Header Ads Widget

}

19 Fakta tentang Kucing Russian Blue

Sangat khas dan berbeda dengan kucing pada umumnya, ras Russian Blue memiliki ciri yang terlihat unik ketika Anda memandang mata mereka berwarna kebiruan, seolah bersinar terang seperti zamrud. Jika beberapa kelompok hewan berbulu yang lazim ditemui dengan fisik mirip kucing Orange Tabby. Kucing Russian Blue lebih mudah diidentifikasi sebagai kelompok berbeda karena mencolok dengan mantel bulu abu-abu kebiruan yang lembut. Dalam komunitas penyayang kucing (cat lovers), mereka termasuk makhluk favorit yang diinginkan peternak profesional untuk dikembangbiakan.

Sebelum mendapatkan mereka dengan cara membeli di petshop dan peternak yang terpercaya melakukan perawatan kesejahteraan Russian Blue, kucing ini punya fakta yang mungkin menarik Anda sebagai adopter atau majikan.

19 Fakta hewan berbulu Russian Blue


1. Kehadiran ras kucing Russian pertama kali saat Pertunjukan Kucing pertama Dunia yang diselenggarakan di London, tahun 1875, Tempat populer bernama Crystal Palace dalam acara pertunjukan kucing pertama ikut serta dalam lomba kontes meski saat itu belum memenuhi syarat untuk menjadi pemenang karena belum diakui secara internasional. Hewan peliharaan ini mulai memperoleh pengakuan dan mendapat spesifikasi khusus pada tahun 1912, seperti yang kita ketahui hingga sekarang. Saat itu, hewan berbulu tersebut masuk ras yang diakui oleh asosiasi hewan dari Amerika.

2. Ras kucing Russian unik karena mantel bulu berkilau
Beberapa spesifikasi hewan peliharaan berbulu ini memiliki tanda mantel bulu pendek berlapis ganda. Genetik alamiah mereka dibagian ini sangat halus, lembut dan mantel bagian luar akan lebih padat berwarna perak berkilau. Ciri khas inilah menjadi alasan hewan peliharaan Russian Blue berbeda dibanding karakteristik kucing lainnya.

3. Warna mata kekuningan saat lahir
Khas dan unik pada mata zamrud kehijauan setelah dewasa, hewan peliharaan berbulu tersebut ketika dilahirkan ternyata berbeda dalam periode ini, warna mata kuning, mengalami perubahan setelah 1 tahun atau mulai mandiri. Fakta kelahiran mereka berjalan waktu ketika semakin bertambah umum, periode warna mata kuning, hijau atau biru, saat umur mereka makin tua mengalami warna kecoklatan.

4. Ras kucing berasal dari Rusia
Kucing cantik ini jenis yang muncul secara alami pada awalnya yang hidup bebas berkeliaran di hutan belantara Rusia Utara sebelum dijinakkan. Sejarah kucing Russian Blue mulai terdapat di beberapa tempat, dipercaya oleh sebagian orang karena pelaut yang pernah singgah ke tempat tersebut membawa kucing ke atas kapal sekitar tahun 1860. Kehidupan kucing yang dikenal ramah dan cara beradaptasi yang cepat ditengah masyarakat, hewan ini mendapat banyak perhatian dan cepat menjadi populer di pelabuhan Archangel Isle. Oleh karenanya, mereka sering dipanggil Archangel Blues.

5. Legenda ras kucing Russian
Dongeng Rusia kuno menganggap ras kucing Russian hewan keberuntungan yang dikenal seperti jimat penangkal dari penyakit. Bahkan ia dikatakan salah satu kucing unik yang pernah menyelamatkan pangeran Rusia yang sakit dari kematiannya. Legenda ini akhirnya berkembang dan membuat mereka menjadi hewan favorit kerajaan Rusia untuk mengusir roh-roh jahat dari kerajaan. Kehadiran ras hewan peliharaan berbulu ini di kalangan bangsawan Rusia, sering berada tempat tidur di melindungi bayi bangsawan yang baru lahir.

6. Awal mantel bulu hewan kucing Russian Blue hitam dengan pola pudar
Seperti awal kekhasan habitat hewan mengeong ini sebelumnya sebagai kucing liar alami sebelum dijinakkan. Mereka jenis kucing hitam yang memiliki gen bulu berbeda dibanding pola saat ini. Persilangan antar ras kucing Russian sebagai hewan liar, populasi mantel bulu warna abu-abu biru terus meningkat dan lebih terkenal dari nenek moyang sebelumnya. Misalnya, kucing hitam memiliki 1 dari 2 gen dan terjadi persilangan, kemungkinan besar akan memunculkan anak kucing seperti abu-abu dengan sedikit pola hitam.

