Header Ads Widget

}

Panduan Lengkap Cara Merawat Kucing Persia

Memiliki ciri khas seperti boneka yang dilengkapi pesona mata membesar, hewan peliharaan seperti ras kucing Persia juga dikaruniakan watak ramah kepada anggota keluarga. Kelebihan lain yang dimiliki kucing Persia yakni sifatnya setia sehingga disukai banyak orang dan populer di kalangan pecinta hewan. 
(Foto Piqsels.com)
Memelihara kucing di rumah akan mengisi waktu kosong anggota keluarga melihat kelakuan lucunya. Jika Anda berniat merawat kucing Persia, panduan lengkap cara merawat peliharaan ini dapat dijadikan pengetahuan dasar, seperti apa menjaga kesehatan selalu baik hingga kesejahteraan terjamin.

Panduan Lengkap Cara Merawat Kucing Persia

Terkenal dengan bulu yang indah, ras kucing Persia butuh perhatian ekstra majikan dalam menjaga kilau mantel bulu mereka. Cara merawat kucing Persia sebagai informasi dasar, perlu memahami cara menyikat dan merawat bulu mereka.

Proses perawatan bulu kucing sejak kecil

Ras kucing Persia yang Anda miliki sejak usia masih kecil, sangat baik jika mereka diperkenalkan kebiasaan perawatan sejak dini. Perawatan mantel bulu umur yang baru beberapa bulan setelah mereka dapat mandiri, akan menambah pengalaman baru bagi mereka. 

Ras kucing Persia yang terlanjur dibiarkan tidak terawat secara teratur, dimungkinkan menjadi merasa aneh ketika mendapat perlakuan tak biasa. Kematangan usia hewan peliharaan kucing yang terbentuk tak terawat, kemungkinan tidak menyukai upaya majikan ketika menyikat bulu.

Tips mudah untuk merawat kucing Persia pada bulunya jika peliharaan Anda merasa tidak nyaman diperlakukan, mulailah melakukan cara merawat kucing Persia ini sebelum makan.

Skema yang diberikan secara teratur tersebut, dapat diaplikasikan mereka berikutnya adalah makan atau hadiah. Proses perilaku stimulasi tindakan seperti menyisir dan menyikat bulu yang dilanjutkan hadiah atau makan, persentase akan berhasil.

Alat pendukung

Merapikan bulu kucing Persia tidak sama seperti merapikan rambut manusia. Oleh karenanya, Anda membutuhkan alat pendukung mempermudah menyisir dan menyikat mantel bulunya. Media alat yang penting adalah sisir khusus untuk kucing.

Sisir kucing dapat Anda peroleh dengan membelinya di toko online maupun mengunjungi petshop terdekat.

Desain sisir kucing memiliki beberapa variasi, pilih yang paling nyaman untuk Anda gunakan. Sementara itu bahan dasar sisir kucing juga beragam, mulai dari karet, plastik hingga logam. 

Menurut pendapat saya rata-rata fungsinya hampir sama, jika Anda menginginkan sisir kucing yang bagus dan awet, pilih yang berbahan logam supaya tidak mudah rusak.

Jenis sisir kucing terbagi 2 jenis yang sebagian besar memiliki fungsi yang berbeda.

Yang pertama sisir dengan bagian ujung kecil yang sering digunakan pemilik kucing setelah mantel bulu tidak kusut,

Jenis sisir kedua dengan model longgar. Sisir tipe longgar dan berjarak lebih jauh dari yang pertama, digunakan untuk meluruskan bulu kucing yang kusut.

Majikan perlu menghindari kesalahan menggunakan sisir yang tidak tepat saat melakukan cara merawat kucing Persia. Pengalaman menyisir dan menyikat yang tidak nyaman, selain membuat mereka takut juga beresiko mengambil bulu semakin rontok.

Panduan menyisir dan menyikat bulu kucing Persia

(Foto Pexels.com)
Setelah mengetahui fungsi sisir untuk kucing. Panduan cara merawat kucing Persia dibagian bulu adalah bagaimana menyisir yang benar.

Kurangnya informasi majikan yang mengakibatkan tidak tahu, berdampak pada hasil yang tidak maksimal. Beberapa tips menyisir bulu mereka, salah satunya proses penyisiran tidak dilakukan sampai ke ujung bulu.

Supaya Anda mudah memahami perawatan bulu kucing Persia, yakni melakukan sama persis pada rambut Anda.

Seberapa sering menyisir bulu kucing Persia ?

Cara merawat bulu kucing Persia selalu sehat, indah dan berkilau dapat Anda lakukan setiap hari untuk menjaga resiko kusut. Tekstur bulu kucing yang mudah lengket dari pengaruh aktivitas harian mereka, mengundang kotoran menempel dan membuat kusut menggumpal.

Mantel bulu kucing setelah kusut dan menggumpal, selain membuat mereka tidak nyaman juga resiko lainnya terasa menarik kulit. Jika bulu kucing tidak diperbaiki seperti semula, dampak lainnya adalah luka dan infeksi kulit.

Banyak alasan yang bisa membuat bulu kucing cepat kusut dan mengumpal. Jika Anda konsisten menyisir dan menyikat secara terjadwal namun masih kusut juga, umumnya ada beberapa alasan lain yang mungkin saja menjadi penyebabnya.

Hewan peliharaan yang memiliki berat badan berlebihan cenderung lebih mudah membuat bulu kusut dan mengumpal. Faktor lain yang mungkin menjadi penyebab bulu kucing cepat kusut adalah faktor umur yang sudah tua sehingga mereka mengalami penurunan untuk merawat diri sendiri secara efektif.

