Header Ads Widget

}

2 Cara Mudah Memberi Obat untuk Kucing saat Sakit

Banyak cara yang bisa digunakan pemilik hewan peliharaan ketika kucing mereka sakit. Hal yang paling mudah adalah membuat jadwal kunjungan ke dokter hewan dan meminta tenaga medis memberikan imun tertentu jika dimungkinkan. Sedangkan moetode lainnya bisa juga membeli langsung obat khusus untuk kucing yang disarankan ahli hewan dan dokter profesional.

Tantangan yang datang setelah pemilik membawa obat yang direkomendasikan untuk pemulihan kesehatan kucing tersebut adalah memastikan mereka mengonsumsi dengan benar berdasarkan aturan pakainya.

Disinilah kesulitan bisa mungkin jika kucing Anda salah satu hewan yang sulit diberikan obat, khususnya obat tetes maupun jenis lainnya yang melalui mulut.

2 Cara Mudah Memberi Obat untuk Kucing saat Sakit


Pengetahuan cara memberi obat oral untuk kucing ketika mereka sakit, sangat berguna untuk majikan yang memelihara dan merawat hewan peliharaan. Pecinta hewan paham bahwa kucing jenis satwa yang sulit diberikan obat, sama halnya saat orang tua membujuk anak mereka untuk minum obat dokter.

Mengutip beberapa sumber tentang hewan kucing, ada sekitar 2 metode yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan saat itu.

Cara 1 


Sumber cnread.news

Usahakan bisa menahan kucing dengan tangan kanan yang diletakan pada bagian tubuh kucing. Posisi tangan ini akan semakin baik jika mencapai bagian dada kucing dengan tangan yang sama.

Untuk memastikan kucing tidak memberontak sehingga menyulit proses pemberian obat oral tersebut, ada baiknya Anda minta bantuan orang lain sebagai asisten.

Bersama asisten yang membantu, mintalah ia memegang kucing di permukaan yang datar seperti atas meja. Solusi lain jika tidak terdapat meja, dapat menggunakan media lain yang disesuaikan sehingga tidak terlalu membungkuk.

Posisi tangan asisten atau Anda yang memegang kucing dengan memastikan hewan tersebut tidak bisa menggunakan cakarnya.

Jenis kucing yang lebih agresif jika Anda memahami perilakunya cenderung mencakar, gunakan pembungkus sejenis kain atau handuk pada seluruh tubuhnya hingga leher bagian bawah mendekati perut dengan pengecualian kepala.

Setelah situasi terkendali dengan baik, mulailah memberikan obat oral secara perlahan dan lembut. Jika komposisi obat termasuk banyak, lakukan metode pemberian secara bertahap secara manual atau alat bantu.

Jenis alat bantu mengobati kucing menggunakan obat oral, bisa menggunakan pipet atau alat pendukung lainnya yang tersedia di pet shop, klinik hewan, dan rumah sakit hewan terdekat.

Setelah proses pemberian obat sudah selesai, usap tenggorokan kucing dengan lembut untuk mendorong respon kucing menelan.

Cara 2


Sumber laurabeu-laurabeu.blogspot.com

Cara kedua memberi obat untuk kucing lebih disarankan dilakukan pemilik yang mengenal kepribadian hewannya, atau bisa juga minta bantuan asisten jika Anda ragu melakukannya.

Adapun metode kedua ini adalah menempatkan satu tangan pada kepala kucing bagian atas. Posisi jari telunjuk dan ibu jari tepat di belakang gigi taring sementara bagian telapak yang memegang digunakan sebagai sandaran kepala kucing.

Pelan dan perlahan, doronglah ibu jari sehingga terbuka. Teknik berikutnya masukkan obat yang disiapkan sebelumnya.

Jika obat dalam bentuk pil, saat posisi mulut kucing telah terbuka, usahakan masuk disekitaran tenggorokan. Selanjutnya usap tenggorokan mereka dengan lembut atau menggunakan metode lain yakni membaluri pil obat tersesebut dengan mentega atau zat pelicin ramah terhadap kucing.

Post a Comment

0 Comments