Header Ads Widget

}

Jarang Bergerak, 7 Ras Anjing yang Mudah Meningkat Berat Badannya

Hewan peliharaan yang umum dirawat manusia di rumah punya banyak jenisnya, salah satu diantara mereka seperti anjing.

Tahukah Anda, jika belum mengenal beberapa ras anjing yang ada saat ini. Satwa tersebut terdapat ras yang jarang bergerak karena aktivitasnya yang memang tidak tinggi.

Sebagian besar kehidupan harian mereka dilalui dengan tidur, bersantai dan berbaring santai sehingga energi mereka menjadi sedikit terpakai. Jika perawatan dan perhatian untuknya kurang, akan beresiko meningkatkan berat badan dan obesitas.

7 Ras Anjing yang kurang beraktivitas tinggi


1. Anjing Pug


Anjing Pug jenis hewan bertubuh kecil yang memiliki ciri khas pada bagian wajah mereka. Kerutan atau lipatan yang ada tersebut, butuh perawatan rutin dengan membersihkan kotoran yang menempel agar tak mengundang penumpukan dan penyakit.

Pug adalah peliharaan rumahan, senang berada di dalam ruangan dan sering terlihat tidur. Jangan berharap mereka menjadi penjaga atau pengawas rumah Anda. Kehidupan harian mereka ramah dengan anak kecil dan hewan lain, terutama jika disosialisasikan pada usia muda. Mereka bisa menjadi hewan peliharaan yang hebat. Kemampuan adaptasinya kurang begitu baik, lingkungan yang memiliki suhu terlalu panas atau terlalu dingin, dapat membuat mereka sakit karena genetiknya bukan diperuntukan di luar.

Rata-rata mereka sangat ramah anak-anak. Ukurannya yang kecil dan aktivitas yang relatif sedikit membuatnya sempurna untuk kehidupan apartemen. Pugs jenis anjing yang lincah dan menyenangkan, kebiasaan lainnya, mereka suka menempelkan diri ke sisi keluarga mereka untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang manusia.

Ras Pug masuk kelompok anjing yang tidak membutuhkan aktivitas tinggi ketika di rawat manusia. Rata-rata dalam sehari diperlukan waktu berjalan dan bermain menggunakan energi sekitar 15-30 menit.

2. Anjing Chow Chow


Sekilas tampilan anjing chow chow mirip boneka beruang lucu. Mereka jenis anjing yang mandiri dan tidak terlalu menuntut perhatian yang besar dari pemilik.

Sebagai hewan peliharaan yang penuh kasih sayang, ras Chow chow juga dikenal tinggi loyalitas pada satu majikan dalam pengabdian.

Dalam perawatan harian yang dibutuhkan untuk anjing chow chow tidak terlalu rumit dibanding hewan peliharaan yang memerlukan latihan dan bermain.

Mereka selain jarang beraktivitas tinggi sehatiannya, beberapa cara perawatan dasar yang diperlukan untuknya seperti potong kuku sekitar sebulan sekali, sikat gigi periode tertentu, membersihkan telinga sekitar 2 minggu sekali dan mengajaknya bermain.

Waktu untuk berinteraksi langsung dengan mereka tidak memerlukan waktu yang lama, yakni antara 20-1 jam berjalan mengingat chow chow termasuk anjing yang beraktivitas antara 1 jam setiap hari. Sisa waktu lainnya banyak digunakan untuk tidur dan berbaring.

3. Anjing Basset Hound


Ras Basset Hound punya tubuh cukup menengah atau besar yang perlu waktu mengajak mereka bermain atau olahraga di luar rumah. Setelah Basset Hound menjadi hewan peliharaan dalam rumah dan apartemen karena wataknya yang tenang dan ramah, ternyata nenek moyang mereka sempat dikembang biakan sebagai anjing untuk mencari kelinci dan hewan kecil lainnya.

Jenis anjing Basset Hound ramah dengan anak dan tidak memerlukan perawatan tinggi. Sebagai hewan yang mudah meningkat berat badan tersebut, mereka perlu diajak berjalan dan bermain antara 20-60 menit sehari.

4. Anjing Cavalier King Charles Spaniel


Anjing Cavalier King Charles Spaniel adalah ras sempurna dan ketenangan sebagai hewan peliharaan. Jenis anjing kecil lucu ini terkenal memiliki sikap anggun kombinasi kelembutan.
Salah satu kelebihan yang dimiliki Cavalier King Charles Spaniel cara beradaptasi dengan lingkungan yang cepat.

Dikenal hewan yang ramah kepada anak, Cavalier King Charles Spaniel dewasa memiliki tinggi sekitar 23-35 cm dan bobot antara 5-8 kg masuk kelompok toy breed sehingga tidak cocok ditempatkan di luar rumah.

5. Anjing Saint Bernard


Ras Saint Bernard awalnya dikembangbiakan dengan kemampuan khusus menahan suhu dingin di Pegunungan Alpen. Oleh karenanya, Saint Bernard sebagian besar masuk hewan peliharaan yang kurang cocok di lingkungan suhu panas.

Kebiasaan umumnya ras Saint Bernard yang dikenal jarang menggonggong tanpa sebab, dalam pakan yang diperlukan tidak sebanyak dengan anjing tubuh besar lainnya.

Selain konsumsi kalori dari makanan yang tak terlalu besar, kebutuhan lain seperti olahraga juga sederhana.

Mengajak ras Saint Bernard berjalan hingga bermain dalam beberapa menit, selain meningkatkan interaksi Anda dengan hewan peliharaan sekaligus mencegah perilaku anjing menjadi buruk.

6. Anjing French Bulldog


Ras French Bulldog jenis hewan peliharaan pendamping yang sekilas mirip dengan kelelawar pada bagian telinga mereka. Meski tidak memerlukan kegiatan berolahraga yang tinggi, setiap harinya mereka perlu berjalan beberapa menit sehari agar berat badannya tetap stabil dan sehat.

French Bulldog hewan peliharaan ideal untuk Anda yang bertempat tinggal tidak terlalu besar seperti apartemen dan kondominium karena aktivitas hariannya tidak membutuhkan banyak ruang.

Dengan kelebihan lainnya yang terdapat pada faktor bulu, French Bulldog jarang mengalami bulu rontok berlebihan sehingga ruangan rumah Anda tetap terjaga dan bersih.


7. Anjing Newfoundlands


Memiliki kepribadian yang tenang, ramah dan manis, ras Newfoundland salah satu hewan peliharaan yang mudah akrab terhadap anak-anak.

Anjing Newfoundlands jarang bergerak dan cenderung memanfaatkan waktu luang bersantai atau berenang.

Newfoundland dewasa rata-rata tidak membutuhkan banyak olahraga. Ketika dibiarkan seperti ini terus, hewan peliharaan tersebut mudah menjadi gemuk karena jarang menggunakan kalori.

Ras hewan yang memiliki ciri mantel yang tebal, Newfoundland tidak cocok berada di lingkungan cuaca panas.

Anda dapat mencegah rasa gerah yang dialami mereka selama musim panas dengan memangkas mantel bulunya di grooming profesional.




Post a Comment

0 Comments