Sedangkan kemungkinan lainnya adalah masalah kesehatan. Jika Anda menduga masalah mantel bulu kucing terkait penyakit, kunjungi dokter hewan terdekat untuk mendapat pemeriksaan medis.

Solusi mengatasi bulu kucing Persia yang kusut dan mengumpal untuk Anda yang belum memiliki pengalaman mengatasinya, bawa mereka ke pet shop, klinik hewan atau Rumah Sakit. Pertimbangan resiko terburuk jika mantel bulu mengumpal sulit di urai, biasanya tindakan yang bisa disarankan adalah mencukur bagian yang kusut.

Pemilik kucing Persia tidak perlu merasa khawatir, dokter hewan atau petugas terkait secara umum akan memberikan vitamin ramah kucing untuk mempercepat pertumbuhan bulu mereka.

Panduan Cara Merawat Kesehatan Kucing Persia

(Foto pixabay.com)
Kucing Persia adalah makhluk hidup sama seperti manusia. Mereka dimungkinkan menjadi sakit sehingga memerlukan perawatan dan perhatian ekstra. Beberapa ras kucing Persia dimungkinkan memiliki genetika yang berbeda dengan kucing umum.

Gangguan kesehatan bagian hidung

Kucing Persia yang termasuk kelompok pedigree memiliki kecenderungan pada hidung yang lebih pendek daripada kucing umum. Dikenal dengan sebutan brachycephalic, tidak mampu hidung hewan untuk menyaring udara secara normal, kelompok ini biasanya punya perilaku bersin berlebihan atau tampak mudah ingusan.

Seandainya jenis kucing yang Anda miliki memiliki masalah brachycephalic, usahakan menjaga kebersihan ruangan dan bagian area muka. 

Hidung kucing Persia saat mengalami ingusan hingga mengering, beresiko menyumbat saluran pernapasan. Cara membersihkannya, gunakan kain basah yang dibasuh air hangat untuk dibersihkan minimal satu kali dalam sehari.

Vaksinasi

Sistem kekebalan tubuh kucing Persia agak berbeda dengan kucing umum. Mereka rentan mendapat masalah pernapasan sehingga perlu dilengkapi vaksinasi secara teratur dan terjadwal. Faktor utama yang diduga membuat mereka bermasalah di bagian pernapasan karena bentuk hidungnya lebih gemuk dari kucing biasa.

Kucing mixdome atau kucing yang biasa Anda temukan dilingkungan masyarakat, rata-rata punya perlindungan ekstra pada bagian hidung sehingga mencegah mereka mudah terinfeksi bakteri.

Gejala awal yang mungkin terlihat pada ras kucing Persia terinfeksi atau bermasalah di pernapasan, ketika mereka menunjukkan bersin yang berlebihan sampai ke tanda gejala kesulitan bernapas. Kondisi tersebut, segera membawa mereka ke dokter hewan untuk penanganan dan perawatan.

Gangguan kesehatan bagian mata

Mata kucing Persia terlihat eksotis dan lucu. Namun Anda perlu mengetahui beberapa ras kucing ini bisa juga mengalami masalah pada mata akibat bentuk wajahnya. Ciri khas kucing Persia yang memiliki wajah bulat, hidung pesek hingga bentuk mata yang membesar, dimungkinkan terdapat masalah karena genetik.

Misalnya area mata kucing umum, sebagian besar memiliki cairan air mata untuk membasahi bola matanya sehingga menjadi kering. Respon munculnya air mata dari kucing umum tersebut sekaligus menjaga mata tetap lembab dan sehat.

Menjaga kesehatan mata kucing Persia

Memiliki keterbatasan dan berbeda dengan kucing lokal atau mixdome, kucing Persia sebagai hewan peliharaan perlu perhatian lebih. Salah satu cara menjaga kesehatan mereka, yakni konsisten membersihkan wilayah muka.

Ketika kucing Persia terlihat air matanya mengalir. Usahakan membersihkan agar tidak mengering dan menempel. Cara membersihkannya cukup memakai kain lembut  secara hati-hati, minimal 1 kali setiap harinya. Hindari membersihkan bagian mata karena bisa membuat luka.

Panduan cara merawat kucing Persia lewat Permainan

Bermain adalah ekspresi kebebasan berinteraksi dengan makhluk lain tanpa paksaan. Sebagian besar makhluk hidup menyukai permainan karena bisa menghilangkan kebosanan dan menyalurkan energi menjadi positif.
Ilustrasi kucing Persia (Foto Pixabay.com)
Panduan cara merawat kucing Persia lewat permainan salah satu bagian yang tak terpisahkan jika Anda ingin memelihara mereka. Dengan memilih permainan yang tepat bersama kucing di rumah, dapat menghibur Anda dan anggota keluarga serta mempererat ikatan emosi.

Pemilik kucing Persia bisa menemukan banyak permainan yang cocok untuk hewan tersebut. Salah satunya membeli di toko online atau langsung mengunjungi pet shop dan tempat yang menjual aksesori untuk hewan.

Jika Anda sudah memesan permainan yang tepat untuk dimainkan bersama kucing, sambil menunggu produk pesanan datang, ada juga jenis permainan yang bisa dilakukan segera.

Beberapa permainan yang bisa Anda coba untuk berinteraksi dengan kucing, diantaranya:
  1. menggunakan alat bantu bola sejenis pingpong
  2. membentuk kertas tidak terpakai menjadi gumpalan 
  3. memakai benang yang diikat benda kecil untuk dikejar
Demikian jenis permainan yang bisa Anda gunakan untuk bermain. Ada banyak permainan lain yang aman bisa Anda pilih sebagai cara bersosialisasi dengan kucing. 

Post a Comment

0 Comments