Header Ads Widget

}

Biaya Vaksin Kucing 2020, Jalur Mandiri atau Subsidi?

Ilustrasi Kegiatan Vaksin Hewan

Merawat hewan peliharaan tidak hanya jadi teman menghibur Anda dan meninggalkan aspek dasar kebutuhan fisik mereka dan unsur kesehatan secara continu. Kebutuhan lain yang perlu mereka dapat secara berkala adalah vaksin menurut saran ahli hewan atau dokter hewan. Untuk biaya vaksin kucing, harganya bervariasi dan rata-rata masih terjangkau pecinta hewan.

Alasan Vaksin untuk Kucing Perlu Anda Lakukan

Ada beberapa alasan menjadi argumen pemilik seolah enggan memberi vaksin pada kucing mereka. Beberapa ungkapan yang cukup banyak, misalnya biaya vaksin kucing yang dianggap masih mahal sampai persoalan lokasi pelaksanaan yang dinilai jauh dari tempat tinggal.

Sebelum penulis menjelaskan dan memberi solusi dari 2 penyebab mendasar tersebut, ada baiknya pemilik kucing atau anjing tahu, betapa pentingnya vaksinasi hewan peliharaan untuk keluarga Anda.

Umumnya vaksin kucing bertujuan positif menjaga imun tubuh hewan tetap baik sehingga bisa mencegah jenis penyakit dan infeksi kepada peliharaan. Hewan yang Anda rawat di rumah akan lebih sehat sekaligus menjadi kunci penting mencegah penularan dari mereka kepada anggota keluarga di rumah.

Sama seperti manusia, pemberian vaksin kucing perlu konsultasi dokter hewan agar berdampak maksimal untuk imunitas tubuh mereka. Rata-rata usia kucing melakukan vaksinasi pertama, setelah mencapai minimal umur 6-8 minggu atau menurut saran dokter hewan.

Pemberian vaksinasi untuk anak kucing di usia 5-8 minggu karena mereka mendapat imun tubuh dari induk kucing betina yang menyusui mereka. Anak kucing yang memperoleh ASI secara tetap dari induk, secara alamiah mendapatkan imun.

Vaksin kucing berdasar 2 jenis kelompok

Vaksin kucing bisa diberikan berdasarkan kelompok menyesuaikan keinginan pemilik. Jenis vaksin wajib diperoleh mereka adalah kelompok dasar, tanpa melihat perbedaan ras atau pola kehidupan.

Jenis vaksin dasar untuk kucing, terdiri dari:
  • Feline panleukopenia (feline distemper)
  • Feline herpes kombinasi feline calicivirus
  • Rabies

Jenis vaksin kucing bersifat tambahan, sebaiknya menanyakan langsung dengan dokter hewan, apakah diperlukan untuk kucing Anda. Sifat pemberian vaksin tambahan ini bisa saja tidak diperlukan hewan Anda sepanjang tidak bermasalah dengan kesehatan atau penyakit khusus, seperti:
penyakit leukemia, penyakit sistem pernapasan atas karena infeksi, dan masalah bulu mudah rontok karena peradangan kulit.

Keunggulan vaksin kucing jalur mandiri dan subsidi

Ilustrasi biaya vaksin kucing secara mandiri


Cara vaksinasi untuk kucing bisa diberikan secara mandiri maupun menggunakan jalur subsidi. Secara garis besar pengeluaran yang perlu Anda siapkan untuk jalur mandiri, berkisar di harga 350.000-2.000.000 untuk 1 kali vaksin tertentu. Pemberian vaksin dasar lain memerlukan waktu berikutnya atau menurut saran dokter hewan.

Kelebihan yang diperoleh dari vaksin mandiri adalah kucing peliharaan bisa datang kapan saja ke klinik atau rumah sakit hewan selama jam praktek masih dibuka.

Solusi untuk pemilik kucing dengan keterbatasan keuangan namun ingin melakukan vaksin kucing, bisa memakai cara ke 2, jalur subsidi hingga bakti sosial (baksos) yang diselenggarakan jajaran dinas terkait, seperti Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan. Atau bisa juga mencari kegiatan sosial lain yang digelar Pet Shop wilayah sekitar saat perayaan HUT dan event khusus, yang memberi keringanan dan subsidi hasil kerjasama pihak sponsor.

Untuk memperoleh keringanan lewat cara ke-2 ini, Anda perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang ditentukan panitia penyelenggara. Jika dinilai memenuhi syarat, beberapa kemungkinan bisa Anda dapat adalah biaya vaksin hingga sterilisasi gratis, atau minimal harganya lebih murah dibanding jalur mandiri. Berkisar kurang dari 300 ribuan untuk 1 jenis vaksinasi atau menurut petugas yang melayani.

Beberapa catatan yang perlu Anda tahu di setiap acara bakti sosial, biasanya ada quota maksimal dalam sehari untuk tiap hewan. Hal lainnya adalah identitas majikan yang berlaku sebagai syarat tambahan dan dokumen lain yang mungkin dibutuhkan, seperti surat keterangan lain.

Demikian tulisan tentang "Biaya Vaksin Kucing 2020, Jalur Mandiri atau Subsidi?", jika ditanya mana yang lebih baik digunakan, menurut pendapat penulis adalah jalur mandiri karena waktu yang praktis dan bisa datang sesuka hati pemilik tanpa perlu repot takut kehabisan quota atau melengkapi syarat lain. Karena menggunakan jalur vaksin kucing secara mandiri, secara tidak langsung kita memberi kesempatan pemilik kucing lain yang belum mampu melaksanakan vaksinasi menjadi lebih cepat.

Untuk mendapat kepastian tentang biaya vaksin kucing 2020, jalur mandiri maupun subsidi. Disarankan bertanya langsung dengan pihak penyelenggara atau ke dokter hewan terdekat wilayah Anda.

Post a comment

0 Comments