Header Ads Widget

}

Cara Mudah Menemukan Jenis Makanan yang Sesuai untuk Anjing Rentan Alergi

Hewan peliharaan saya mulai menunjukkan perilaku yang aneh dan cenderung berlebihan pada beberapa minggu terakhir ini. Tingkah lakunya yang mengigiti kaki hingga tubuhnya, sikap lain yang diperlihatkan anjing adalah sering menggeleng kepala dan menggaruk telinganya.

Cara Mudah Menemukan Jenis Makanan yang Sesuai untuk Anjing Rentan Alergi
Memilih makanan yang cocok untuk anjing alergi (dopri)

Melihat sikap hewan peliharaan anjing kami ras Pomeranian tersebut, anggota keluarga menduga ia mengalami alergi yang belum diketahui penyebabnya. Sebelumnya perilaku menggigit, menggaruk dan sikap tak umum ini tidak terlihat sebelumnya.

Alergi dan umur

Cara Mudah Menemukan Jenis Makanan yang Sesuai untuk Anjing Rentan Alergi
Makanan anti alergi untuk anjing kecil berbeda dengan jenis besar (dokpri)

Alergi yang terjadi pada anjing memiliki pemicu yang tidak selalu sama meski mereka satu ras sejenis. Pada beberapa anjing ras tertentu bisa merasakan alergi bersumber dari makanan yang dikonsumsinya.

Mirip seperti dengan manusia, alergi yang dialami seekor anjing sebagian besar dipengaruh oleh makanan dan lingkungan sekitarnya. Ketika pakan khusus yang biasa diberikan untuk mereka di masa sebelumnya tidak bermasalah terhadap alergi, namun produksi terbaru dimungkinkan adanya tambahan zat baru yang memicu alergi gatal dan masalah kulit muncul.

Pengaruh lain yang bisa timbul jika anjing Anda mulai alergi padahal jenis pakan khusus berkualitas tinggi tersebut, kemungkinan masalah umur mereka.

Dalam pandangan secara luas, alergi atau dikenal dengan hipersensitif yang terdapat pada makhluk hidup, dipengaruhi kemampuan tubuh mereka yang tidak mampu menoleransi zat yang berasal dari tumbuhan, hewan dan hal lainnya. Sebagian besar kemunculan alergi yang terjadi, efek dari protein.

Masuknya zat ke dalam tubuh tersebut dan tidak bisa di toleransi akan meningkatkan antibodi tubuh untuk memperlemah zat yang dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh. Meski tergolong jarang terjadi, alergi pada sebagian makhluk bisa menyebabkan penyakit parah, cedera hingga masalah kematian.

Alergi dari makanan

Cara Mudah Menemukan Jenis Makanan yang Sesuai untuk Anjing Rentan Alergi
Makanan khusus untuk anjing medium dan besar (dokpri)

Ketidakmampuan tubuh memberi toleransi terhadap makanan sangat jarang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Gangguan yang paling sering terjadi pada anjing alergi karena makanan, masalah baru pada sistem pencernaan.

Beberapa contoh intoleran makanan pada anjing ketika memperoleh susu. Anjing yang tidak punya kemampuan mengelola laktosa yang didapat dari susu atau jenis keju untuk manusia. Kemunculan penyakit, dari yang ringan seperti muntah, diare dimungkinkan terjadi. 

Namun majikan yang tidak mengetahui hal tersebut, kabar yang menenangkan tentang susu atau keju yang dimakan hewan peliharaan Anda, sebagian besar hanya bersifat sementara.

Alergi dari lingkungan

Sementara itu ada juga anjing yang bermasalah dengan lingkungan mereka. Respon ketidaknyamanan hingga penyakit ringan yang terjadi pada hewan akibat lingkungan, diperkirakan sekitar 10 % dibandingkan dengan alergi akibat makanan.

Beberapa respon yang ditunjukkan anjing yang mengalami alergi lingkungan, mereka bisa menjadi gatal pada bagian tubuh tertentu sampai gangguan permukaan kulit.

