjing suka memakan apa yang sudah mereka dapatkan dari peternak. Anda dapat memberi makanan, kemudian beralih ke lainnya. Cara lainnya adalah bisa menggabungkan kedua jenis makan bersama untuk mendapatkan keunggulan kedua varian.

Kelebihan jenis kering

  • Seringkali varian pakan lebih murah
  • Tahan lama dan bisa dimakan dengan baik
  • bau yang muncul cenderung rendah
  • Makanan kering mengandung lebih banyak energi dibanding makanan basah
  • umumnya makanan anjing pomeranian membutuhkan porsi yang lebih kecil untuk kenyang
  • Sisa makanan yang berserakan di sekitar area makan dapat disimpan kembali jika mereka sudah kenyang
  • Anjing yang mengunyah makanan mendapat manfaat lain, yaitu membantu membersihkan gigi pada anjing
  • Mudah diberikan untuk hewan
  • Cocok untuk bepergian
  • Dapat digunakan sebagai hadiah untuk pelatihan


Kekurangan untuk makanan kering
  • Pilihan rasa terbatas
  • Kebutuhan cairan meningkat setelah konsumsi
  • Kepadatan makanan kering tidak cocok untuk anjing tua
  • Sering mengandung bahan pengawet
  • Mereka bisa makan lebih dari yang diperlukan.
  • Beberapa merek pakan tertentu, makanan tersebut mengandung banyak biji-bijian dan bahan bergizi rendah
  • Tanggal kadaluarsanya mungkin tidak dicantumkan


Kelebihan makanan basah

  • Lebih banyak kandungan air
  • Seringkali lebih enak rasanya daripada makanan kering sehingga disukai banyak anjing
  • Anjing lebih tua dan bermasalah dengan gigi dan gusi mudah memakannya


Kekurangan makanan basah
  • Terkadang mengandung pengawet dan penambah rasa
  • Sebagian kurang ramah lingkungan
  • Tanggal kadaluarsanya mungkin tidak dicantumkan


Ciri-ciri anjing pomeranian yang sehat dapat dikenali pada pandangan pertama. Jika mereka memiliki kelebihan berat badan, perilakunya cepat lesu dan malas.