Header Ads Widget

}

Cara Merawat Anjing Boxer, Dari Makanan Hingga Kesehatan

Memiliki ciri tubuh kekar dan berotot, anjing boxer adalah ras peliharaan yang gemar bermain bersama anggota keluarga Anda. Ia dikenal sebagai hewan pelindung yang amat protektif, membuatnya dipilih sebagai penjaga penuh energi,

Memilih anjing menjadi hewan peliharaan dalam keluarga perlu perhatian ekstra mengingat sifat dan temperamen bawaan mereka. Sama seperti hewan penjaga dan pelindung, Cara merawat jenis anjing ini perlu cara perawatan yang benar, karena rentan pada penyakit tertentu serta keperluan spesifik yang berbeda.

Cara memberi makan anjing boxer


Pemilihan pakan berkualitas tinggi untuk hewan peliharaan seperti boxer ketika ia menjadi sahabat Anda tidak bisa disepelekan.

Fungsi utama makanan terbaik yang diberikan secara teratur dan terjadwal, dapat menjaga kesehatan mereka tetap baik dan mengurangi resiko penyakit spesifik.

Cara merawat anjing boxer yang sembarangan saat pemberian makanan tak seimbang, selain tidak memberi manfaat kesehatan melalui nutrisi terbaik, juga perlu standar minimal seperti yang direkomendasikan ahli hewan.

Hewan peliharaan seperti boxer perlu dilatih mengenal jadwal makan secara tetap yang disesuaikan dengan umur dan kebutuhan spesifik lain, jika diperlukan.

Beberapa cara menentukan takaran makanan untuk peliharaan boxer atau menurut petunjuk dokter hewan Anda.


  • - usia anak 8-12 minggu perlu 4 kali makan sesuai takaran seharinya
  • - usia 3-6 bulan perlu 3 kali makan dalam sehari
  • - usia menjelang dewasa sekitar 6 bulan hingga 1 tahun perlu minimal 2 kali makan dalam sehari
  • - usia tua umumnya memerlukan 1 kali makan dalam sehari


Kurang perhatian majikan terhadap kebutuhan makanan untuk boxer akan membuat mereka mengalami malnutrisi. Namun hewan peliharaan tersebut mudah mengalami kegemukan dan perut kembung saat terlalu banyak mengonsumsi makanan.

Penyeimbang yang tak kalah penting untuk mereka adalah kebutuhan air bersih yang mudah diakses. Secara keseluruhan jenis anjing ini membutuhkan air bersih dalam ukuran mangkok besar dan perlu dibersihkan setiap harinya dengan mencuci sehingga terbebas dari bakteri.

Cara memberi camilan yang benar


Camilan atau kudapan maupun hadiah adalah hal yang sangat sulit ditolak mereka. Anda dapat melatih mereka dengan metode penguatan positif menggunakan camilan dan hadiah favorit, selama perilaku mereka seperti yang Anda harapkan.

Cara perawatan yang baik adalah dengan pemberian hadiah berupa makanan ringan seperti rekomendasi dokter hewan dan pelatih profesional, Anda perlu menghitung total kalori yang diterimanya tidak lebih dari 10% dari jumlah pakan utama.

Jenis hadiah kesukaan untuk mereka yang bisa disiapkan, diantaranya:
- biskuit khusus anjing
- tulang yang direkomendasikan ahli hewan
- telur
- jenis ubi

Cara menjaga kesehatan


Cara merawat anjing boxer tak sekedar mencari pakan berkualitas tinggi bagi mereka, hewan peliharaan ini memerlukan jadwal pemeriksaan kesehatan secara teratur meski tidak sakit.

Salah satu manfaat diperoleh majikan ketika hewan peliharaan telah memiliki jadwal pemeriksaan kesehatan ke dokter hewan secara berkala, kemungkinan resiko penyakit yang belum begitu serius akan mudah disembuhkan dan dideteksi lebih awal.

Dalam kunjungan ke Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) atau Rumah Sakit Hewan, mungkin Anda bisa menanyakan waktu yang tepat mensterilkan kepada dokter hewan.

Manfaat sterilisasi terhadap hewan peliharaan bagi majikan, selain mengurangi populasi hewan peliharaan terlantar dan tidak terurus, hal lain seperti perilaku mereka lebih tenang saat memasuki masa panas.

Hewan peliharaan tersebut juga memerlukan vaksinasi lengkap sejak usia anak hingga dewasa. Untuk memperoleh waktu yang sesuai berdasarkan umur mereka, mintalah petunjuk dokter hewan untuk memulai merencanakan dengan baik.

Gangguan kesehatan secara umum


Beberapa jenis anjing mempunyai ciri khas yang berbeda terhadap gangguan kesehatan. Misalnya ras boxer juga terdapat penyakit spesifik dan perlu perhatian ekstra oleh pemilik.

Jenis penyakit yang bisa dialami hewan peliharaan tersebut, seperti:
- kelainan jantung
Beberapa ras dari mereka dapat bermasalah pada kelainan jantung, sering menunjukkan beberapa tanda awal seperti sering pingsan, irama pernapasan tidak teratur, mudah cape hingga lesu.

Jenis penyakit yang umum tersebut dikenal dengan boxer cardiomyopathy.

- penyakit kanker kulit
Beberapa tanda yang menyertai penyakit tersebut terhadap dugaan penyakit kanker kulit adalah timbulnya bintik yang tidak normal pada kulitnya. Untuk memastikan penyebab bintik kulit anjing boxer, lakukan pemeriksaan kesehatan di dokter hewan.

- pengaruh lingkungan panas dan cahaya
Salah satu kesulitan ras boxer ketika berada di lingkungan terbuka dengan paparan sinar matahari berlebihan, mudah menyebabkan kornea mata menjadi merah.

Beberapa gejala ringan yang memperlihat tersebut, saat dibiasakan terlalu lama di luar rumah, seperti mata berair, menyipitkan kelopak mata karena sinar matahari terlalu terang. Gejala ringan yang tidak diobati dengan benar akan memicu ulkus dalam kornea mata.

- suara pernapasan yang berat
Ciri khas bagian wajah anjing boxer memiliki jenis moncong pendek dan hidung kecil. Sehingga cara merawat mereka perlu kehati-hatian, karena beberapa dari mereka mungkin lebih sensitif saat bernapas sehingga terdengar suara napas berat atau mengi.

Cara berinteraksi majikan dengan mereka


Cara merawat ras boxer tidak tepat jika dipelihara dalam kandang secara terus menerus. Kandang untuk anjing harus menjadi tempat nyaman dan aman serta menyenangkan.

Menghukum hewan peliharaan berperilaku buruk dalam kandang, selain tidak efektif melatih mereka, luas ukuran kandang sesuai tubuhnya juga penting.

Mereka perlu bergerak bebas seperti berputar, berbaring nyaman dengan alas lembut ketika beristirahat.

Cara berinteraksi bersama anjing boxer yang baik adalah bermain dengan mengajak mereka berjalan. Temukan waktu yang tepat untuk menyalurkan energi mereka minimal 10-15 menit dalam sehari.



Post a comment

0 Comments