Alergi lingkungan yang rentan dialami anjing sebagai hewan peliharaan rumah, pemicu umum dapat timbul akibat tungau, debu, serbuk, hingga rumput. Sementara peralatan dan perlengkapan rumah tangga yang memiliki kecenderungan besar mendorong alergi anjing, mulai dari asap rokok, kualitas udara memburuk, bahan kimia sampai pada cairan pembersih lantai yang tidak ramah hewan.

Makanan anjing penderita alergi

Kembali pada anjing kami yang alergi sebelumnya. Penelusuran penyebab alergi sudah dihindarkan, meski demikian ia belum berubah seperti sebelumnya.

Jika serangan alergi sedang dirasakan, anjing kami sangat kalap menggigit kaki hingga berdarah sehingga membuat kami khawatir. 

Seekor anjing yang sedang alergi dapat diketahui pada bagian kulit mereka serta timbulnya kemungkinan gejala lain. Tanda dan gejala anjing alergi dapat memperlihatkan perilaku sebagai berikut:
  • sering menggelengkan kepala
  • sering mengaruk telinga
  • sering mengigit kaki, badan dan organ tubuh lain
  • permukaan kulit yang biasanya tumbuh mantel bulu menjadi tipis
  • timbulnya ruam pada kulit
Penyebab anjing bermasalah dengan alergi

Penyebab anjing mengalami alergi mirip yang terjadi dengan manusia. Jika pada masa sebelumnya di lokasi yang sama, mereka terbiasa bersentuhan dengan zat alergen. Perubahan kemampuan tubuh yang mulai menurun di usia tertentu dalam menjadi pendorong alergi.

Sama halnya dengan anjing yang menjadi hewan peliharaan Anda dalam rumah. Mereka meningkatkan peringatan bahaya terhadap zat dan bahan tertentu, termasuk pada lingkungan, bahan kimia, zat tertentu.

Salah satu pendorong melemahkan antibodi anjing, masa penyapihan anak anjing yang terburu-buru sehingga tidak sesuai anjuran ahli hewan akan mendapatkan antibodi yang lebih sedikit dari induk.

Anak anjing yang belum cukup umur namun diadopsi lebih cepat oleh manusia, rentan menerima sedikit ASI sehingga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh mereka pada usia dewasa.

Beberapa masalah yang terjadi terhadap anak anjing yang kurang menerima antibodi saat masa kecil dari ASI, sebagian memiliki masalah kesehatan pada sistem pencernaan.

Hypoallergenic Makanan Khusus Anjing Alergi

Salah satu pencegahan yang kami lakukan mendapati anjing ras pomeranian mengalami alergi, langkah pertama melakukan konsultasi ke dokter hewan terdekat. 

Singkat cerita, dokter hewan menyarankan supaya anjing Pomeranian diberikan makanan jenis Hypoallergenic. 

Mengenal 3 jenis makanan anjing Hypoallergenic 

Hasil penelusuran yang kami lakukan melalui media yang membahas tentang dunia anjing secara khusus terhadap alergi. Sekurang-kurangnya ada 3 jenis makanan anjing Hypoallergenic. Beberapa diantaranya seperti:

Pakan anjing dengan bahan penggunaan terbatas

Jenis makanan khusus anjing alergi kategori Hypoallergenic ini dibuat dengan bahan dan metode terbatas menggunakan 10 atau dimungkinkan lebih sedikit zat. Standar yang lazim ada pada makanan anjing alergi jenis ini adalah protein, karbohidrat yang di formulasikan spesifik untuk hewan peliharaan.

Pakan anjing dengan bahan langka

Makanan yang kedua untuk anjing yang bermasalah dengan alergi adalah jenis yang menggunakan bahan langka atau jarang di berikan pada anjing kebanyakan. Beberapa jenis bahan tersebut dimungkinkan berasal dari hewani hingga biji-bijian yang mengandung zat tidak memicu alergi terhadap makhluk hidup.

Pakan anjing dengan resep dokter hewan

Sementara itu ada juga makanan pencegah alergi untuk  anjing yang dimungkinkan diperoleh Anda. Rata-rata jenis makanan ini termasuk hipoalergenik yang khususkan bagi hewan yang intoleransi terhadap bahan mengandung hewani.

Bisa dikatakan jenis makanan model ini seperti vegetarian yang berasal dari tumbuhan dan bijian.

Post a Comment

0 Comments