Header Ads Widget

}

Cara Mengetahui Anjing Sakit dengan Melihat Gejala Awal

Merawat dan memelihara hewan peliharaan di rumah perlu tanggung jawab pada kebutuhan dasar mereka supaya terjamin. Selain diberi pakan berkualitas tinggi dan interaksi dengan pemilik, saat anjing menunjukan gejala sakit, kita perlu mengetahui cara deteksi awal agar resiko yang lebih serius bisa dicegah dan pengeluaran untuk berobat lebih mahal bisa dicegah.

Cara Mengetahui Anjing Sakit dengan Melihat Gejala Awal


Sebagai hewan peliharaan di rumah, anjing bisa juga sakit akibat faktor internal (stres, kurang bergerak, obesitas, dan lainnya) atau faktor eksternal berasal dari cuaca, makanan tidak layak dikonsumsi hewan, hingga penyakit.

Dengan pengamatan aktivitas harian peliharaan yang berubah dan tidak normal, diharapkan membantu majikan lebih mudah melakukan pengobatan hingga perawatan sesuai saran dokter hewan. Ada beberapa cara mengetahui anjing sakit, yakni melihat adanya perubahan secara fisik yang terjadi pada anjing.

Rongga mulut mengeluarkan bau mulut dan air liur berlebihan

ciri-ciri anjing sakit
Aroma yang keluar dari rongga mulut hingga pernapasan seekor anjing sehat rata-rata berlangsung normal seperti yang Anda kenal seperti masa sebelumnya. Namun keadaan bau mulut dan air liur dari mereka bisa berlebihan karena sakit penyakit maupun pengaruh makanan yang dikonsumsi.

Gejala awal bau mulut dan air liur anjing yang keluar secara berlebihan, mengindikasikan beberapa dugaan penyakit seperti sakit gigi atau mengonsumsi makanan yang tak layak dikonsumsi yang berakibat memicu organ sensitif.

Gejala penyerta lainnya bisa terjadi pada anjing saat sakit di bagian mulut, seperti sulit mengunyah makanan yang Anda berikan sehingga jatah makanan menjadi tidak menarik lagi.

Batuk

Anjing bisa batuk seperti manusia dan beberapa makhluk lainnya, namun gejala awal batuk seekor anjing sehat tidak lebih dari 24 jam dan ritme yang berlangsung tak continue sepanjang hari. Jika hewan peliharaan Anda memberikan respon batuk berlebihan dan sudah berlangsung lebih dari 24 jam. Bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan awal dari kemungkinan penyakit seperti bronkitis hingga infeksi cacing.

Selera makan tidak stabil

Cara mengetahui anjing sakit dengan melihat gejala awal secara fisik yang lain adalah selera makan mereka stabil atau tidak? Kecenderungan yang paling dominan pada anjing sakit, pola makan mereka rata-rata menurun sampai tak mau makan sama sekali.

Respon reaktif

Salah satu gejala anjing sakit adalah memberi respon yang tak pernah dilakukan saat mereka sehat. Misalnya, terjadinya perubahan perilaku mereka yang dianggap tidak biasa oleh anggota keluarga dan majikan. Respon reaktif lain yang bisa dilakukan anjing sakit adalah bereaksi saat dielus dibagian tubuh tertentu. 

Jika anjing bereaksi tak normal saat di elus manusia, kemungkinan besar mereka mengalami cedera di area tersebut. 

Untuk memastikan cedera dan sakit yang terdapat pada area tertentu, perhatikan kemungkinan pembengkakan tubuh atau luka mengeluarkan pendarahan. 
Beberapa kemungkinan lain menyebabkan anjing bereaksi saat di elus adalah pertumbuhan rambut yang tak normal di permukaan kulitnya. Meski kasus tumbuh rambut di bagian dalam kulit jarang terjadi, namun bisa dialami beberapa ras anjing tertentu yang punya kelainan genetik.

Tumbuhnya rambut di dalam permukaan kulit anjing tersebut, populer dengan sebutan ingrown hair, kista, bengkak dan penyakit yang berhubungan dengan kulit.

Temperatur badan anjing demam

gejala anjing demam
Cara mengetahui anjing sakit dengan melihat gejala awal lain dengan alat bantu pengukur suhu tubuh. Suhu tubuh anjing sehat rata-rata dibawah 39 derajat celsius. Jika Anda menduga anjing sedang sakit, indikator lain bisa menggunakan alat bantu pengukur suhu.

Beberapa kebiasaan yang terjadi berlebihan pada anjing sakit demam, mereka akan banyak minum air bersih untuk mencegah dehidrasi tubuh dan menetralkan panas tubuh.

Solusi mencegah anjing sakit akibat panas berlebihan, hindari kebiasaan bermain di luar lingkungan saat panas atau menempatkan kandang di bawah tempat yang teduh dan terhindar cahaya matahari langsung.

Cara mengetahui anjing sakit dengan melihat gejala internal

Pengaruh kesehatan hewan peliharaan bisa dari internal hingga eksternal yang mendukung atau tidak mendukung cara merawat anjing. Pada beberapa kasus internal bisa memicu penyakit dan perubahan perilaku, rata-rata perlu penanganan dokter hewan jika berlangsung lebih dari 1 hari.

Gejala anjing sakit butuh bantuan tenaga medis dan dokter hewan
Banyak gejala yang terjadi pada anjing saat sakit namun kurang mendapat perhatian serius majikan. Lambatnya proses deteksi dini terhadap penyakit tersebut, selain membuat waktu pemulihan lebih lama, beberapa kemungkinan lain adalah biaya yang diperlukan menjadi lebih banyak.

Bobot berat badan anjing naik turun

gejala berat badan anjing tidak stabil menandakan mereka sakit
Anjing dapat disebut sakit ketika berat badan mereka tidak stabil pada waktu tertentu. Misalnya berat badan mereka menjadi naik secara tiba-tiba dan menjadi kurus secara cepat dan berlangsung terus menerus. Beberapa kemungkinan penyebab berat badan anjing tidak stabil, yakni sakit, stres, dan perubahan pola hidup mereka. Bawa mereka ke dokter hewan terdekat untuk pemeriksaan lengkap.

Sering muntah dan pup encer

Anjing yang sakit dibagian saluran pencernaan sebagian besar menunjukan perilaku muntah dan pup encer. Kemungkinan lain yang menjadi penyebab mereka muntah jika terjadi kurang dari 1 hari, dimungkinkan karena memakan sesuatu hal secara tidak sengaja dan biasanya bisa pulih seperti semula.

Hewan peliharaan anjing yang muntah dan diare lebih dari 1 hari mengindikasikan penyakit tertentu. Misalnya mag, infeksi virus bakteri, atau cacing. Beberapa kasus lebih serius dari anjing muntah berlebihan, biasanya sering terlihat warna merah berupa campuran darah.

Ada banyak sakit penyakit yang bisa terjadi pada hewan peliharaan di rumah dan perlu penanganan dokter hewan dengan cepat. Untuk melakukan pencegahan awal tersebut, cara mengetahui anjing sakit dengan melihat gejala awal menjadi penting diketahui pemilik.

Post a Comment

0 Comments