7. Russian Blues suka sekali dengan rutinitas mereka.
Kucing-kucing ini benar-benar lebih suka hidup dengan jadwal yang telah ditentukan - terutama jika menyangkut waktu makan malam mereka. Mereka pasti akan mengingatkan Anda jika Anda hanya 5 menit terlambat memberi mereka makan! Russian Blues tidak cocok dengan perubahan seperti pindah, atau diadopsi ke keluarga lain. Mereka benar-benar hanya terikat dengan satu orang dan keluar dari rutinitas mereka membuat mereka cemas. Mereka tidak akan suka bepergian dengan Anda, tetapi jangan khawatir! Mereka cukup mandiri dan senang tinggal di rumah tanpa Anda. Biru Rusia akan menyambut Anda dengan penuh cinta begitu Anda kembali ke rumah.

8. Russian Blue unik dengan senyuman
Bentuk mulut hewan berbulu ini sangat khas terlihat seperti sedang tersenyum. Selain bulu yang indah, ketika Anda memperhatikan bagian wajah mereka maka berbentuk tersenyum karena ekspresi mulutnya yang tinggi dibagian samping.

9. Kucing Rusia Rusia hewan berlu jenis hypoallergenic
Merawat kucing Russian Blue tidak terlalu merepotkan karena tipe mantel bulu mereka jarang rontok berlebihan. Beberapa dari mereka bisa bermasalah untuk urusan pakan makanan. Kucing yang mandiri dalam hidup liar tersebut diduga punya problem umum jika makan makanan secara sembarangan, sehingga mereka dimasukkan kelompok hypoallergenic.

Beberapa pengujian yang pernah dilakukan, hewan tersebut mampu menghasilkan kadar protein Fel yang lebih rendah dibanding kucing lain. Ketika protein disekresikan air liur dan berada pada kulit kucing, selain dapat menyebabkan alergi untuk mereka dan bisa menimbulkan ketidakcocokan bagi manusia yang memiliki sensitif tinggi terhadap alergi. Namun hal tersebut lebih sedikit daripada kucing lainnya.

10. Russian Blues dikenal karena sifatnya yang penuh kasih.
Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Kucing Biru Rusia adalah kucing satu orang. Tapi ini hanya berarti mereka hanya akan terikat dalam satu orang. Itu tidak berarti bahwa mereka hanya boleh tinggal di rumah satu orang. Mereka benar-benar menikmati hidup dalam keluarga, dan bahkan dapat hidup bahagia dengan hewan peliharaan lain! Kucing Rusia Rusia penuh kasih sayang dan suka duduk tepat di sebelah pemiliknya. Ketika kucing-kucing ini merasa sangat mencintai, mereka akan merangkak dan meringkuk tepat di pangkuan Anda!

11. Mereka hewan yang bisa memburu mangsa yang sangat besar
Pengaruh genetik nenek moyang sebelumnya sebagai hewan mandiri di alam bebas. Kebiasaan kucing liar masih terdapat pada mereka dalam naluri mempertahankan diri. Jika Anda ingin memelihara mereka, selain mengetahui cara merawat kucing Russian Blue pada makanan berkualitas tinggi dan seimbang, dukungan lain seperti tersedianya variasi mainan berbentuk stimulasi fisik dan mental akan membuatnya bahagia.

Hewan peliharaan tersebut saat menjadi bosan dapat mencari kesibukan lain dan kemungkinan bermain di luar rumah menjadi tinggi jika dibiarkan sendirian tanpa pengawasan. Beberapa jenis satwa lain yang akan diburunya, seperti menangkap burung, kadal, atau mangsa kecil lainnya.

12. Russian Blue memiliki kesehatan yang baik
Secara keseluruhan ras kucing liar ini punya riwayat kesehatan yang baik sepanjang hidupnya. Jika beberapa jenis kucing lain yang dirawat manusia memiliki kecenderungan penyakit seperti ginjal, mereka tidak demikian. Cara efektif dan paling sederhana yang perlu Anda lakukan untuk mereka adalah menjadwalkan pemeriksaan kesehatan ke dokter hewan secara berkala. Usia mereka dapat hidup mencapai 25 tahun.

13. Kepribadian ras kucing Russian hewan pemalu
Mereka salah satu hewan berbulu yang ramah dengan manusia, namun berlaku khusus untuk anggota keluarga yang mereka kenali. Russian Blue termasuk hewan berbulu yang pemalu dengan orang asing.

