Header Ads Widget

}

6 Ras Populer Anjing Jepang, Dari yang Kecil sampai Terbesar

hewan peliharaan berbulu berasal dari Jepang ternyata punya 6 ras populer dan sudah dikenal masyarakat lokal sebagai anjing Jepang. Populasi mereka hidup sebagian besar di kawasan Negeri Sakura atau Negeri Matahari Terbit dengan standar hidup cukup tinggi tersebut, menurunkan karakteristik yang hampir mirip antara satu dengan lainnya. Pecinta anjing yang mengenal watak seperti Spitz, Samoyed hingga Pomeranian dapat menemukan bentuk yang hampir sama diantara 6 ras anjing asli Jepang ini.

6 Ras Populer Anjing Jepang, Dari yang Kecil sampai Terbesar
Sumber: Pxhere/CC0 Offentlig domene

6 Anjing asal Jepang


Kesamaan bentuk tubuh hewan peliharaan adalah kepribadian yang dimiliki dalam ras anjing Jepang tersebut, memiliki beberapa perbedaan yang bisa dilihat dengan jelas.

Setelah membaca perbedaan anjing ras asal Jepang berikut, Anda tak bingung lagi mengungkapkan temperamen, ciri tubuhnya hingga kepribadian.

1. Ras Spitz anjing terkecil diantara 6 trah hewan berbulu asal Jepang


Anjing asal Jepang dengan tubuh terkecil diantara 6 ras ini, Spitz Jepang punya kemiripan muka seperti anjing Pomeranian. Mereka hewan peliharaan berukuran mini sebagai peliharaan pendamping terbaik sebagai anggota keluarga.

Beda anjing Spitz Jepang dengan anjing Jepang sepupu mereka, Pomeranian adalah ukuran tubuhnya lebih besar. Ras Pomeranian jika berdiri bersamaan memiliki badan lebih kecil.

Anjing spitz Jepang rata-rata berukuran 13-16" (33-47 cm) dengan ciri khas mantel bulu yang panjang dan tebal.

Ciri spesifik anjing Spitz Jepang

  • Bentuk tubuh cenderung persegi dengan bidang dada dalam, telinga kecil berdiri
  • Pola mata besar berwarna hitam dengan ciri moncong menonjol, kontras dengan hidung hitam diantara warna bulu putih
  • Postur tubuh lebih besar dibanding Pomeranian, mereka umumnya datang dengan ketinggian 25-47 cm
  • Perkiraan rentang usia mereka 10-16 tahun
  • Sifat umum mereka adalah anjing yang aktif dan menyenangkan. Salah satu kelebihan mereka adalah loyalitas yang tinggi dan bisa menggonggong terhadap orang asing.
  • Kemampuan anjing Spitz Jepang sangat baik terhadap suhu dingin daripada suhu panas
  • Secara keseluruhan hewan peliharaan tersebut menyukai suhu di dalam rumah dan memerlukan waktu yang cukup untuk bermain menyalurkan rasa kebosanan.

Cara merawat anjing Spitz Jepang agar tetap sehat adalah perhatian yang diberikan majikan terhadapnya.

Selain pakan makanan nutrisi tinggi yang seimbang, hewan peliharaan ini membutuhkan perhatian untuk bersama sehingga tidak cocok ditinggal sendirian. Perilaku buruk yang bisa terjadi pada mereka saat bosan dan ditinggal dalam waktu lama, mudah memicu kebiasaan menggonggong dan kemungkinan destruktif terhadap sesuatu yang dipilih sebagai pelampiasan.

Secara keseluruhan anjing Spitz jenis hewan yang menyenangkan, setia pada majikan, waspada terhadap hal asing dan mudah bersosialisasi serta dilatih trik tertentu.

2. Anjing Kai Ken


Sumber: thesmartcanine.com


Anjing asal Jepang kedua adalah Kai Ken yang dikenal memiliki sifat pemburu dan salah satu hewan yang langka, bahkan di tempat asalnya sendiri.

Anjing ukuran sedang yang bisa dijumpai di sekitar pegunungan Jepang tersebut, rata-rata tubuh anjing Jepang ini memiliki ketinggian sekitar 18-22 inci dan berat badan 22-55 pound.

