Header Ads Widget

}

Cepat dan Alami, Begini Cara Menghilangkan Kutu Anjing

Ragam produk pengobatan untuk menghilangkan kutu anjing tersedia dalam berbagai merek yang mudah dibeli secara online ataupun di petshop terdekat. Namun obat pembasmi kutu anjing ini jika dibeli secara sembarangan tanpa mempertimbangkan zat kimia yang menyertai dalam kemasan, terkadang menimbulkan masalah baru bagi kesehatan kulit dan memicu alergi kulit hewan peliharaan tersebut.
Cara Menghilangkan Kutu Anjing

Jenis bahan alami dan cepat membasmi kutu anjing


Dari sekian banyak pilihan tersebut, Anda mungkin pernah menerima saran penggunaan shampo anti kutu untuk hewan berbulu.

Beberapa dari pemilik hewan peliharaan terkadang memilih cara praktis dan cepat yang lainnya, dengan sampo untuk manusia yang sebenarnya kurang cocok untuk jenis anjing karena kadar pH yang tidak sama.

Selain itu sebagian majikan memilih sampo manusia untuk membasmi kutu anjing.

Jika Anda salah satu dari pemilik yang mempertimbangkan sampo manusia sebagai perawatan bagi hewan berbulu tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan kepada mereka.

Akibat yang timbul pada kulit anjing menggunakan shampoo manusia

Kucing, anjing dan hewan berbulu pendek, medium hingga longhair seperti kita ketahui bersama adalah bagian tubuh mereka sebagian terdiri mantel bulu untuk melindungi dirinya.

Kemampuan hewan dalam beradaptasi dengan suhu dan lingkungan di tempat tinggal mereka, sebagian besar dipengaruhi mantel bulu yang sehat dari paparan sinar matahari dan suhu dingin ketika malam hari.

Pemakaian sampo anti kutu yang tidak mendapat rekomendasi dokter hewan dan ahli hewan, selain berdampak kesehatan bulu tidak maksimal akibat perbedaan formulasi bahan yang ramah untuk anjing dan kucing, peluang lain seperti bulu yang lebih tipis, mudah rontok hingga kemungkinan lain terjadinya alergi di kulit.

Oleh karenanya, sebelum Anda memakai bahan yang belum teruji aman untuk anjing, cara membasmi kutu yang aman adalah membeli sampo khusus untuk anjing di petshop atau mengunjungi Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) dan Rumah Sakit Hewan terdekat.

Metode sederhana menghilangkan kutu anjing


Selain mengutamakan kecepatan dan cara alami bagi hewan berbulu supaya sehat seperti semula, jenis pengobatan yang sering digunakan menghilangkan kutu anjing, disesuaikan pada umur dan riwayat kesehatan mereka.

Simpel cara menghilangkan kutu anjing yang perlu Anda ketahui:

  • Sari cuka apel
  • Lemon
  • Sabun cuci piring ramah hewan
  • Penyisiran bulu secara teratur dengan sisir kutu
  • Menggunakan sampo anti kutu secara khusus bagi anjing


Cara menggunakan sari cuka apel, lemon, sabun cuci piring, dan sampo anti kutu


Bahan yang diperlukan:
1 sendok teh sari cuka apel - cuka putih
1 liter air bersih

Aduk rata kedua bahan ini ke dalam wadah yang dipersiapkan. Fungsi dari sari cuka apel untuk menghilangkan kutu dan telur yang mungkin tertinggal di badan mereka dan tidak bisa basmi dengan obat lainnya.

Basuh ke badan mereka dengan kain atau Natural bath sponge yang dicelupkan cairan tersebut setelah dimandikan sebelumnya.

Lakukan pijatan lembut supaya cairan meresap hingga bagian dalam di area yang terdapat kutu.

Sebelum menggunakan bahan sari cuka apel, anjing perlu di sisir menggunakan sisir kutu di tempat yang terang. Proses penyisiran bulu hewan peliharaan ini juga mengembangkan bulu yang menjadi tempat persembunyian kutu.

Cara memandikan anjing menggunakan sampo anti kutu


Membiasakan anjing mandi sejak usia dini membawa pengalaman baik sekaligus memudahkan majikan ketika dalam situasi khusus, seperti berkutu.

Bahan yang diperlukan:
1. Tempat menyesuaikan ukuran badan anjing. Hewan peliharaan kecil lebih mudah mendapatkan tempat seperti bak mandi bayi, sedangkan anjing besar lebih cocok dimandikan di ruangan datar terbuka dan bersih menggunakan selang penyemprot.
2. Sampo anti kutu anjing
3. Sisir
4. Option, memeriksa panjang kuku jika perlu dipotong jika panjang sebelum dimandikan
5. melepaskan aksesori dari badan mereka seperti rantai atau kalung
6. memasang gumpalan kapas di telinga untuk mencegah air masuk ke dalam. Jangan menekan terlalu dalam agar tidak menyulitkan Anda untuk mengambilnya setelah selesai memandikan
7. gunakan suhu air hangat berkisar 25 ºC

Proses memandikan anjing terbebas dari kutu

Cara memandikan anjing yang benar adalah tidak menyemprotkan langsung bagian wajah dan kepala mereka. Cara yang salah ketika memandikan anjing juga menambah waktu dan merepotkan karena hewan berbulu tersebut menjadi terus bergerak mengibaskan kepala, karena terasa aliran air masuk ke mata atau telinga.

Buka tekanan air secara perlahan dan sesuaikan kebutuhan. Basahi bagian bawah leher pertama kali dari posisi belakang mereka. Jika menggunakan gayung, hal ini sama juga dan menurun ke bagian badan sehingga seluruh mantel bulu terkena air.

Basuh sampo anti kutu dari bagian punggung menurun hingga tulang belakang. Usap secara perlahan sambil memijit agar busa sampo menyebar ke seluruh badannya.

Bagian tubuh lain yang perlu dibasahi dengan busa yang sama seperti lipatan kaki, perut, hingga bagian lainnya, kecuali bagian muka.

Setelah proses memandikan dan menggunakan sampo anti kutu sudah selesai, bisa kembali menggunakan air hangat. Pastikan seluruh busa sampo terbilas secara benar sehingga tidak tertinggal dalam bulu mereka, karena bisa menyebabkan jamur dan masalah kulit terhadap hewan yang sensitif.

Gunakan pengering yang baik seperti handuk penyerap air hingga kering. Jika anjing mengibas badannya untuk mempercepat keluar air yang terdapat dalam bulu, hal tersebut wajar.

Ambil kapas yang dipakai untuk mencegah air masuk dalam telinga secara perlahan.

Alat bantu lain bisa Anda gunakan supaya bulu mereka benar-benar kering, misalnya memakai pengering rambut atau hair dry dalam kecepatan yang rendah supaya tidak menakuti mereka.

Beri hadiah untuk anjing setelah proses mandi selesai dilakukan, misalnya camilan atau kudapan kesukaannya sehingga menambah pengalaman positif saat mandi berikutnya.

Sebelum memandikan anjing Anda, catatan yang perlu dipersiapkan adalah waktu yang tepat melakukannya. Kondisi suhu hangat, tidak dingin disarankan dipilih majikan.

Kombinasi cara menghilangkan kutu anjing dapat menggunakan beberapa metode pengobatan diatas. Cara membasmi kutu anjing diatas bisa berbeda menyesuaikan keadaan ras hewan peliharaan atau menurut rekomendasi dokter hewan, khususnya bahan yang digunakan, apakah aman bagi mereka, terlebih jenis anjing sensitif.



Post a Comment

0 Comments