Header Ads Widget

}

Syarat Vaksinasi Kucing yang Perlu Diketahui Majikan

Cara mencegah penularan penyakit pada hewan peliharaan mempunyai banyak solusi yang bisa dilakukan majikan. Misalnya saran yang banyak direkomendasikan ahli hewan seperti dokter hewan yakni vaksinasi.

Syarat vaksin kucing yang perlu diketahui (Pexels)

Vaksinasi yang teratur dan terjadwal untuk hewan peliharaan di rumah, selain dapat menambah imun tubuh kucing lebih maksimal dan efektif mencegah mereka menjadi sakit.

Jenis bakteri, virus atau kuman yang tidak pernah Anda tahu, sebagian penyebaran infeksi dapat terjadi lewat udara dan kontak fisik dengan kotoran maupun tubuh pembawa penyakit.

Perbedaan kemampuan imun tubuh kucing yang terbiasa hidup liar dibanding dengan kucing ras dan kucing peliharaan di rumah, pengaruh lain juga berpengaruh bagi kesehatan mereka. Mulai dari faktor usia, cara perawatan hewan peliharaan yang baik, bahkan pemberian vaksinasi.

Jika kucing Anda belum menerima vaksinasi, disarankan untuk melakukan kunjungan ke dokter hewan menemukan jadwal yang sesuai.

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui, kucing yang akan di vaksinasi memerlukan persiapan awal sebelum ke dokter hewan.

Syarat Vaksinasi Kucing yang Perlu Diketahui Majikan


Kondisi kucing dalam keadaan sehat


Kesehatan kucing yang prima diperlukan sebelum mendapat vaksin (Pixabay)

Syarat pertama memberi vaksin untuk kucing memastikan kondisi hewan peliharaan tersebut sehat. Vaksinasi pada hewan berusia muda  dengan menambahkan antibodi, perlu saran dari dokter hewan yang menangani.

Umumnya dokter hewan yang memeriksa kucing yang tidak sehat, enggan memberi vaksinasi karena pertimbangan kesehatan mereka. 

Anda dapat memastikan kondisi kesehatan kucing sebelum diberi vaksin dengan memperhatikan pola makan tetap teratur, tidak dalam kondisi sakit, dan perilaku yang tidak biasanya.

Berat badan dan umur minimal kucing mencukupi


Umur dan berat badan kucing (Piqsels)

Hal lainnya syarat vaksinasi kucing adalah berat badan mereka mencukupi sesuai saran dokter hewan. Rata-rata berat badan mereka minimal 800 gram atau lebih berat menurut hitungan BMI. 

Fisik kucing yang kurus meski berat badan memenuhi syarat, masih dimungkinkan tidak diperbolehkan untuk alasan kesehatan mereka.

Pemberian vaksin bagi kucing jika ditinjau dari umur mereka harus minimal 2 bulan atau lebih.

Alasan kucing usia dibawah tersebut tidak disarankan diberi vaksin terlebih dahulu. Masa tersebut, anak kucing masih bergantung pada induk untuk mendapat antobadi alami.

Hal yang perlu diketahui setelah kucing menerima vaksin


Setelah proses vaksin untuk kucing Anda telah diberikan dokter hewan, tanyakan secara langsung hal yang tidak diperbolehkan dilakukan.

Beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan pada kucing yang baru divaksinasi, beberapa diantaranya:
  1. Pantang dimandikan sekitar semingguan
  2. Menemani kucing untuk menenangkan mereka 
  3. Beberapa ras kucing bisa terlihat sakit dalam 48 jam awalnya. Jika hewan peliharaan tersebut masih menunjukkan gejala yang sama lebih dari 48 jam, cobalah membawanya kembali ke klinik atau rumah sakit dimana Anda memberi vaksinasi.

Post a Comment

0 Comments