Header Ads Widget

}

Selain shampo manusia, sabun pencuci piring beresiko untuk kucing

Terdengar aneh namun cara majikan membersihkan dan memandikan kucing yang kotor atau berkutu, kadang-kadang bisa membuat pecinta hewan lain geleng-geleng kepala.

Saat hewan peliharaannya bersiap dimandikan dan persiapan awal dilakukan, tak sedikit majikan yang akan memandikannya menggunakan shampo untuk manusia, bahkan ada juga yang memakai sabun pencuci untuk piring.

Resiko sembarangan memakai shampo manusia dan sabun pencuci piring untuk kucing


Berdasarkan query yang masuk cukup banyak, saya menilai, mungkin masyarakat sebagian besar masih kurang mendapat informasi yang tepat cara memandikan kucing. Entah apa karena ingin cepat dan praktis saat memandikan kucing, banyak pemilik memakai shampo manusia dan digunakan kepada peliharaannya. Yang terdengar lebih mengagetkan, mungkin ada beberapa masyarakat memakai sabun pencuci piring untuk kucing.

Cara majikan memandikan kucing sembarangan, bahkan menggunakan bahan shampo sembarangannya, selain menyebabkan kejengkelan pada hewan Anda, mereka akan trauma untuk mengulangi mandi.

Pemakaian yang tak disangka juga, ketika ada yang memakai sabun pencuci piring sebagai bahan utama shampo.

Hewan peliharaan sejenis kucing dibekali cara membersihkan diri mandiri. Namun dalam situasi tertentu, ketika mereka terkena tumpahan oli, cat dan produk cairan bahan rumah tangga yang berbahaya, maka pilihan terakhir memandikan mereka.

Memandikan kucing dalam situasi yang seperti ini bertujuan untuk mempercepat proses dan menjaga supaya bahan tersebut tidak terjilat dan termakan secara tidak sengaja.

atau ketika mereka ada kutu, memandikan kucing lebih rutin perlu dilakukan agar kutu di badannya tidak berkembang biak dan terus menghisap darahnya.

Shampo manusia dan sabun pencuci piring untuk kucing


Pemilik peliharaan ketika ingin memandikan hewan kucing, disarankan memakai shampo khusus untuk kucing. Dan hindari menggunakan shampoo untuk hewan lain kepada mereka, misalnya shampo untuk anjing.

Shampo manusia, anjing, kucing mempunyai formula berbeda antara 1 dengan lainnya. Bahan utama tiap sampo secara tidak langsung juga berbeda disesuaikan subyek yang menggunakan. Demikian juga yang terdapat dalam sampo kucing.

Ada beberapa saran disampaikan ketika memilih sampo manusia, menurutnya menggunakan jenis sampo untuk bayi.

Namun majikan yang memiliki kucing ras murni atau mixdome, khususnya... kemungkinan iritasi kulit, mantel bulu kusam dan rusak dan peradangan selalu mungkin terjadi pada mereka.

Penyebab sampo manusia kurang cocok untuk kucing

Salah satu alasan shampo manusia tidak cocok untuk kucing adalah kadar pH yang tidak sama. Kucing yang keseringan dimandikan dengan sampo manusia, beresiko menimbulkan masalah kesehatan baru pada kulitnya.

Selain itu, beberapa bahan tambahan sampo manusia, kemungkinan menyebabkan pedih di mata. Pada kasus yang lebih serius, paparan busa sampo yang terlalu keras dapat menghilangkan kemampuan penglihatan mereka.

Hal lain yang tak kalah penting dan mempengaruhi kesehatan kulit kucing adalah proses pembersihan usai menggunakan sampo. Membersihkan badan kucing yang tidak benar, maka kemungkinan sisa sampo akan tertinggal di kulit.

Saya berasumsi mungkin pemilik kucing menganggap sampo kucing mahal atau susah dicari. Mungkin dugaan Anda tidak seluruhnya benar.

Beda dengan dulu, saat ini Shampo kucing mudah dibeli 

Saat ini, dimasa peningkatan jaringan internet semakin meluas ke berbagai pelosok kota dan desa. Cara mudah membeli sampo semakin efisien dan cepat. Anda hanya membuka aplikasi toko online yang menjual produk dan merek tertentu yang terkait dengan hewan peliharaan, berbagai tawaran produk bermunculan dengan cepat.

Kendala jarak, ongkos transportasi, parkir atau macet, saya kira bukan kendala utamanya. Sementara jika menduga harga sampo kucing mahal, sebenarnya relatif dan masih sama harganya seperti sampo yang Anda pakai untuk keramas.

Sebagian saran penyayang hewan mungkin berdasar pengalaman mereka ketika memandikan kucingnya, yakni dengan sampo bayi atau sabun pencuci piring. Namun pertimbangan bahwa setiap ras kucing tidak selalu memiliki daya tahan yang sama terhadap alergi dan efek bahan yang terkandung dalam sampo bayi dan sabun pencuci piring.

Disarankan jika Anda benar-benar perduli kesehatan kulit dan mantel bulu kucing, pilihan membeli sampo kucing adalah yang paling tepat. Dalam satu botol yang Anda beli, pemakaiannya bisa berlangsung lama mengingat kucing sangat jarang di mandikan.

Catatan:
Beberapa rekomendasi yang muncul tentang sampo manusia, sering menyarankan memakai sampo bayi seperti berlabel Zwitsal Baby Shampoo Natural. sampo bayi mungkin bisa saja dipakaikan untuk kucing,, namun sampo bayi tetap memiliki beberapa perbedaan dengan label yang terdapat dalam sampo kucing.

Sementara untuk sabun pencuci piring, umumnya disarankan merek sunlight, mama lemon atau merek sejenisnya dan peruntukannya paling dominan menghilangkan kutu yang terdapat dalam badannya.

Sebelum menggunakan sampo manusia produk apapun dan sabun pencuci piring, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter hewan untuk antisipasi resiko yang mungkin bisa muncul.