Ketika hewan peliharaan tersebut bertemu dengan asing, salah satu kecenderungan yang akan mereka lakukan adalah bersembunyi dengan mencari tempat yang bagus bersembunyi. Kepribadian tersebut berlangsung lebih sering jika banyak orang asing berada dilingkungan mereka hingga dinilai aman kembali.

Untuk berinteraksi dengan mereka, caranya dengan memancing memakai mainan kesukaannya secara alami. Jika mereka menginginkan bermain, secara tidak langsung akan keluar dan menjadi bagian permainan tersebut.

14. Russian Blue butuh perawatan ekstra
Minat Anda menjadikan mereka sebagai hewan peliharaan karena ciri khas yang dimiliki mungkin perlu mempertimbangan pada cara merawat kucing Russian Blue. Sepanjang kehidupan mereka pada kebiasaan umum perawatan, mereka butuh perhatian ekstra.

Kemampuan mantel bulu mereka mudah panjang sehingga menjadi cepat lebat. Anda perlu grooming secara teratur 1-2 kali dalam seminggu pada bulunya supaya tidak mengumpal dan menjadi kusut.

Beberapa pengalaman pemilik kucing ini juga mengungkapkan, jika banyak kucing sering bersih dan menghabiskan banyak waktu merawat diri sendiri, Russian Blue juga terkenal cerewet tentang kotak kotoran mereka. Mereka salah satu hewan yang ingin kebersihan terjaga dengan baik.

15. Populasi Russian Blue sempat turun sekitar Perang Dunia II
Fakta tentang ras kucing Russian selama perang dunia II terjadi membuat sebagian besar peternak dan penyayang kucing ras ini mengalami sumber daya yang menurun. Pada masa tersebut, sebagian besar manusia menjadi sibuk dengan urusan lain sehingga populasi kucing ini menurun pesat.

Perkembangan tersebut berangsur membaik saat pertikaian merendah, inisiatif pecinta kucing dari seluruh Eropa berusaha menyelamatkan habitat mereka dengan metode persilangan Russian Blue yang tersisa dengan kucing Siam dan Blues Inggris.

16. Jenis ras kucing Russian
Upaya penyelamatan habitat Russian Blue menggunakan sisa kucing yang pernah ada saat itu, maka persilangan dengan ras lain dilakukan penyayang dan peternak di masa tersebut.

Beberapa hasil persilangan Russian Blue dengan ras asli lainnya, maka bentuk perubahan mereka sering terlihat mirip dengan beberapa kucing lainnya. Misalnya mirip dengan British Blues atau Chartreux.

Perbedaan jenis kucing dari persilangan tersebut membawa ciri khas berbeda. Misalnya Russian Blue memiliki mata hijau zamrud, blues Inggris hampir memiliki mata kuning atau emas, dan Chartreux dikenal dengan mata oranye. Perbedaan lainnya terdapat pada Russian Blue adalah mantel bulu yang jauh lebih lembut,halus seperti sutra dan berkilau. Pada ukuran tubuh mereka pun, bentuknya lebih ramping dibandingkan jenis hewan berbulu lain yang cenderung gempal dan gemuk.

17. Alasan Kucing Rusia terlihat lebih besar
Kucing Rusia Rusia memiliki tulang yang sangat halus dan mantel berlapis ganda berpola padat. Meskipun mereka memiliki ukuran tubuh yang ramping, kamuflase penglihatan dari bulu yang tebal dapat menyamarkan seberapa ramping karena terlihat lebih besar dan lebih tebal dari yang sebenarnya.

18. Salah satu kucing pintar

Merawat hewan peliharaan anjing dan kucing secara bersamaan dapat menyenangkan. Jika ada anggapan dari pecinta hewan percaya bahwa anjing adalah hewan peliharaan yang dapat mempelajari trik pelatihan tertentu, Russian Blue mampu melakukan hal yang sama.

Kucing Russian Blue termasuk hewan berbulu yang cerdas dan dapat mempelajari hal-hal baru. Jika sebagian besar hewan berbulu sulit berkonsentrasi, Russian Blue mudah dilatih.

Beberapa cara melatih mereka dengan mudah menggunakan permainan spesifik, seperti metode pelatihan dan trik menjemput bola-bola kecil, berguling dan beberapa stimulasi latihan di rekomendasi pakar profesional.

19. Hewan berbulu ini lebih sering mengeong mencari perhatian majikan

Berbeda dengan kucing lain, hewan berbulu ini punya kebiasaan sering mengeong saat majikan melewati jadwal makan mereka, Cara mereka mendapat perhatian dari Anda dengan tingkah lakunya yang ekspresif melalui komunikasi vokal.



Post a Comment

0 Comments