Header Ads Widget

}

9 Tips Membeli Kalung Kucing bagi Kesehatan dan Kenyamanan Hewan Peliharaan

Merawat dan memelihara hewan peliharaan tak sekedar menghibur majikan semata, butuh tanggung jawab yang konsisten menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka. Dalam masyarakat yang majemuk, jenis kucing atau anjing punya pencinta hewan yang cukup besar.

Dalam kehidupan sehari-harinya, banyak juga majikan pemilik kucing dan anjing berusaha mempercantik penampilan hewan peliharaannya.

Ilustrasi kalung kucing lonceng (Tokopedia)

Tulisan kali ini, saya ingin membagikan tips ketika pemilik akan membelikan aksesoris tambahan berbentuk kalung. Kalung kucing sebagai aksesori tambahan tidak semata menambah ketampanan dan kecantikan hewan saja, pertimbangan lain seperti kenyamanan, keamanan dalam jangka panjang sehingga mereka tidak mendapatkan gangguan kesehatan.

Tips Membeli Kalung Kucing bagi Kesehatan dan Kenyamanan Hewan Peliharaan


  1. Bahan dasar kalung kucing tidak membuat iritasi kulit hewan
  2. Pertimbangan senyawa anti parasit bagi kucing alergi
  3. Menemukan kalung kucing yang mudah dibersihkan dan tidak mudah kotor
  4. Menggunakan ukuran kalung yang sesuai pada leher kucing
  5. Kucing tampak nyaman karena kalung tidak terlalu berat
  6. Kalung yang digunakan pada kucing mudah di lepas
  7. Memeriksa waktu kedaluwarsa jika terdapat anti parasit
  8. Memasang kalung kucing di waktu yang tepat
  9. Hindari kalung kucing dengan aroma tajam

Bahan dasar kalung kucing tidak membuat iritasi kulit hewan


Kalung kucing yang tersedia di petshop hingga toko online demikian beragam. Dari bentuknya yang trendi, imut dan lucu semakin menambah ketampanan dan kecantikan kucing dengan model variatif. Dalam pemilihan kalung untuk kucing peliharaan Anda, tips pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahan dasarnya. Dari sekian banyak bahan dasar seperti menggunakan palstik, besi kecil, karet atau bahan lainnya, disarankan memilih bahan kalung yang tidak membuat kulit mereka iritasi dalam waktu panjang atau bergerak dan berlari.

Ras kucing peliharaan yang terdapat di dunia memiliki tingkat alergi yang tidak sama sehingga membutuhkan waktu untuk mengetahuinya. Misalnya saat mereka telah menggunakan kalung tersebut, perhatikan area kulit leher dari kemungkinan iritasi berasal dari bahan kalung. Perilaku kucing yang tak wajar jika terlihat menggaruk berlebihan pada bagian leher, disarankan untuk melepas sementara waktu menjaga kemungkinan iritasi, alergi dan tidak nyaman.

Pertimbangan senyawa anti parasit bagi kucing alergi


Aksesori tertentu untuk hewan peliharaan sebagian besar ada yang menyediakan zat tertentu sebagai bahan tambahan, seperti kalung anti parasit. Sebelum memilih jenis kalung kucing apakah cocok dengan biasa saja atau dengan zat anti kuman, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter hewan terdekat untuk memperoleh saran yang terbaik. Sebab beberapa dari ras kucing tertentu ada juga yang peka jika terpapar zat tertentu sehingga memicu alergi. Cara memastikan hewan peliharaan Anda jika menggunakan kalung kucing tersebut, rata-rata efeknya segera terlihat apakah cocok atau tidak.


Menemukan kalung kucing yang mudah dibersihkan dan tidak mudah kotor


Ilustrasi kalung kucing bertali (shopee)

Pemakaian kalung kucing rata-rata berlangsung lama dan dikenakan selama tidak sempit. Oleh karenanya, tips yang jitu untuk membeli kalung kucing tersebut yakni pertimbangan mudah dibersihkan jika perlu dibersihkan majikan. Selain itu, jenis bahan juga mempengaruhi tingkat kotornya, pilih bahan dasar yang tidak mudah kotor.

Gunakan ukuran kalung yang sesuai pada leher kucing


Banyaknya ukuran kalung kucing yang bisa disesuaikan menurut lingkaran leher, maka tidak semua kalung kucing pertama bisa digunakan untuk kucing lainnya. Umumnya kalung yang diperoleh dari pemberian orang lain yang tidak merawat kucing lagi, perlu dipastikan sesuai dengan kucing yang belum memiliki kalung.

Jika Anda membeli di pet shop atau toko hewan yang menyediakan aksesori, jika memungkinkan sebaiknya membawa calon pemakainya untuk di coba supaya tidak kesempitan atau kebesaran. 

Cara memastikan kalung kucing tersebut sudah sesuai digunakan hewan peliharaan Anda, ketika telah terpasang di lehernya, cobalah menyelipkan jari tangan Anda di celahnya dengan kelonggaran antara 1-2 jari.

Kucing tampak nyaman 


Untuk memastikan penggunakan kalung pada leher kucing sudah nyaman dan tidak menganggu mereka. Anda dapat mengamati perilaku mereka apakah menunjukan sikap yang aneh. Misalnya jenis kalung yang terlalu berat akibat tidak sesuai untuknya, sebagian dari mereka seolah-olah sering menundukkan kepala.

Begitu juga jenis kalung kucing yang ada loncengnya, beberapa hewan tersebut mungkin saja merasa terganggu mendengar dentingan lonceng tersebut saat bergerak sehingga membuatnya tidak nyaman beraktivitas. 

Kalung yang digunakan pada kucing mudah di lepas


Ilustrasi kalung kucing kartun (lazada)

Membeli kalung kucing ketika berusia kecil maka berjalannya waktu mereka bertumbuh sehingga menjadi lebih besar. Saat Anda ingin menggunakan kalung kepada mereka, pertimbangkan tingkat kesulitan untuk melepasnya jika sudah tak sesuai lagi dipakai.

Memeriksa waktu kedaluwarsa jika terdapat anti parasit


Jika majikan menggunakan kalung pada kucing berbahan anti parasit, sebaiknya tetap ingat kapan waktu kedaluwarsa zat tersebut. Sebagian masa yang tersedia untuk zat anti parasit di kalung kucing, rata-rata 3-6 bulan atau sesuai keterangan produk masing masing.

Ada banyak tips yang perlu diketahui majikan ketika ingin memakaikan kalung kucing. Beberapa diantaranya pertimbangkan juga waktu yang tepat untuk dipakai mereka saat pertama kalinya. Tujuannya untuk mencegah mereka merasa takut sehingga menjadi galak. 

Hal lain ketika memilih kalung kucing, disarankan tidak menggunakan bahan atau zat yang mengeluarkan aroma tajam karena kemungkinan tidak disukai mereka.

Post a Comment

0 Comments