Beberapa karakteristik yang dimiliki mereka, jenis anjing ini cenderung kurang mandiri diantara 6 anjing asal Jepang yang lain.

Kelebihan anjing Kai Ken adalah mudah dilatih karena tingkat kecerdasan mereka sangat baik dari ras lainnya.

Kehidupan mereka yang dikenal aktif dan menyenangkan, hewan berbulu ini sering menemani majikan dalam kegiatan mendaki gunung dengan kemampuan lain, yakni bisa berenang dengan baik.

3. Anjing Hokkaido Inu


Ras Hokkaido Inu jenis anjing pekerja yang memiliki berat badan antara 44-66 kg dan tinggi saat berdiri sekitar 20 inci. Mereka termasuk hewan yang sering membantu masyarakat sekitarnya dalam berburu babi hutan atau mendeteksi kehadiran beruang pada waktu lampau.

Karakteristik anjing Hokkaido tidak kenal takut dan pemberani untuk melindungi anggota keluarga dari bahaya. Mereka termasuk hewan yang punya tingkat kewaspadaan tinggi terhadap hal asing. Jenis anjing ini dapat bersikap tidak ramah dengan orang asing karena sifat alamiah mereka berusaha melindungi anggota keluarga.

Cara mengantisipasi kebiasaan mereka yang waspada tersebut, hewan berbulu ini butuh latihan dan sosialisasi dengan lingkungan.

Ciri spesifik anjing Hokkaido

  • jenis anjing langka, khususnya di luar Jepang
  • ukuran tubuh sedang berkisaran 44-66 kg dan tinggi 20 inci
  • kelompok anjing pekerja yang memiliki mantel ganda dengan ciri panjang dan lebih padat diantara 6 ras Jepang yang lain
  • Warna mantel bulu putih, merah, hitam, keabuan atau campuran
  • Sifat umum sangat lincah bermain dalam kategori ketangkasan dan kepatuhan
  • Sebagian kepribadian mereka butuh cara penyaluran energi untuk menghindari munculnya kebiasaan bosan.

4. Akita Inu


Sumber: wattpad.com

Ras Akita inu adalah anjing Jepang yang populer dan sudah didokumentasikan pada film kisah nyata berjudul "Hachi". Kisah kesetiaan seekor anjing sepanjang hidupnya menunggu tuan kembali bekerja, dekat stasiun kereta api Shibuya. Legenda Hachiko yang terus dikenang sebagai anjing setia, terus menunggu selama 9 tahun hingga kematian menjemputnya.

Ras Akita memiliki dua jenis terkenal saat ini, yakni Akita Amerika dengan fisik yang lebih kokoh dengan struktur tulang lebih padat dibanding Akita berasal dari Jepang yang cenderung berkarakter Spitz.

Salah satu kelebihan anjing Jepang yang dimiliki ras Akita sebagai hewan peliharaan dengan kepribadian mereka bersifat melindungi anggota keluarga atau sosok yang disayangi, Akita dominan disebut anjing pelindung dan penjaga sehingga memerlukan sosialisasi yang baik berupa pelatihan profesional untuk mereka.

5. Shiba Inu


Ciri-ciri anjing Shiba Inu termasuk kelompok trah hewan kecil yang sudah ada sejak jaman masyarakat kuno. Dari beberapa ras hewan peliharaan asli Jepang tersebut, Shiba Inu termasuk anjing populer yang memiliki tinggi badan rata-rata 35 cm hingga 45 cm.

Sebagai anjing Jepang yang paling primitif dan paling tua, Shiba Inu termasuk hewan yang datang dari persilangan antar Shiba Inu asal Shinshi dan Shiba berasal San-In.

6. Tosa Inu


Nama ras anjing Tosa Inu masih tergolong sedikit dijadikan hewan peliharaan masyarakat. Salah satu alasan tersebut, trah Tosa Inu termasuk anjing Jepang bertubuh besar yang mirip seperti anjing Mastiff.

Tosa Inu jenis anjing berkarakter petarung yang tidak kenal takut yang cenderung pendiam dan bersikap waspada tinggi, khususnya terhadap orang asing.

Calon majikan yang ingin memelihara hewan peliharaan jenis anjing ini harus berpengalaman dalam cara merawat, berinteraksi dan dilatih secara benar agar tidak merepotkan Anda.




Post a Comment

0 Comments